5 Fitur Smartphone Ini Bakal Punah di 2018, Percaya Gak?

Ditulis oleh Anggi Oktaviani - Wednesday, 20 June 2018, 19:00
Teknologi di industri smartphone terus berkembang, termasuk fitur-fitur yang ditanamkan padanya. Nah berikut adalah 5 fitur smartphone yang diprediksi bakal ditinggalkan di tahun 2018. Ada apa saja?

Para produsen smartphone di dunia terus berinovasi dalam menghadirkan fitur dan teknologi terbaik untuk para penggunanya di seluruh dunia. Di samping itu, maka nggak mengherankan kalau beberapa fitur harus berakhir dan digantikan dengan yang lebih baru.

Walau terbilang masih memiliki fungsionalitas yang baik, ini dia beberapa teknologi smartphone yang tampaknya bakal mulai ditinggalkan di tahun 2018.

BACA JUGA

    Inilah 5 Fitur Smartphone yang Bakal Punah di 2018

    Semakin banyaknya fitur baru yang dibuat dan diterapkan, membuat produsen smartphone harus rela melepaskan beberapa fitur lama yang tampaknya mulai usang.

    Nah berikut Jaka bakal mengulas 5 fitur atau teknologi smartphone yang diprediksi bakalan punah di 2018. Ada apa saja ya guys?

    1. Layar Konvensional 16:9

    Sadar nggak sih kalau smartphone terbaru saat ini sudah menggunakan layar yang kekinian? Layar rasio 18:9 saat ini sudah menjadi sebuah standar baru industri smartphone karen memiliki beberapa kelebihan, yang bisa kamu baca pada artikel berikut: Wajib Beli! 4 Kelebihan Smartphone dengan Rasio Layar 18:9.

    Sumber foto: tested.com

    Tentu hal ini membuat layar konvensional berasio 16:9 mulai ditinggalkan terutama pada industri smartphone saat ini. Apalagi ditambah dengan tren layar poni yang memiliki rasio lebih aneh lagi, yakni 19:9. Jadi yakin buat ganti smartphone tahun ini?

    2. Port MicroUSB

    Port MicroUSB menjadi komponen penting dalam sebuah smartphone. Pasalnya melalui lubang ini, segala aktivitas smartphone dapat dilakukan, mulai dari pengisian daya hingga transfer data melalui USB on-the-go atau sambungan ke PC dan laptop.

    Sumber foto: androidcentral.com

    Namun di tahun 2018, port MicroUSB tampaknya harus mulai tergantikan dengan port USB-Type C yang tentu menawarkan beberapa keunggulan dibandingkan dengan pendahulunya.

    ADVERTISEMENT

    Selain nggak khawatir terbolak-balik saat pemasangan, USB-Type C diklaim memiliki transfer data yang lebih cepat dan fungsionalitas yang lebih baik ketimbang MicroUSB guys.

    3. Port Audio Jack 3.5mm

    Sejalan dengan penggunaan USB-Type C, port audio jack 3.5mm mulai ditinggalkan, khususnya pada rangkaian beberapa smartphone flagship yang telah dirilis beberapa waktu ke belakang.

    Sumber foto: qz.com

    Dengan menghilangkan port ini dan dijadikan satu dengan port USB-Type C tentu akan menghemat ruang dalam smartphone dan membuatnya makin ringkas.

    Apalagi saat ini sudah banyak beredar headset dengan konektivitas Bluetooth untuk mendengarkan musik secara wireless loh. Jadi nggak ribet kan?

    4. Kartu SIM

    Bersiaplah! Karena mungkin dalam beberapa tahun ke depan, kamu nggak bakal bisa gonta-ganti kartu SIM untuk memilih paket kuota internet yang kamu inginkan.

    Sumber foto: wardun.com

    Pasalnya eSIM atau embedded-SIM saat ini sudah mulai dipakai pada beberapa smartphone yang dirilis. Hal ini tentu akan menggantikan penggunaan kartu plastik, mulai dari Mini SIM, Micro SIM hingga Nano SIM yang masih jamak digunakan di Indonesia.

    eSIM adalah modul kartu SIM yang tertanam secara langsung pada smartphone. Jadi kamu bisa berganti provider tanpa ganti kartu dan perangkat akan lebih ringkas tanpa slot kartu SIM.

    5. Radio

    Terakhir ada radio yang mungkin kamu sendiri belakangan ini mulai jarang menggunakannya. Untuk mendengarkan musik, kamu bahkan bisa mendapatkan kualitas terbaik hanya dengan mengandalkan aplikasi streaming musik, seperti Spotify atay JOOX loh.

    Sumber foto: makeuseof.com

    Radio sendiri juga sudah dianggap teknologi yang sudah tergolong tua dan makin jarang digunakan pada smartphone. Menurut kamu, radio masih perlu nggak nih?

    Akhir Kata

    Nah itulah 5 teknologi dan fitur smartphone yang diprediksi bakal punah di 2018. Perkembangan teknologi yang kian pesat, memang harus membuat produsen haru terus berinovasi. Bagaimana kalau menurut kamu guys?

    Baca juga artikel seputar Smartphone atau artikel menarik lainnya dari Satria Aji Purwoko.

    ARTIKEL TERKAIT
    APPS TERKAIT
    Mobile Legends: Bang Bang 1.4.52.4885
    Games Moonton
    PUBG Mobile (Player Unknown Battleground)
    Games Tencent Mobile International Ltd.
    Babe - Baca Berita 7.6.2
    Apps Mainspring
    JalanTikus 2.5.2
    Apps JalanTikus.com
    Kembali Keatas