7 Terobosan Teknologi Luar Biasa Sepanjang Tahun 2016

Ditulis oleh Anggi Oktaviani - Friday, 30 December 2016, 09:00
Tahun 2016 bisa kamu sebut sebagai tahunnya teknologi, karena ada begitu banyak inovasi, ide kreatif dan terobosan di dalamnya. Seperti yang mempunyai kecepatan yang sangat kencang hingga melebihi kecepatan 1000 Km/Jam.

Dunia selalu berkembang dan terus berkembang, tidak akan ada yang dapat menghentikan perkembangan teknologi kecuali Sang Maha Pencipta. Tahun 2016 bisa kamu sebut sebagai tahunnya teknologi, karena ada begitu banyak inovasi, ide kreatif, dan terobosan di dalamnya.

Contohnya seperti Transportasi Hyperloop One yang mempunyai kecepatan yang sangat kencang hingga melebihi kecepatan 1000 km/jam. Lalu apa sajakah terobosan lain yang dicetuskan pada tahun ini? Inilah ulasan lengkapnya:

BACA JUGA

    7 Terobosan Teknologi Luar Biasa Sepanjang Tahun 2016

    1. Passive Wi-Fi dan Li-Fi

    Sumber foto: Foto: pctechmag.com

    Tahun ini, para mahasiswa dan peneliti dari University of Washington telah menemukan cara baru untuk pengembangan WiFi dengan teknologi baru. Mereka menyebutnya Passive WiFi, teknologi ini berfungsi supaya smartphone dan laptop dapat saling terhubung dan berkomunikasi satu sama lain dengan menggunakan sedikit daya baterai. Walaupun mereka juga mengakui bahwa kecepatan WiFi juga akan turun.

    Tapi bukan kecepatan yang dibahas di sini melainkan efektivitas baterai yang diklaim 10.000 kali lebih irit daripada sambungan WiFi biasa. Teknologi lain juga telah terdengar pada tahun ini yaitu Li-Fi yang mempunyai kecepatan hingga 100 kali lebih cepat daripada WiFi.

    2. 4D Printing

    Dunia memang terus berkembang dari berbagai sisi termasuk dalam hal percetakan. Pada tahun ini para ilmuwan berhasil menciptakan 4D Printing. Walaupun baru alat sederhana yang belum sepenuhnya sempurna tetapi teknologi ini akan menjadi cikal bakal terciptanya 4D Printing yang lebih canggih di masa depan.

    3. Passenger Drones

    Drone sebenarnya bukanlah teknologi baru tapi akan berbeda topik jika kamu membahas tentang Passenger Drones. Seperti namanya, drone ini dapat ditumpangi oleh orang. Seperti layaknya taksi, Passenger Drones akan membawa penumpang tersebut menuju suatu tempat yang sudah ditentukan. Dengan teknologi baru ini maka kamu akan lebih mudah dan cepat untuk menuju kantor atau tempat kerja lainnya.

    4. AlphaGo: Kecerdasan Buatan yang Lebih Baik

    Kamu mungkin pernah mendengar teknologi ini di pertengahan tahun 2016 kemarin. Sebuah robot yang berhasil mengalahkan pemain manusia terbaik dalam permainan papan strategi. Kamu dapat mengambil kesimpulan bahwa teknologi Artificial Intelligence (Kecerdasan Buatan) semakin berkembang dan berhasil mengalahkan salah satu manusia di Bumi ini. Mungkin suatu saat nanti akan ada robot-robot lain yang dapat mengalahkan manusia kembali. Kita tunggu saja kapan hal itu akan terjadi?

    ADVERTISEMENT

    5. 5D Data Disk

    Sumber foto: Foto: theverge.com

    Kita selalu khawatir tentang data-data yang kita simpan di dalam format Disk, apakah dapat bertahan lama atau tidak. Tapi kali ini kamu tidak usah khawatir lagi karena telah diciptakan teknologi 5D Data Disk. Apa si 5D Data Disk itu? Teknologi ini adalah penerus dari teknologi Disk yang mempunyai kemampuan luar biasa dimana akan ada satu Disk dapat menyimpan data sebesar 360 TB dan dapat bertahan pada suhu kamar selama 14 miliar tahun.

    Bukan itu saja, karena Disk ini juga dapat bertahan dari suhu panas sebesar 1.000 derajat Celsius. Wow! Apakah teknologi ini benar-benar akan tercipta dengan sempurna? Kita hanya bisa menunggu.

    6. Baterai Lithium-Metal

    Sumber foto: Foto: news.mit.edu

    Baterai adalah salah satu teknologi yang sangat lambat dalam perkembangannya, dari tahun ke tahun permasalahan tentang baterai yang boros belum juga kunjung selesai. Tapi permasalahan tersebut mungkin akan terselesaikan pada beberapa tahun ke depan. Pasalnya SolidEnergy Systems salah satu bagian dari MIT, telah membuat baterai Lithium-Metal yang lebih kecil, lebih cepat, dan mempunyai kapasitas yang lebih besar.

    Dengan adanya terobosan baru ini maka kita tidak akan khawatir lagi tentang daya tahan smartphone dan laptop yang boros dan cepat habis.

    7. The First True Jetpack

    Dan akhirnya inilah terobosan teknologi yang sangat mengguncang dunia yaitu Jetpack. Jetpack adalah suatu alat yang dapat membuat kita terbang di udara secara bebas. Pada tahun ini, JB-9 yang diproduksi oleh Jetpack Aviation telah membuktikan bahwa usaha manusia untuk terbang bukanlah hal yang sulit. Jika kamu masih penasaran silahkan tonton video di atas.

    Itulah beberapa terobosan teknologi luar biasa yang bermunculan pada tahun 2016. Mulai dari yang masih berupa ide atau purwarupa, hingga yang sudah siap digunakan masyarakat. Jika ada teknologi lain yang belum disebutkan silahkan bagikan pendapat kamu di kolom komentar ya!

    ARTIKEL TERKAIT

    5 Teror Teknologi yang Menghantui Setiap Pengguna Smartphone

    Inilah 7 Berita Teknologi Terheboh Sepanjang 2016! Apa Saja Ya?

    APPS TERKAIT
    Babe - Baca Berita 7.6.2
    Apps Mainspring
    Google Play Newsstand 3.3.1
    Apps Google Inc.
    SCOOP Newsstand 4.4.6
    Apps Apps Foundry
    News Loop 3.1.10
    Apps SingTel Idea Factory Pte Ltd
    Kembali Keatas