Hanya Tinggal Kenangan! 5 Fitur Keren Smartphone Ini Sudah Tidak Pernah Digunakan Lagi

Ditulis oleh Budiyarto - Wednesday, 14 February 2018, 11:00
Ada beberapa fitur yang dulu sempat menjadi idola para pengguna smartphone. Di antaranya adalah fitur keyboard fisik QWERTY khas BlackBerry yang juga didukung dengan hadirnya tombol navigasi berupa trackball ataupun trackpad.

Ada beberapa fitur yang dulu sempat menjadi idola para pengguna smartphone. Di antaranya adalah fitur keyboard fisik QWERTY khas BlackBerry yang juga didukung dengan hadirnya tombol navigasi berupa trackball ataupun trackpad.

Namun seiring kemajuan teknologi, fitur-fitur tersebut mulai ditinggalkan dan digantikan dengan fitur yang lebih modern. Berikut ini 5 Fitur Keren Smartphone Ini Sudah Tidak Pernah Digunakan Lagi.

BACA JUGA
  • 5 Fitur Smartphone Ini Dihilangkan Karena Tidak Berguna, Ada yang Masih Pakai?

Hanya Tinggal Kenangan! 5 Fitur Keren Smartphone Ini Sudah Tidak Pernah Digunakan Lagi

1. Keyboard Fisik

Teknologi touchscreen pada smartphone membuat keyboard fisik harus teraganti dengan keyboard virtual. Meskipun ada beberapa smartphone yang tetap mengusung kehadiran keyboard fisik, namun jumlahnya sangat sedikit, seperti pada beberapa seri smartphone keluaran BlackBerry. Meski begitu, hilangnya fitur ini membuat banyak orang kangen terhadap kehadiran keyboard fisik seperti pada ponsel-ponsel lawas.

2. Trackball dan Trackpads

Teknologi smartphone yang mengusung tampilan full screen membuat penggunaan Trackball maupun Trackpads harus dihilangkan. Hal itu karena mayoritas smartphone saat ini telah menggunakan touchscreen sehingga tak perlu lagi tombol navigasi seperti Trackball maupun Trackpads yang dulu identik dengan smartphone keluaran BlackBerry.

3. Baterai yang Dapat Dibongkar Pasang

Kini hampir semua smartphone telah mengusung konsep unibody yang artinya bodi smartphone tidak bisa dibongkar pasang layaknya ponsel jadul. Hal tersebut bertujuan agar smartphone lebih tipis serta untuk kepentingan fungsinya itu sendiri. Sebenarnya banyak keuntungan jika baterai smartphone dapat dibongkar pasang, salah satunya lebih mudah menggantinya saat baterai rusak. Sampai saat ini hanya sebagian kecil smartphone yang baterainya masih bisa dibongkar pasang, seperti LG G4, G5, V10 serta V20.

4. Jack Audio

Meskipun masih banyak smartphone yang tetap mempertahankan Jack Audio, namun ada juga smartphone flagship seperti iPhone 7, 8 dan X serta beberapa smartphone Android. Sebenarnya banyak konsumen yang mengeluh saat Jack Audio absen di iPhone 7, namun pihak Apple mengatakan bahwa hal ini bertujuan untuk mengembangkan hardware sekaligus mendukung fitur anti air dan debu. Diperkirakan ke depannya banyak juga smartphone Android yang akan menghilangkan Jack Audio.

5. IR Blaster

Kini hanya beberapa smartphone saja yang dibekali dengan infrared blaster. Sebenarnya fitur ini sangat berguna untuk mengendalikan perangkat elektronik lain seperti DVD, televisi, hingga AC. Namun sayangnya, kini tak banyak smartphone yang menghadirkan fitur yang cukup penting ini. Bahkan smartphone populer seperti iPhone pun nyatanya sama sekali tak pernah menyematkan infrared blaster pada perangkat iPhone-nya.

Akhir Kata

Itulah 5 Fitur Keren Smartphone Ini Sudah Tidak Pernah Digunakan Lagi. Meskipun demikian, hilangnya beberapa fitur tersebut bertujuan untuk memberikan pengguna pengalaman yang lebih nyaman serta meningkatkan kualitas smartphone agar menjadi lebih mudah digunakan. Semoga bermanfaat.

ADVERTISEMENT

ARTIKEL TERKAIT

Meski Keren dan Canggih, 8 Inovasi Unik Smartphone Ini Gagal Sukses di Pasaran

Canggih Tapi Murah! 5 Alasan Smartphone Xiaomi Lebih Murah Daripada Smartphone Lainnya

APPS TERKAIT
JalanTikus 2.5.2
Apps JalanTikus.com
Babe - Baca Berita 7.6.2
Apps Mainspring
BlackBerry Messenger
Apps BlackBerry
WhatsApp Messenger 2.20.64
Apps WhatsApp Inc.
Kembali Keatas