Hands-on Xiaomi Mi Pad: Nyaman di Mata, Nyaman di Kantong

Ditulis oleh Anggi Oktaviani - Saturday, 25 April 2015, 10:14
Xiaomi memiliki banyak varian smartphone. Namun Xiaomi sejauh ini hanya memiliki satu varian tablet saja. Mi Pad adalah satu-satunya tablet Android dari Xiaomi yang akhirnya dijual juga di Indonesia.

Xiaomi memiliki banyak varian smartphone. Namun Xiaomi sejauh ini hanya memiliki satu varian tablet saja. Mi Pad adalah satu-satunya tablet Android dari Xiaomi yang akhirnya dijual juga di Indonesia.

Handling

Tidak seperti tablet Android pada umumnya, Xiaomi Mi Pad memiliki dimensi 7,9 inci dengan aspek rasio layar 4:3. Padahal, rata-rata tablet Android memiliki aspek rasio 16:9 atau widescreen. Apakah hal ini mengurangi kenyamanannya?

Aspek rasio 4:3 dengan layar 7,9 inci yang dimiliki Xiaomi Mi Pad justru membuatnya sangat mirip seperti Apple iPad Mini. Kesan mirip tersebut tidak hanya dirasakan ketika memegangnya, namun juga saat mengakses menu-menu di dalamnya.

Dengan lebar 13,5 cm, Xiaomi Mi Pad masih bisa digenggam dengan satu tangan oleh pria dewasa. Namun tentu saja kamu membutuhkan dua tangan untuk mengoperasikannya. Dengan bahan utama plastik, bahan tersebut terasa mirip seperti bahan yang digunakan pada iPhone 5c. Plastik tersebut berbahan glossy dan licin di tangan.

Cukup disayangkan, Xiaomi Mi Pad tidak memiliki slot SIM Card. Jadi, kamu hanya bisa mengandalkan koneksi WiFi untuk berinternet. Sementara slot micro SD terletak di sisi kiri, bisa menampung hingga kapasitas 128 GB.

Software

Karena sebenarnya bukan produk yang baru, Xiaomi Mi Pad masih menggunakan sistem operasi Android KitKat 4.4.4. Namun user interface yang digunakan sudah yang terbaru yaitu MIUI 6. MIUI 6 juga sudah digunakan pada Xiaomi Redmi 2.

Berbeda dari MIUI pada smartphone, MIUI pada Mi Pad ternyata tidak memiliki aplikasi theme. Jadi, kamu tidak bisa berganti-ganti theme layaknya seperti saat menggunakan smartphone. Selebihnya, kebanyakan fitur yang ditawarkan sama seperti pada smartphone. Saat kami coba, MIUI 6 pada Xiaomi Mi Pad berjalan responsif. UI tersebut menghabiskan kapasitas RAM sekitar 1 GB atau setengah dari total kapasitas RAM yang tersedia.

Hardware

Kali ini Xiaomi bekerjasama dengan NVIDIA, produsen chipset grafis yang sudah sangat berpengalaman menciptakan graphics card untuk desktop PC. Chipset prosesor yang digunakan adalah NVIDIA Tegra K1 yang menjadi salah satu chip prosesor tercepat di platform Android.

ADVERTISEMENT

NVIDIA Tegra K1 juga membawa GPU ULP GeForce dengan arsitektur Kepler di dalamnya. Karenanya, performanya di atas kertas bisa membabat game berat yang ada dengan lancar. Ditambah dengan RAM 2 GB, membuat performanya cukup bisa diandalkan untuk multitasking. Kami juga menjajal kemampuannya dengan melakukan benchmark menggunakan AnTuTu.

Dari sisi layar, Xiaomi Mi Pad memiliki layar yang sangat jernih. Resolusi layarnya mencapai 1920 x 1080 pixel terlihat sangat tajam. Dengan baterai 6.700 mAh, Xiaomi Mi Pad dapat bertahan setidaknya hingga dua hari karena lebih irit tanpa slot SIM Card.

Kamera

Biasanya, perangkat tablet tidak dilengkapi kamera yang memadai. Namun lain halnya dengan Xiaomi Mi Pad yang memiliki kamera memuaskan untuk ukuran tablet. Kamera utamanya beresolusi 8 MP, dapat menjepret gambar dengan tajam, meski cukup banyak noise. Meski begitu, hasil fotonya tetap tergolong memuaskan dan jadi salah satu yang terbaik di kategori tablet.

Begitu pun dengan kamera depannya yang beresolusi 5 MP. Memotret selfie dengan kamera depan Xiaomi Mi Pad menghasilkan gambar yang terang dengan sudut pandang yang lumayan lebar.

Baca juga artikel lainnya:

Kembali Keatas