Telkomsel Hadirkan 4G LTE Pertama di Indonesia

Ditulis oleh Anggi Oktaviani - Tuesday, 09 December 2014, 15:00
Telkomsel menjadi operator GSM pertama yang menggelar secara resmi layanan 4G LTE secara terbuka untuk pelanggannya.

Akhirnya, Telkomsel menggelar layanan 4G LTE. Berbeda dengan dua operator lainnya yang masih dalam tahap uji coba, operator GSM terbesar di Indonesia ini resmi meluncurkan layanan 4G LTE secara komersial.

Telkomsel menjadi operator pertama di Indonesia yang menggelar layanan 4G LTE-nya untuk umum. Akan tetapi, jangkauan wilayahnya masih terbatas di Jakarta dan Bali saja. Beberapa tahun yang akan datang jangkauannya sudah pasti semakin luas.

Selain menyediakan layanan di luar ruangan (outdoor), Telkomsel juga menjanjikan layanan 4G LTE-nya bisa diakses di dalam ruangan (indoor) di kedua kota tersebut. Informasi lebih lengkap mengenai daerah cakupan 4G LTE Telkomsel bisa dilihat di halaman khusus 4G LTE Telkomsel.

Seperti layanan Indosat dan XL 4G LTE, untuk bisa menikmati layanan yang sama dari Tekomsel pengguna harus menukarkan SIM card lama dengan SIM card khusus 4G LTE tanpa harus mengganti nomor dan paket Internet yang sudah dipilih sebelumnya. Penukaran ini bisa dilakukan di GraPARI Telkomsel wilayah Jakarta dan Bali.

Selain mengganti SIM card, smartphone yang digunakan juga sudah harus sudah mendukung LTE. Meskipun harga perangkat dengan fitur itu masih tergolong mahal, tahun depan akan ada smartphone LTE murah dari Evercoss dan smartphone LTE lainnya yang sudah bisa dibuat di Indonesia dengan kisaran harga Rp1-2 juta.

Kembali Keatas