10 Merek RAM Terbaik untuk PC dan Laptop di 2021, Jangan Salah Beli!

Ditulis oleh Anggi Oktaviani - Friday, 25 June 2021, 11:30
Bingung cari merk RAM terbaik di tahun 2021 untuk PC gaming kamu? Jaka punya rekomendasinya, nih. Main game dijamin makin mulus, deh! (Update 2021)

Sedang bikin PC gaming tapi bingung mau pilih merk RAM terbaik?

Bagi pengguna PC untuk gaming atau editing, perangkat keras PC yang sangat penting untuk diperhatikan adalah RAM. Komponen ini sangat penting sebagai bagian untuk menyimpan data yang sedang berjalan.

RAM atau Random Access Memory adalah media penyimpanan sementara data komputer yang digunakan saat pengguna menjalankan program apapun di PC.

Perangkat keras ini dibagi lagi menjadi berbagai jenis ruang penyimpanan dan jenis DDR-nya. DDR atau Double Data Rate terintegrasi dengan memori, sehingga semakin canggih DDR yang dimiliki maka performa RAM semakin baik.

Hingga saat ini, teknologi RAM tercanggih merupakan jenis RAM dengan DDR5 yang baru-baru ini ramai menjadi perbincangan di media teknologi.

Kamu dapat menemukan berbagai jenis RAM dengan merek berbeda-beda. Setiap RAM memiliki sifat dan kinerja berbeda, walaupun berada di satu generasi yang sama.

Jika kamu sedang mencari RAM untuk PC atau laptop, ada baiknya kamu mengetahui merek RAM PC terbaik yang bisa dibeli di Indonesia. Berikut rekomendasi merk RAM terbaik versi Jaka selengkapnya!

1. Corsair

Rekomendasi merk RAM terbaik pertama adalah Corsair, merek ini sudah sangat berpengalaman dalam dunia perangkat keras PC. Kamu dapat menemukan produknya mulai dari keyboard hingga headphone gaming merek Corsair.

ADVERTISEMENT

Namun, salah satu produk unggulannya yang sangat terkenal di kalangan gamer adalah RAM dengan performa terpercaya. Terutama pada varian RAM bertipe DOMINATOR dan VENGEANCE.

Corsair juga menyediakan berbagai jenis RAM untuk laptop dengan teknologi DDR4 SODIMM yang tangguh dengan pilihan kapasitas 2 hingga 16GB.

Kisaran Harga: Rp460.000 - Rp1.999.000

>> Cek harga selengkapnya disini <<

2. HyperX

Selanjutnya adalah HyperX yang pasti sudah tidak asing lagi bagi para gamer karena sering sekali muncul dalam iklan-iklan turnamen esports.

HyperX tak hanya menyediakan RAM saja, tapi juga sejumlah perangkat keras PC lainnya seperti mouse, keyboard, HDD, hingga kacamata gaming sekalipun. Menarik bukan?

Walau begitu, HyperX juga selalu dipercaya sebagai merk ram sodimm terbaik hingga saat ini dengan performa yang tidak usah diragukan. Kamu dapat memilih 3 jenis RAM yang sama-sama tangguh, seperti Fury, Predator, dan Impact.

Kisaran Harga: Rp150.000 - Rp1.600.000

>> Cek harga selengkapnya disini <<

3. Patriot

Mungkin merk RAM terbaik yang satu ini jarang diketahui, tapi kenyataannya Patriot sangat ternama di Amerika sejak tahun 1985. Produknya juga ternyata banyak tersedia di toko online Indonesia, loh!

Patriot memiliki banyak tim yang memproduksi berbagai komponen komputer, salah satunya adalah produk Viper Gaming yang menyediakan berbagai perangkat keras performa tinggi untuk gamer.

Jika kamu penasaran untuk mencoba merk RAM terbaik ini, ada baiknya kamu memilih varian Patriot Viper Steel. Kamu tidak akan merasakan adanya penurunan performa saat bermain game, geng!

Kisaran Harga: Rp299.000 - Rp2.699.000

>> Cek harga selengkapnya disini <<

4. G.Skill

Kalau kamu sudah mencari rekomendasi merek RAM terbaik sampai ke YouTube, pasti sering melihat merk G.Skill ini. Apalagi untuk varian RAM RGB yang nampak jadi favorit para profesional.

G.Skill selalu dipercaya oleh para gamer dan multimedia untuk masalah memori RAM di PC bersistem operasi Windows ataupun macOS.

G.Skill menamakan varian RAM mereka dengan nama Trident Z yang terdiri dari sejumlah jenis RAM dengan kapasitas dan generasi DDR berbeda.

