Review Lenovo Yoga 900, Predator Paling Ganas dengan Desain Mewah dan Fleksibel

Ditulis oleh Anggi Oktaviani - Tuesday, 07 June 2016, 16:00
Mau beli laptop? Masih Bingung? Coba cek review dari Lenovo Yoga 900.

Saat ini, kamu pasti dituntut untuk bertindak serba cepat. Berarti, menggunakan PC sebagai alat penunjang aktivitas kamu dinilai kurang memadai. Berarti apa yang kamu butuhkan? Tentu saja sebuah laptop yang mengandalkan fleksibilitas tinggi dan juga memiliki spesfikasi serta performa yang tangguh.

Lalu, apa yang harus kamu pilih? Pertanyaan ini memang selalu menghantui kamu di saat kamu ingin membeli sebuah laptop. Maka dari itu, Jaka punya review terbaru nih bagi kamu yang ingin membeli sebuah laptop fleksibel dan powerful. Laptop ini di namakan Lenovo Yoga 900. Untuk itu, baca review Lenovo Yoga 900 selengkapnya biar kamu nggak salah menangkap informasinya ya guys.

BACA JUGA

    Review: Lenovo Yoga 900

    Ada salah satu produk berupa laptop tangguh buatan Lenovo yang dinamakan Yoga 900, yang datang mengunjungi JalanTikus. Pada dasarnya, laptop satu ini hadir untuk melengkapi kelas Ultrabook. Selain itu, keunggulan lainnya adalah Lenovo Yoga 900 didesain dengan balutan mewah dan juga mengusung tingkat fleksibel yang memiliki beberapa mode untuk dioperasikan.

    Ya, kamu bisa menggunakan laptop ini dengan beberapa mode, seperti tablet dan lain sebagainya. Dengan spesifikasi yang mumpuni, laptop ini pun dapat dijadikan rekomendasi untuk memainkan game-game hi-end dengan grafik yang luar biasa oke. Nggak percaya? Ya sudah, Jaka akan bahas satu per satu apa saja yang dimiliki oleh laptop ini ya guys.

    Desain: Fleksibel, Mewah, dan Elegan

    Dimulai dari segi desain, Lenovo Yoga 900 memiliki tampilan yang modern dengan warna emas yang menyelimuti bagian luarnya. Selain itu, logo 'Yoga' yang tidak terlalu besar bertengger di pinggir atas, membuat kesan dari Lenovo Yoga 900 ini simple namun tetap bernuansa elegan, sehingga membuat laptop fleksibel satu ini enak untuk dipandang.

    Masuk ke segi keyboard dan palm rest. Lenovo Yoga 900 punya landasan seperti karet yang dapat membuat telapak tangan kamu dapat bersandar dengan sangat nyaman. Bentuk dari keyboard pun memiliki jarak yang tidak terlalu jauh namun juga tidak terlalu dekat. Sayangnya, jika kamu sudah biasa dengan keyboard yang berjarak pendek, mengetik menggunakan Lenovo Yoga 900 bisa membuat kesalahan dalam penulisan yang cukup sering.

    Review Lenovo Yoga 900 memiliki ketebalan yang sangat tipis. Laptop ini mengusung dimensi 12.75 x 8.86 x 0.59 inci atau 324 x 225 x 14.9 mm. Dengan ketipisan yang dimiliki, tentu saja akan membuat Yoga 900 nyaman untuk dibawa kemana saja. Apalagi bobot berat yang dimiliki hanya 1.3 kg, makin enak untuk kamu jinjing ataupun dimasukkan ke dalam tas ransel.

    Seperti yang Jaka sebutkan di atas, Jaka akan membahas review Lenovo Yoga 900 yang mengusung beberapa mode, yaitu mode laptop, tent, dan juga tablet. Ya, karena produk satu ini dapat kamu maksimalkan seputar fleksibilitas yang dihadirkannya. Kamu dapat memutar layar hingga 360 derajat, dan berubah menjadi mode tablet. Saat ingin menonton bersama teman atau pacar, jadikan laptop ini ke mode tent. Menarik bukan?

    ADVERTISEMENT

    Layar

    Lenovo Yoga 900 dibekali layar yang tidak terlalu besar, yakni 13.3 inci. Mengingat Yoga 900 ini bisa dijadikan sebagai tablet, maka layarnya pun berupa layar sentuh berjenis IPS LCD dengan LED backlight. Resolusinya pun seram, mencapai hingga QHD+ 3200 x 1800. Dengan fitur seperti ini, kamu sudah tidak perlu menanyakan lagi soal kualitas layar dari perangkat ini.

    Engsel di bagian bawah layarnya sangat kokoh, terbuat dari bahan yang berkualitas sehingga mampu menahan layar yang dapat diputar-putar hingga 360 derajat tanpa harus khawatir soal kerusakan. Setidaknya, meski spesifikasi Lenovo Yoga 900 memiliki fitur seperti itu, kamu juga harus menggunakannya dengan lebih hati-hati ya.

    Port Kurang Lengkap, Namun Tetap Ada Bonus

    Menyoal lebih dalam ke port, dalam review Lenovo Yoga 900 menyediakan port yang dirasa kurang memadai. Yoga 900 menyediakan dua USB 3.0 dan satu USB 2.0 yang juga bisa difungsikan sebagai DC-in atau digunakan untuk mengisi ulang. USB 3.0 terleltak di sisi sebelah kiri dan kanan, sedangkan USB 2.0 di sebelah kiri saja.

