Mirip Puzzle, 5 Smartphone Modular yang Bisa Kamu UPGRADE Komponen Dalamnya

Ditulis oleh Anggi Oktaviani - Wednesday, 01 November 2017, 15:30
Smartphone modular kabarnya tengah dipersiapkan para produsen smartphone. Berikut 5 yang smartphone modular yang bisa kamu bongkar-pasang dan di-upgrade komponen dalamnya.

Kamu tentunya sudah pernah dengar istilah smartphone modular kan? Ya, modular adalah sebuah konsep smartphone di mana memungkinkan komponennya bisa dibongkar-pasang. Selain tampak seperti puzzle, konsep ini memungkinkan pengguna untuk merasakan spesifikasi yang lebih tinggi tanpa harus mengganti smartphone.

Lalu sudah adakah smartphone modular di pasaran? Hingga kini belum ada yang benar-benar beredar. Namun, kabar yang berhembus menyebutkan berbagai produsen smartphone tengah menggarap dan menyempurnakan smartphone modular agar segera siap dirilis di pasar.

Apa saja smartphone modular yang siap beredar dan seperti apa bocoran tampilan maupun spesifikasinya? Berikut Jaka ulas lima smartphone modular yang komponen dalamnya bisa kamu upgrade karena bisa dibongkar-pasang layaknya puzzle.

BACA JUGA
  • 4 Hal ini WAJIB Kamu Pertimbangkan Sebelum Upgrade ke Android Nougat

5 Smartphone Modular yang Bisa Kamu Upgrade Komponen Dalamnya

1. Project Ara

Sumber foto: Sumber: The Verge

Smartphone modular yang kini tengah dikembangkan Google ini rencananya dirilis pada tahun 2015 lalu. Sayangnya, kerusakan yang terjadi saat pengujian membuat Google memberhentikan sementara proyek smartphone modularnya.

Project Ara sendiri akan dibanderol dengan harga super murah, yaitu sekitar Rp650 ribu. Mengingat spesifikasi awal yang diberikan akan sangat rendah. Hal itu terbilang wajar karena para pengguna nantinya bisa meng-upgrade sendiri komponen-komponen yang ingin mereka perbaharui. Untuk versi termahalnya sendiri, Project Ara dibanderol dengan harga Rp6,5 juta.

2. Fairphone 2

Sumber foto: Sumber: The Next Web

Meski sudah dibekali dengan spesifikasi mumpuni, Fairphone 2 hadir untuk tetap membebaskan para penggunanya mengutak-atik komponen dalamnya. Diberi hardware kelas atas, smartphone ini sejatinya sudah mampu melakukan berbagai aktivitas dengan lancar dan sangat jarang lag.

Selebihnya hanya tinggal komponen luar yang tinggal di-upgrade sesuai selera pengguna. Seperti kamera atau komponen lain yang dirasa bisa membuat Fairphone 2 lebih bergaya dan dapat diandalkan.

3. PuzzlePhone

Sumber foto: Sumber: Engadget

Benar-benar mengusung tema dan desain ala puzzle, smartphone modular ini kemudian diberi nama PuzzlePhone. Smartphone yang satu ini punya tiga bagian yang bisa di-upgrade. Tiga bagian itu adalah The Spine, The Brain dan The Heart.

ADVERTISEMENT

The Spine adalah struktur smartphone yang menahan LCD, tombol, speaker dan berbagai komponen smartphone. The Brain adalah bagian dari perangkat utama berupa prosesor, GPU, RAM dan lainnya. Sedangkan The Heart adalah bagian yang menahan baterai dan perangkat lain yang bisa dimodifikasi sendiri.

4. ZTE Eco-Mobius

Sumber foto: Sumber: ModularMania

Perusahaan ternama yang dulunya aktif membuat modem, ZTE, memang kini sudah merambah pasar smartphone. Gak ketinggalan, ZTE juga bersiap mengeluarkan smartphone modular yang diberi nama Eco-Mobius. Bukan seperti puzzle, smartphone yang satu ini lebih tampak seperti motherboard komputer yang diperkecil.

Setiap hardware dalam smartphone ini berbentuk seperti kartu SD yang dipertebal dan diperlebar. Sayangnya, hingga kini status smartphone masih sebatas konsep. Belum ada kabar selanjutnya mengenai perkembangan Eco-Mobius.

5. Moto Z

Sumber foto: Sumber: Greenbot

Moto Z adalah smartphone keluaran Motorola yang diakuisisi Lenovo. Mengusung konsep modular, smartphone ini didesain super tipis dengan ketebalan hanya mencapai 5,2 milimeter. Fitur andalannya tentu adalah aksesori komponen modular Moto Mods, yang bisa diganti penggunanya.

Salah satu mod paling keren adalah Hassleblad True Zoom. Mod yang satu ini menambah unit kamera dan bisa meningkatkan resolusi sebesar 12 MP dan lensa zoom sepuluh kali. Kebayang kan hasil foto yang dihasilkan dari performa kamera tersebut.

Akhir Kata

Itulah lima smartphone modular yang bisa kamu upgrade komponen dalamnya. Jika semua terwujud dan sukses di pasaran, rasanya kita gak perlu lagi mengeluarkan budget terlalu besar untuk meningkatkan spesifikasi smartphone. Kamu cukup menyisihkan uang untuk komponen yang mau kamu upgrade. Menyenangkan, bukan?

Baca juga artikel seputar Smartphone atau artikel menarik lainnya dari Reynaldi Manasse.

ARTIKEL TERKAIT

Percaya Nggak? 6 Film Pendek Keren Ini Direkam Pakai Smartphone Loh!

APPS TERKAIT
PixelRepairer 2.0.0
Apps Adamusoft
DiskInternals ZIP Repair 1.1
Apps DiskInternals Research
Doraemon Repair Shop 1.2.1
Games Animoca
Kembali Keatas