Kisaran Harga: Rp1.400.000 - Rp6.550.000

>> Cek harga selengkapnya disini <<

5. Kingston

Nah, kalau merek yang satu ini sudah lama tersebar di pasaran perangkat keras Indonesia. Kingston tetap menjadi merk ram terbaik laptop & PC terbaik versi Jaka yang harus kamu pertimbangkan.

Kingston sudah memiliki sejarah panjang dan kepercayaan yang baik untuk para pengguna PC. Produknya selalu awet dan performanya tidak mudah menurun.

Bagi para pengguna laptop yang sedang mencari tambahan RAM, Jaka sarankan kamu membelinya dari merek ini. Kamu akan mendapat performa RAM baik dengan harga terjangkau.

Kisaran Harga: Rp110.000 - Rp2.000.000

>> Cek harga selengkapnya disini <<

6. Adata

Sama seperti Kingston, Adata juga sudah lama dikenal di Indonesia dan jadi merek kepercayaan untuk sejumlah perangkat keras PC ataupun non PC.

Adata memiliki seri produk gamingnya yang dikenal dengan nama XPG. Produk RAM-nya sendiri juga lebih dikenal dengan nama XPG yang memiliki banyak varian.

Kamu dapat menemukan RAM RGB dari Adata dengan model XPG SPectrix dan performance RAM non RGB dengan nama Gammix. Tentu ada juga varian RAM untuk laptop bernama XPG Hunter.

Kisaran Harga: Rp650.000 - Rp3.285.000

>> Cek harga selengkapnya disini <<

7. Crucial

Crucial adalah produsen perangkat keras asal Amerika yang memiliki berbagai produk terbaik, seperti RAM. Crucial juga sering terpilih menjadi merek RAM terbaik oleh para reviewer teknologi.

Kamu dapat menemukan berbagai jenis RAM untuk jenis PC yang berbeda mulai dari Crucial Ballistix untuk pengguna PC gaming hingga memori untuk PC macOS.

Sama seperti merk lainnya, Crucial memiliki jenis RAM dengan RGB yang kece. Bedanya, model RGB milik Crucial lebih low-profile dan terlihat lebih elegan.

Kisaran Harga: Rp300.000 - Rp3.000.000

>> Cek harga selengkapnya disini <<

8. Team Group

Team Group atau yang lebih sering disebut Team adalah merk ram yang bagus selanjutnya dengan performa produk bersaing. Bahkan, kamu dapat menemukan varian RAM khusus untuk overclocking dari Team.

Bagi pengguna PC Windows, RAM ini lebih dikenal dengan nama Elite. Sedangkan untuk varian performa tinggi dibagi menjadi 3 model dengan nama Delta, Dark, dan Vulcan.

Alasan Jaka merekomendasikan RAM ini adalah harganya yang terjangkau dan cocok untuk kamu yang ingin merakit PC low hingga mid-end.

Kisaran Harga: Rp250.000 - Rp3.900.000

>> Cek harga selengkapnya disini >>

9. V-Gen

V-Gen ini bisa diumpamakan seperti Xiaomi-nya dunia PC. Kamu akan mendapat produk dengan spesifikasi mumpuni dengan harga yang lebih terjangkau dari rivalnya.

V-Gen memiliki varian RAM untuk laptop yang sangat merajalela di pasaran Indonesia. Sehingga sangat cocok untuk kamu yang sedang mencari merk RAM terbaik untuk laptop.

Jika kamu ingin jenis RAM V-Gen yang lebih berperforma dan memiliki teknologi RGB, bisa lihat di model Tsunami. Walau begitu, harga yang ditawarkan jauh di atas model RAM basic-nya.

Kisaran Harga: Rp175.000 - Rp4.200.000

>> Cek harga selengkapnya disini <<

10. Team Xtreem

Merk RAM terbaik yang Jaka rekomendasikan terakhir adalah Team Xtreem yang bakalan cocok banget untuk kamu yang build PC gaming dengan tema RGB.

Kalau berbicara soal harga, Team Extreem menawarkan beragam varian dengan harga yang cukup kompetitif. Varian terbaik Team Xtreem ARGB 16GB DDR4-3600Mhz C14 saja hanya dijual dengan kisaran Rp1,7 jutaan saja, lho.

Team Xtreem memang gak seterkenal Corsair di papan atas atau V-Gen di papan menengah, namun brand satu ini cukup bisa kamu pertimbangkan.

Kisaran Harga: Rp100.000 - Rp2.200.000

>> Cek harga selengkapnya disini <<

Akhir Kata

Itu dia merk RAM terbaik untuk PC dan laptop yang bisa kamu beli di Indonesia saat ini. Mana merek yang jadi pilihan kamu?

Jangan lupa berikan pendapat kamu di kolom komentar, serta like jika kamu suka dengan artikel ini. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

ARTIKEL TERKAIT

15 Laptop Core i5 Berkualitas Termurah dan Terbaik di 2022, Mulai 5 Jutaan!

Kembali Keatas