    Selain itu, Yoga 900 juga menyediakan USB Type-C loh yang terletak di sisi sebelah kiri. Nah untuk konektivitas audio, Lenovo meringkas Yoga 900 dengan merangkum tiga jack audio menjadi satu jack saja. Maka dari itu, kamu bisa mencolokkan mikrofon ataupun earphone pada slot jack yang sama.

    Tidak hanya itu, Yoga 900 juga menyediakan card reader yang bisa kamu akses di sisi sebelah kiri. Sayangnya, laptop ini tidak dilengkapi dengan port VGA, port LAN RJ45, ataupun CD-ROM. Inilah kenapa Jaka menyebutkan bahwa port yang disediakan oleh Lenovo Yoga 900 kurang memadai. Mungkin hal ini dilakukan agar laptop dapat memiliki ketebalan yang luar biasa tipis. Apalagi, melihat harga Lenovo Yoga 900 terbilang kurang murah, pasti bikin kesal pengguna saat ingin mencolokkan LAN dan lain sebagainya.

    Keyboard Empuk, Tetapi Rawan Typo

    Seperti yang Jaka telah sebutkan, Lenovo Yoga 900 mengusung desain keyboard yang dapat membuat kamu nyaman dalam mengetik. Namun, karena jaraknya sedikit lebih luas antara tombol ke tombol, maka yang tidak terlalu biasa menggunakan keyboard seperti ini akan rawan typo, atau kesalahan tulis dalam pengetikan.

    Di sisi lain, kesan pertama kali menggunakan keyboard ini cukup memuaskan. Sebab, tombolnya memang nyaman dan juga tidak terlalu menimbulkan suara yang cukup gaduh. Karena dimensi dan layar yang tidak terlalu besar, maka Yoga 900 tidak mengusung tombol numerik yang biasanya terletak di sebelah kanan.

    Prosesor, VGA, dan RAM yang Pasti Bikin Kamu Ngiler

    Setelah sekian banyak Jaka memberikan penjelasan seputar desain dan lain-lain, kini masuk ke sesi komponen hardware. Yup, Lenovo Yoga 900 telah mengusung prosesor, VGA, dan RAM yang luar biasa canggih. Pertama, laptop dengan tingkat fleksibel yang tinggi ini mengusung Intel Core i7 6500U Skylake. Prosesor ini merupakan generasi keenam dari Intel dengan seri i7 yang cukup tinggi.

    Kemudian, berbicara VGA. Spesifikasi Lenovo Yoga 900 sudah dibekali integrated graphic Intel HD Graphics 520 4 GB terbaru. Tentu saja, kartu grafis ini cukup baik untuk menangani komputasi kelas menengah maupun kelas berat. Lalu, untuk Lenovo Yoga 900 yang Jaka review telah tersemat RAM 8 GB DDR3L. Dengan spesifikasi seperti ini pasti kamu membayangkan sesuatu yang luar biasa bukan?

    Meski ditanamkan spesifikasi yang menggiurkan, setelah review Lenovo Yoga 900 diuji oleh Jaka, membuktikan bahwa Yoga 900 bukanlah sebuah perangkat laptop yang menyasar ke ranah gaming. Terbukti, saat diuji memainkan GTA V dengan resolusi dan kualitas "rata kanan", Yoga 900 tidak bisa menanganinya dengan baik atau lag yang luar biasa dan sangat amat mengganggu. Namun, game tersebut masih bisa dimainkan dengan nyaman saat masuk ke resolusi Full HD dengan kualitas 'Normal'.

    Spesifikasi Lenovo Yoga 900
    Prosesor Intel Core i7 6500U 6th Generation (Skylake)
    Speed 2.5 GHz
    VGA Intel HD Graphics 520 Terintegrasi Intel Core i7 6500U
    Layar 13.3" QHD+ (3200x1800)
    Storage 2.5" Samsung SSD 256 GB up to 512 GB
    RAM LP-DDR3L 8 GB up to 16 GB 1600 MHz
    Audio JBL Stereo Speakers with Dolby DS 1.0

    Home Theater Certification
    Baterai 4 Cells 66 Whrs
    OS Windows 10 Home
    Konektivitas 2 x USB 3.0

    x USB Type C 3.0 with Video-out

    1 x DC-in with USB 2.0 Function

    4-in-1 Card Reader

    Audio Combo Jack
    Webcam 1MP 720p HD CMOS Camera
    Dimensi 12.75 x 8.86 x 0.59 inch / 324 x 225 x 14.9 mm
    Berat 1.3 kg (dengan baterai 4 cell)
    Harga Rp 18.999.000

    Bagaimana, apakah masih ada yang kurang jelas dari review Lenovo Yoga 900 ini? Apakah kamu tertarik untuk memiliki laptop convertible buatan Lenovo ini? Oh iya, Lenovo Yoga 900 juga memiliki tiga varian warna yang berbeda loh guys, yaitu Platinum Silver, Clementine Orange, dan Champagne Gold. Yang Jaka gunakan adalah varian Champagne Gold. Kalau kamu, suka varian warna apa? Tuliskan pendapat kamu di kolom komentar ya.

    ARTIKEL TERKAIT
    APPS TERKAIT
    DriverPack Solution 17.11.28
    Apps Artur Kuzyakov
    Connectify LITE 2015 - 1.0.35473
    Apps Connectify
    APK Downloader (Chrome Extension) 1.5.0
    Apps Infinite Studio Mobile
    WebcamMax 7.9.9.8
    Apps COOLWAREMAX
    Kembali Keatas