7 Cara Mengatasi Memori HP Penuh, Padahal Aplikasi Sedikit di Android

Ditulis oleh Jaka - Rabu, 02 September 2020, 21:00
Tidak bisa instal aplikasi karena memori HP penuh? Tenang geng, Jaka kasih cara mengatasi memori HP penuh padahal aplikasi sedikit, cekidot!

Memori HP penuh padahal tidak ada file? Mungkin kamu jadi kebingungan padahal kamu juga tidak menambahkan beberapa aplikasi yang cukup banyak.

Sering kali masalah ini muncul sehingga kamu kesulitan install aplikasi Android karena ponsel kamu terus-terusan memberitahu bahwa memori HP penuh.

Nah, Jaka punya cara mengatasi memori HP penuh padahal aplikasi sedikit di Android kamu. Simak, yuk!

Cara Mengatasi Memori HP Penuh di Android

Sumber foto: minitool.com

Mungkin kamu sering kebingungan mengapa memori HP penuh padahal aplikasi sedikit? Misalnya, HP memori internal kapasitas 16GB, namun yang tersisa hanya 12GB saja.

Itu disebabkan yang membuat memori HP penuh adalah terpakai oleh sistem. Jadi 16GB yang dimaksud adalah memori internal keseluruhan, sedangkan 12GB adalah sisanya yang bisa kamu pakai.

Ada beberapa solusi dan cara yang bisa dipakai. Membeli HP memori besar adalah salah satu solusi terbaik untuk menghindari masalah ini.

Atau, kamu juga bisa melakukan cara-cara dari Jaka di artikel berikut ini. Simak, yuk!

ADVERTISEMENT

1. Jangan Instal Sembarang Aplikasi

Salah satu kekurangan saat memakai smartphone Android adalah kita bisa leluasa me-install aplikasi apapun.

Nah, karena itulah yang membuat memori HP penuh. Sehingga kamu akan sering mendapat notifikasi bahwa memori internal HP penuh padahal kosong, karena sistem banyak terpakai untuk aplikasi tersebut.

Jangan pernah menginstal aplikasi Android yang menurut kamu tidak begitu penting karena ketika kamu menghapus aplikasi tersebut, maka aplikasi tersebut akan meninggalkan sampah yang tidak akan kamu sadari.

2. Hindari Update Otomatis

Untuk kamu yang sering install aplikasi dari Google Play Store, agar tak memakan banyak memori internal kamu perlu mematikan fitur update otomatis. Sehingga, kamu bisa memilih kapan kamu akan meng-update aplikasi kamu untuk menjaga memori internal tidak penuh.

Untuk langkah-langkahnya bisa kamu ikuti di bawah ini:

Langkah 1 - Buka Play Store

Langkah 2 - Matikan Auto update

3. Gunakan aplikasi Cleaner

Kamu bisa install aplikasi Cleaner untuk mengoptimasi smartphone yang kamu punya, baik itu dari segi performa maupun penggunaan data.

Biasanya aplikasi pembersih ini digunakan untuk menghapus cache secara otomatis. Meski beberapa Android kini sudah dilengkapi dengan fitur bawaan.

Jika Android milik kamu belum dilengkapi dengan fitur tersebut, kamu bisa install aplikasi seperti CCleaner. Aplikasi ini adalah salah satu aplikasi pembersih Android yang terbaik.

Kamu bisa mengunduhnya melalui artikel ini lho, geng. Cukup klik download di bawah ini:

CCleaner for Android 1.18.69
Apps Cleaning & Tweaking Piriform
DOWNLOAD

4. Pindahkan ke Memori Eksternal

Untuk memperluas penyimpanan, biasanya kamu bisa menggunakan kartu microSD. Ada beberapa aplikasi berat yang bisa kamu pindahkan dari memori internal ke microSD untuk mengatasi memori HP penuh.

Kalau kamu ingin memindahkan aplikasi ke memori eksternal atau kartu microSD, kamu bisa melakukan langkah-langkah ini:

Langkah 1 - Buka Settings

Langkah 2 - Pindahkan aplikasi ke kartu microSD

5. Hapus Data Kamera yang Tersimpan

Buat kamu yang hobi selfie atau foto buat Instagram, nah sesekali kamu perlu mengecek hal yang satu ini.

Sebab, kamera Android sekarang rata-rata sudah mendukung resolusi HD (720P), full HD (1080P) dan bahkan 4K, lho, geng. Dengan begitu ukuran satu video akan sangat besar meski berdurasi sebentar.

Untuk mengatasi memori HP yang penuh, kamu bisa menghapus data kamera yang tersimpan. Berikut langkah-langkahnya.

Langkah 1 - Buka file manager

ASTRO File Manager 4.5.629
Apps Productivity Metago
DOWNLOAD

Langkah 2 - Hapus video atau foto

Cek kembali kapasitas memori internal kamu setelah menghapus beberapa video dan foto. Dijamin pasti berkurang banyak dan akan semakin lega.

6. Reset HP

Jika kamu sudah menggunakan smartphone Android di atas 1 atau 2 tahun, kamu bisa melakukan cara mengatasi penyimpanan internal hampir penuh dengan** cara restart atau reset HP** kamu.

Hal ini disebabkan HP lama memiliki file sampah yang sudah sangat menumpuk. Sangat sulit kalau kamu hanya melakukan beberapa cara manual seperti menghapus cache aplikasi misalnya atau memakai aplikasi cleaner.

Cara reset HP Xiaomi, Samsung, realme, vivo cukup mudah, geng. Kamu bisa mengamankan atau back up beberapa file penting terlebih dahulu sebelum melakukannya.

Kamu bisa membuka menu Settings kemudian Back Up and Reset > Factory Reset. Dengan reset ini, maka semua data internal akan terhapus, dan dijamin memori internal akan menjadi lega kembali.

7. Hapus Cache Aplikasi

Cache adalah penyimpanan data sementara yang berfungsi mempercepat kinerja sistem Android yang berasal dari penggunaan aplikasi.

Jadi ketika suatu aplikasi dibuka, maka nanti aplikasi tersebut akan menyimpan data-data tertentu yang disebut dengan cache. Cache perlu dihapus secara rutin, sebab tiap aplikasi bisa memiliki cache hingga ratusan MB.

Nah, untuk cara menghapus memori HP yang penuh bisa dilakukan dengan cara penghapusan cache dengan langkah-langkah berikut ini:

Langkah 1 - Masuk ke menu Settings

Langkah 2 - Hapus cache

Akhir Kata

Demikian pembahasan Jaka tentang cara mengatasi memori HP penuh di Android yang bisa kamu coba. Jadi nggak ada lagi kamu yang kebingungan saat memori HP penuh tapi tidak ada file.

Semoga artikel Jaka kali ini membantu kalian ya. Sampai berjumpa di artikel selanjutnya!

Baca juga artikel seputar Tech Hack atau artikel menarik lainnya dari Frieda Isyana

ARTIKEL TERKAIT

5 Alasan Kenapa Memori Internal 64 GB Gak Cukup di 2020, Bikin HP Lemot?

5 Aplikasi Terbaik yang Bisa Menghemat Memori Internal Android Kamu

6 Cara Menghemat Memori Internal Android Kamu

8 Tips Memaksimalkan Memori Internal yang Kecil di Android

Cara Menambahkan Memori Internal Android Tanpa Root

Memori Full? Begini Cara Menghemat Memori Internal iPhone 16GB

undefined
Kembali Keatas