Pilih Smartphone Desain yang Cantik atau Tahan Banting?

Ditulis oleh Anggi Oktaviani - Monday, 13 February 2017, 17:30
Pilih desain yang cantik atau ketahanan layar? Namanya juga manusia, kadang suka teledor dan kerap menjatuhkan smartphone. Apakah kamu salah satu orang yang sering atau sesekali menjatuhkan smartphone?

Jumlah waktu yang dihabiskan seseorang menggunakan smartphone terus meningkatkan setiap hari. Kita bahkan sudah tidak heran, melihat orang berjalan di trotoar sambil menunduk ke layar smartphone.

Namun namanya juga manusia, kadang suka teledor dan kerap menjatuhkan smartphone. Apakah kamu salah satu orang yang sering atau sesekali menjatuhkan smartphone?

Tidak ada angka yang pasti, tapi sejumlah studi telah berusaha mencari tahu seberapa sering pengguna smartphone menjatuhkan smartphone mereka dan seberapa sering menyebabkan rusak permanen. Penasaran?

BACA JUGA

    Pilih Smartphone Desain yang Cantik atau Tahan Banting?

    Dimulai dari 2011, studi yang dilakukan Plaxo memperkirakan bahwa 33% pemilik smartphone sering menjatuhkan ponsel mereka dan sekitar 20% jatuhnya di toilet.

    Selanjutnya tahun 2013, studi dari Tech21 memperkirakan bahwa 90% dari pemilik smartphone menjatuhkan ponsel mereka setidaknya sebulan sekali. Bahkan, ada sekitar 5% yang menjatuhkan perangkat pintar miliknya enam kali per bulan.

    Pentingnya Kaca Pelindung

    Sebaik-baiknya kamu merawat dan menggunakan smartphone, tetap saja bisa jatuh. Meskipun bahan komponen yang digunakan pada perangkat telah meningkat selama beberapa tahun terakhir, tapi tidak ada yang sempurna.

    Sebut saja Corning, salah satu perusahaan utama pembuat kaca pelindung Gorilla Glass ini sangat penting untuk ketahanan layar smartphone. Yang terbaru generasi kelima yang dirilis pada tahun 2016, yang dirancang untuk melindungi perangkat dari benturan saat terjatuh ke atas permukaan kasar dari ketinggian tertentu, terutama setinggi pinggang hingga bahu orang dewasa.

    Corning menyebut Gorilla Glass 5 mampu bertahan dengan persentase 80% saat terjatuh dari ketinggian 1,6 meter.

    ADVERTISEMENT

    Tergantung Desain

    Sementara menurut penelitian yang dilakukan pihak internal Corning, 85 persen pemilik smartphone telah menjatuhkan ponsel setidaknya satu kali dalam waktu satu tahun terakhir. Dan dua per tiga dari insiden tersebut terjadi dengan ketinggian pinggang hingga bahu orang dewasa.

    Namun, daya tahan yang dimiliki oleh Gorilla Glass juga dipengaruhi oleh desain keseluruhan yang diusung oleh perangkat. Karenanya, hasil berbeda akan dimiliki perangkat dengan desain berbeda pula.

    Terutama pada perangkat dengan desain layar melengkung di bagian sisi, menyebabkan sisi layar tidak terlindung bingkai bodi dan menampilkan kaca layar, yang dinilai lebih sensitif.

    Desain Cantik Atau Tahan Banting

    Sumber foto: Foto: Tomsguide.com

    Ya, bahkan kaca pelindung terkuat masih pecah (untuk saat ini). Jaka pikir pabrikan ponsel bisa membuat perangkat yang tahan banting, tapi bakal mengorbankan desain smartphone itu sendiri.

    Tren lebih mengarah ke desain yang cantik, paduan metal dan kaca atau full kaca. Kita bisa melihat di smartphone flagship saat ini, seperti Samsung Galaxy S7, Apple iPhone 7, HTC 10, dan lainnya. Desain mereka 'luar biasa' cantik, tapi tanpa adanya perlindungan lebih atau tanpa case tambahan, mungkin kecantikan tersebut tidak akan tahan lama.

    Bagaimana pendapat kamu? Mungkin memang produsen harus membuat versi tahan banting dari setiap <a href="https://hargaspeksifikasi.net/" rel="dofollow" target="_blank">smartphone flagship</a> yang mereka rilis. Share pendapat kamu!

    Baca juga artikel seputar Smartphone atau tulisan dari Lukman Azis lainnya.

    Sumber foto: Foto: Tech2.hu

    ARTIKEL TERKAIT
    APPS TERKAIT
    Klakson Telolet 4.4
    Apps KMB Technologies
    Disney GIF 1.0.9
    Apps Disney
    UseeTV 4.4.4
    Apps PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk
    Bersosial 5.0.1
    Apps DanPros
    Kembali Keatas