5 Penyebab Baterai Smartphone Cepat Habis!

Ditulis oleh Anggi Oktaviani - Friday, 10 February 2017, 14:00
Baterai cepat habis, masalah ini memang sudah lama menjadi isu ponsel pintar. Lalu, apa sih penyebab baterai smartphone cepat habis?

Meski hadir dengan segudang fitur dan kecerdasannya, hingga kini smartphone memiliki satu kekurangan yang dianggap cukup serius untuk sebagian besar penggunanya. Baterai cepat habis, masalah ini memang sudah lama menjadi isu ponsel pintar. Lalu, apa sih penyebab baterai smartphone cepat habis?

Meski banyak yang telah dilakukan oleh para vendor smartphone, solusi yang dihadirkan tampaknya masih belum sesuai dengan ekspektasi pengguna. Berikut beberapa penyebab baterai smartphone cepat habis yang harus kamu hindari.

BACA JUGA
  • Kabar Gembira, Daya Tahan Baterai Smartphone Bakal Meningkat 2x Lipat

Penyebab Baterai Smartphone Cepat Habis

1. Semakin Tinggi Spesifikasi, Semakin Besar Daya yang Dibutuhkan

Sumber foto: Foto: cultofmac.com

Sebenarnya hal ini memang tidak bisa dipukul rata begitu saja. Akan tetapi secara umum, salah satu konsekuensi dari spesifikasi yang semakin tinggi memang terletak pada konsumsi daya yang lebih besar, khususnya saat berbicara tentang spesifikasi layar.

Prosesor juga bisa menjadi salah satu penyebab borosnya baterai, terlebih jika prosesor tersebut memiliki kecepatan single core yang tinggi namun tidak dibarengi dengan jumlah core yang lebih banyak. Jumlah core yang lebih banyak memang tak menjamin performa yang lebih cepat, akan tetapi ini sangat berpengaruh pada efektivitas prosesor dalam menjalankan task (tugas).

2. Terlalu Banyak Aplikasi yang Menggunakan Push Notifikasi

Sumber foto: Foto: cnet.com

Penyebab baterai smartphone cepat habis berikutnya ialah terlalu banyak aplikasi yang menggunakan push notifikasi. Tidak diragukan lagi, push notification memang sangat memudahkan pengguna dalam memperoleh notifikasi secara real time serta memperoleh beberapa keuntungan lainnya.

Akan tetapi untuk menjalankan fitur tersebut, aplikasi akan menjalankan beberapa task di sisi background. Jika ada banyak aplikasi yang menjalankan beberapa task di sisi background, tentunya semakin banyak pula resource yang dibutuhkan yang tentu saja berdampak pada konsumsi baterai. Nah, itulah salah satu penyebab baterai smartphone cepat habis.

ADVERTISEMENT

3. Terlalu Sering Multitasking

Sumber foto: Foto: androidauthority.com

Penyebab baterai smartphone cepat habis yang ketiga adalah terlalu sering multitasking. Multitasking kini semakin mudah dilakukan. Bahkan smartphone kelas menengah ke bawah juga banyak yang telah dibekali dengan kapasitas RAM yang cukup besar, yang notabene merupakan kunci dari performa multitasking yang smooth. Akan tetapi jika terlalu sering melakukan multitasking atau menjalankan banyak aplikasi dalam satu waktu yang sama, tentu smartphone akan membutuhkan banyak resource.

Cara untuk mengatasi baterai smartphone cepat habis karena terlalu sering multitasking adalah mematikan aplikasi yang memang sudah tidak digunakan lagi. Kalau multitasking sudah tak lagi dibutuhkan, bersihkan multitasking tray kamu dari semua aplikasi yang berjalan.

4. Sinyal Buruk

Sumber foto: Foto: gadgetstouse.com

Berbeda dengan ketiga penyebab baterai smartphone cepat habis sebelumnya, penyebab yang satu ini memang cukup sulit untuk dideteksi. Akan tetapi satu hal yang pasti, sinyal buruk memang bisa mempengaruhi konsumsi baterai. Meski tidak semua smartphone memiliki mekanisme yang sama, pada dasarnya perangkat smartphone didesain untuk mencari pemancar terdekat demi memperoleh sinyal terbaik. Proses mencari sinyal terbaik ini tentunya akan memaksa pemacar smartphone untuk bekerja lebih keras yang berdampak pada konsumsi baterai yang lebih banyak.

Jika kamu tinggal di daerah yang sulit menerima sinyal, konsekuensi ini tampaknya memang sulit dihindari. Akan tetapi untuk meminimalisir penggunaan baterai, kamu bisa mengaktifkan airplane mode untuk sementara waktu dan menyalakannya kembali saat sudah berada di tempat yang sinyalnya lebih baik.

5. Kondisi Baterai yang Memang Sudah Tua

Sumber foto: Foto: enlighten.today

Setiap komponen dalam smartphone sebenarnya memiliki batas usianya masing-masing. Jika batas usia tersebut sudah terlampaui, bisa dipastikan masalah akan mulai bermunculan. Begitu pula dengan baterai smartphone. Jika sudah mencapai batas usianya, baterai smartphone cenderung akan menjadi lebih boros. Kapasitas yang dimiliki juga cenderung menyusut, terlebih jika dibandingkan saat masih dalam kondisi baru.

Nah itulah 5 penyebab baterai smartphone cepat habis. Semoga dengan mengetahui penyebabnya, kamu bisa mengatasi baterai smartphone yang cepat habis. Jika kamu punya pengalaman lain terkait baterai smartphone yang cepat habis, jangan lupa share di kolom komentar ya!

ARTIKEL TERKAIT
APPS TERKAIT
Battery Calibration 1.2
Apps NéMa
DU Battery Saver
Apps DU APPS Studio
CurrentWidget: Battery Monitor 0.4
Apps RmDroider
Easy Battery Saver for Android 3.4.1
Apps 2Easy Team
Kembali Keatas