6 Project Rahasia Terkeren Dari Google yang Pasti Belum Kamu Ketahui!

Ditulis oleh Anggi Oktaviani - Sunday, 10 December 2017, 14:00
Ternyata masih ada produk rahasia milik Google lainnya yang tak kalah canggih dan keren. Nih, Jaka kasih info mengenai 6 project rahasia Google yang pasti belum kamu ketahui.

Saat ini Google sedang mengerjakan banyak hal, mulai dari produk baru hingga update dari sistem operasi Android. Di samping itu, Google juga tengah bersaing dengan perusahaan-perusahaan lainnya dalam hal kebutuhan teknologi. Sebut saja Google Home yang bakal jadi pesaing Amazon Echo atau duo sosmed yakni Allo dan Duo yang diklaim bakal menghentikan eksistensi WhatsApp dan LINE di sektor sosial media.

Nah, selain produk-produk di atas yang mungkin sebagian besar dari kita telah ketahui, ternyata masih ada produk rahasia milik Google lainnya yang tak kalah canggih dan keren. Daripada basa-basi terlalu lama, langsung saja nih Jaka kasih info mengenai 6 project rahasia Google yang pasti belum kamu ketahui. Cekidot!

BACA JUGA
  • 4 Fakta Google Allo yang Mungkin Belum Kamu Ketahui!
  • 10 Produk Terkenal Google yang Gagal dan Tidak Diminati

6 Project 'Rahasia' Terkeren Dari Google yang Pasti Belum Kamu Ketahui!

1. Poject Jacquard

Ada kalanya kita tidak bisa membawa atau menggunakan smartphone dalam kondisi tertentu, seperti ketika bersepeda atau berolahraga. Masalah seperti ini sebenarnya sudah diselesaikan lewat asisten pintar seperti Siri dan Google Now, namun tidak efektif.

Akhirnya, Google pun menciptakan Project Jacquard yang memungkinan kamu untuk mengendalikan ponsel lewat pakaian. Jadi benang yang digunakan nantinya akan terbuat dari 'kain pembaca gestur' yang bisa mengenali gesekan untuk memicu aktivitas pada ponsel kamu. Seperti memberi tanda atau pin pada maps hingga mengganti lagu hanya dengan menggesek atau menyentuh lengan baju saja.

2. Project Soli

Project Soli merupakan teknologi radar terbaru yang memungkinkan seseorang mengendalikan objek melalui gerakan tangan. Contohnya, jika speaker kamu telah ditanamkan dengan chip Soli, maka kamu bisa mengganti lagunya lewat gestur tangan dari ruangan sebelah sekalipun.

Contoh lain, kamu bisa menggunakan ponsel atau smartwatch tanpa harus menyentuh layarnya. Soli menggunakan sensor radar yang akurat sebagai acuan sehingga tingkat sensitivitasnya menjadi sangat tinggi. Chip Soli sendiri hanya bisa mendeteksi gestur tangan dengan rentang 15 meter saja sehingga sangat cocok diaplikasikan untuk perangkat rumahan.

3. Project Ara

Google percaya bahwa kamu tidak perlu meng-upgrade keseluruhan perangkat hanya untuk mendapatkan kamera yang lebih baik. Nah, lewat Project Ara, Google merealisasikan hal itu.

Ara merupakan ponsel modular dari Google yang bisa dibongkar pasang seperti Lego. Jadi, ketika kamu ingin mengganti bagian seperti kamera, kamu hanya perlu membeli kamera baru lalu memasangnya dengan mudah layaknya puzzle. Sayangnya, fitur unik ini hanya berlaku untuk kamera, speaker, baterai, dan juga layar. Sementara komponen lain seperti RAM dan prosesor tidak bisa diganti.

ADVERTISEMENT

4. Cube Painting Robot

Pada Google I/O 2016, Google memperlihatkan 'Cube Painting Robot' yang notabene merupakan robot yang bisa melukis sebuah kubus. Robot tersebut terlihat memegang kuas lalu mencipratkan cat warna-warni ala Jason Pollock.

Cipratan yang diciptakan tak sepenuhnya acak, sebab robot tersebut dikendalikan oleh seseorang melalui aplikasi pada smartphone. Hasilnya juga cukup indah untuk ukuran robot yang bisa melukis. Hingga kini, Google belum memberi info apakah project robot pelukis tersebut akan dijual secara massal atau tidak.

5. Scratch Code Languange

Bekerja sama dengan MIT, Google memperkenalkan bahasa pemrogaman khusus anak-anak bernama Scratch yang dibuat berdasarkan kode pemrograman visual, **Google Blockly. Tujuan dari project ini adalah untuk mengajarkan bahasa pemrograman dengan lebih mudah ke anak-anak lewat blok visual vertikal maupun horizontal.

Dengan Scratch, pengguna bisa membuat berbagai macam hal seperti animasi, game, hingga software dengan sangat mudah tanpa memikirkan penulisan syntax. Saat ini, Scratch sudah bisa dinikmati bagi pengguna Windows, Mac OS, dan juga Linux.

6. Autonomous Android Vehicle

Setiap tahunnya, Google selalu menantang penggemarnya untuk menciptakan eksperimen Android yang menarik, dan salah satu yang hingga kini cukup menarik perhatian adalah Autoboth Android Vehicle milik Al Bencomo dari San Jose, California. Bencomo membangun sebuah robot android yang bisa mengenali, melacak, dan mengikuti benda berwarna saat bergerak di sebuah ruangan.

Bahkan, robot ini juga bisa menghindari rintangan yang ada di jalannya, berkat sensor IR. Meskipun saat ini kamu tidak bisa membeli robot bertenaga Android ini, setidaknya hal ini membuktikan bahwa ponsel Android bisa digunakan sebagai remote control untuk beberapa hal menakjubkan.

Itu tadi 6 project rahasia Google yang pasti belum kamu ketahui. Tidak semua bersifat rahasia memang, tapi kebanyakan tidak diketahui orang-orang awam. Beberapa project di atas juga masih dalam project pengembangan sehingga membutuhkan waktu ekstra untuk bisa meluncurkannya kepada publik. Dari 6 project tersebut, mana yang menurutmu harus segera dirilis? tulis di kolom komentar ya!

ARTIKEL TERKAIT
APPS TERKAIT
Avast Free Antivirus 2.1.1286.0
Apps Avast Software
Norton AntiVirus 2016
Apps Symantec
avast! Mobile Security and Antivirus
Apps Avast Software
Avira Free Antivirus 1.2.143.109
Apps Avira GmbH
Kembali Keatas