5 Alasan Samsung Galaxy Z Flip Gak Layak Beli, Layarnya Gampang Rusak?

Ditulis oleh Anggi Oktaviani - Saturday, 22 February 2020, 21:00
Lagi kepikiran untuk membeli HP Samsung Galaxy Z Flip? Mending simak dulu deh beberapa alasan kenapa HP ini belum layak untuk kamu beli!

Nggak cuma merilis jajaran HP Samsung Galaxy S20 series saja, Samsung juga rupanya turut merilis produk smartphone teranyar mereka lainnya yaitu Samsung Galaxy Z Flip.

HP Samsung terbaru satu ini sukses menarik perhatian publik karena mengusung desain layar lipat horizontal layaknya HP clamshell yang masih sangat jarang ditemukan pada HP-HP zaman sekarang.

Nggak tanggung-tanggung, Samsung bahkan membanderol HP dengan teknologi terbarunya itu dengan harga sangat fantastis yaitu Rp21.8 juta.

Meskipun begitu, stok Samsung Galaxy Z Flip nyatanya langsung ludes dalam waktu beberapa menit saja saat pre-order pertamanya dibuka pada 12 Februari lalu.

Tapi, di tengah tingginya minat konsumen terhadap HP ini, ada sejumlah alasan kenapa Samsung Galaxy Z Flip ini ga layak dibeli, geng. Mau tahu apa saja? Yuk, simak artikel selengkapnya berikut ini!

Alasan Samsung Galaxy Z Flip Ga Layak Beli

Tertarik dan berniat beli HP Samsung Galaxy Z Flip? Mending simak dulu beberapa alasan kenapa HP Galaxy Z Flip nggak begitu layak untuk dibeli saat ini sebagai berikut.

1. Layar Bermasalah

Alasan paling utama kenapa HP Samsung Galaxy Z Flip masih belum layak dibeli untuk saat ini adalah karena layarnya yang dikabarkan bermasalah, geng.

ADVERTISEMENT

Kondisi tersebut diungkapkan lewat sebuah cuitan di media sosial Twitter dengan akun @mondoir yang mengeluhkan bahwa layar HP Samsung Galaxy Z Flip miliknya retak setelah dia melipat layarnya.

Dari foto yang dia posting, jelas terllihat bahwa bagian lipatan layar HP Samsung Galaxy Z Flip ini retak dan bahkan seperti terbelah menjadi dua bagian.

Padahal, teknologi layar yang diusung oleh HP Samsung teranyar ini merupakan salah satu nilai jual utamanya untuk menarik minat pembeli.

Kondisi ini sendiri sebenarnya hampir mirip dengan yang pernah dialami oleh saudaranya yaitu Samsung Galaxy Fold di mana teknologi layar lipatnya juga pernah mengalami masalah.

2. Material Layar Mudah Tergores

Masih dari sektor layar, Samsung Galaxy Z Flip juga kabarnya memiliki material layar yang nggak kokoh dan mudah tergores.

Hal itu dibuktikan oleh salah satu reviewer gadget, Zack Nelson, yang mengunggah sebuah video saat dia menguji coba ketahanan layar Samsung Galaxy Z Flip menggunakan pisau.

Hasilnya, goresan yang begitu jelas pun dapat kamu lihat ketika pisau tersebut menyentuh layar Galaxy Z Flip. Lebih mengejutkan lagi, goresan kuku pun bahkan meninggalkan bekas yang terlihat cukup jelas.

Merespon hal ini, pihak Samsung segera memberikan klarifikasi yang menyebutkan bahwa Galaxy Z Flip hadir dengan layar infinity flex Ultra Thin Glass (UTG) agar dapat memberikan kesan ramping dan premium.

Teknologi layar UTG sendiri mereka akui memang berbeda dari jenis layar yang digunakan oleh HP Samsung lainnya dan harus hati-hati saat memakainya meskipun layar tersebut sebenarnya sudah dilapisi oleh bahan pelindung.

3. Belum Mendukung Jaringan 5G

Di kala sejumlah HP rilisan terbaru lain sudah dibekali oleh dukungan jaringan 5G, Samsung Galaxy Z Flip sayangnya nggak melihat ini sebagai suatu hal penting yang menjadi nilai jualnya.

Pasalnya, HP ini masih dibekali dengan teknologi jaringan 4G LTE yang sepertinya dalam beberapa tahun ke depan akan mulai tertinggal oleh zaman.

Apalagi, memasuki tahun 2020 ini penyebaran teknologi jaringan 5G terjadi semakin pesat yang seolah-olah memberikan sinyal bahwa impelementasinya akan segera terlaksana.

4. Harga Relatif Mahal

Sudah dibekali oleh teknologi layar paling mutakhir saat ini, tapi hal itu tentunya berpengaruh pada harga jual dari HP Samsung Galaxy Z Flip itu sendiri.

Di situs Samsung Indonesia, Galaxy Z Flip dijual dengan harga yang cukup fantastis yaitu Rp21.8 juta.

Angka ini tentu bukanlah harga yang murah untuk sebuah perangkat smartphone walaupun memang dalam kasus ini HP Samsung Galaxy Z Flip sudah dibekali oleh berbagai teknologi canggih di dalamnya.

Tapi, jika kamu berpikir lebih jauh lagi, membeli HP layar lipat tentunya bukan tanpa risiko yang mungkin saja akan kamu hadapi, geng.

Terlebih, teknologi layar yang digunakan pada HP ini juga merupakan generasi pertama yang artinya masih ada banyak sekali kekurangannya.

Namun, terlepas dari pendapat Jaka di atas, kalau kamu memang sudah yakin banget terhadap kualitas dan durabilitas HP Samsung Galaxy Z Flip, kenapa harus ragu untuk membelinya?

5. Banyak Alternatif Lain

Jika kamu memang penggila gadget yang rela beli mahal untuk setiap teknologi baru yang ditawarkan, mungkin harga HP Samsung Galaxy Z Flip ini terasa worth it untuk dibeli.

Apalagi HP flaghsip semacam ini nggak bisa dipungkiri mampu meningkatkan status sosial para penggunanya di lingkungan masyarakat.

Tapi, buat kamu yang kemakan sama gengsi, sebenarnya masih banyak kok alternatif HP keren lainnya yang nggak kalah mengagumkan dari Samsung Galaxy Z Flip ini.

Bahkan, untuk kamu yang mementingkan soal performa, tahun 2020 ini akan dihiasi oleh sejumlah HP dengan prosesor Snapdargon 865 yang pastinya lebih bagus dari Snapdragon 855+ milik Galaxy Z Flip ini.

Akhir Kata

Nah, itu tadi beberapa alasan kenapa HP Samsung Galaxy Z Flip masih kurang layak untuk kamu beli saat ini, geng.

Kalau kamu mau lebih sabar lagi, saran Jaka kamu mending nunggu generasi Galaxy Z Flip berikutnya yang pastinya akan membawa sejumlah peningkatan.

Kalau pendapat kamu gimana? Share di kolom komentar bawah ya!

Baca juga artikel seputar Gadget atau artikel menarik lainnya dari Shelda Audita.

ARTIKEL TERKAIT

Urutan Chipset Snapdragon Terbaik 2021 (Terendah ke Tertinggi)

Kembali Keatas