TOP 10: Dimulai dari ASUS yang Rilis Zenfone 3 Hingga Kejutan di Android N

Ditulis oleh Anggi Oktaviani - Monday, 18 April 2016, 15:00
Berita gadget minggu ini ASUS bersiap merilis Zenfone 3. Sementara HTC dan Meizu akhirnya merilis smartphone flagship mereka. Lebih lengkapnya, berikut JalanTikus sajikan 10 berita gadget 7 hari terkahir yang wajib kamu tahu.

Generasi anyar ASUS Zenfone hampir siap diumumkan, Zenfone 3 dipastikan akan meluncur pada pertengahan tahun ini atau lebih tepatnya akhir bulan Juni. Pembuat ponsel berbasis Taiwan ini berharap, Zenfone 3 mampu memicu pertumbuhan penjualan smartphone mereka.

Berita gadget menarik lainnya minggu ini adalah kedatangan smartphone flagship baru dari HTC dan Meizu. Biarpun termasuk paling telat dibandingkan para kompetitor utama, flagship HTC 10 mendapat banyak pujian. Meski para analis meragukan apakah HTC 10 cukup kuat untuk membangkitkan HTC dari keterpurukan.

BACA JUGA
  • 7 Bocoran ASUS Zenfone 3 yang Bikin Kamu Berpaling dari iPhone
  • 9 Tips yang Harus Dilakukan oleh Semua Pengguna Android Marshmallow

TOP 10: Dimulai dari ASUS yang Rilis Zenfone 3 Hingga Kejutan di Android N

Lebih lengkapnya, berikut JalanTikus sajikan 10 berita gadget 7 hari terakhir yang wajib kamu tahu.

1. ASUS Bersiap Merilis Zenfone 3 dengan Snapdragon 820

Zenfone 3 bakal istimewa, banyak peningkatan yang dimilikinya. Sebut saja desain metal dan pemindai sidik jari. Menurut Taipei Times, ASUS segera melakukan produksi massal Zenfone 3 dan menargetkan peningkatan penjualan smartphone hingga 25% tahun ini.

Seperti biasa, ASUS bakal membuat Zenfone 3 dalam banyak varian. Bahkan termasuk untuk segmen pasar kelas atas, katanya salah satu varian flagship Zenfone 3 bakal ditenagai chipset Snapdragon 820 besutan Qualcomm. Wah! Akhirnya ASUS siap nih terjun ke segmen high-end.

2. HTC 10 Resmi, Banyak Mendapat Pujian

Smartphone flagship HTC akhirnya resmi dirilis, mengusung desain ciamik, spesifikasi, dan fitur mumpuni. Daya tarik utama HTC 10 adalah kemampuan kameranya, HTC kembali menyematkan teknologi UltraPixel.

Kamera utama HTC 10 berukuran 12 MP, ukuran 1,55 m, aperture f/1.8, OIS, dan laser autofocus. Sementara kamera depannya 5MP, ukuran 1,34 m dilengkapi dengan fitur OIS yang memungkinkan foto selfie bebas blur.

Menyoal spesifikasinya, HTC 10 mengusung layar 5,2 inci QHD. Dapur pacunya mengandalkan Snapdragon 820, RAM 4GB, dan pilihan penyimpanan internal 32GB atau 64GB yang masih bisa di-upgrade lewat microSD.

ADVERTISEMENT

Smartphone Android Marshmallow ini punya baterai 3.000 mAh dengan Quick Charge 3.0 dan dibanderol mulai USD 700 atau sekitar Rp 9,2 jutaan.

3. Meizu Pro 6: Usung 3D Touch dan 10 LED Flash

Meizu Pro 6 akhirnya resmi diumumkan, beberapa improvisasi pun dibawanya. Pro 6 mengusung layar 5,2 inci 1080p dilengkapi teknologi 3D Touch ala Apple. Kemampuan kameranya juga meningkat, dengan kamera utama 21,6MP dan LED Flash yang jumlahnya mencapai 10 buah.

Dapur pacunya menggunakan chipset Helio X25, tipe yang terbaik dari MediaTek. Prosesor 10 core dan RAM 4GB-nya mampu mengimbangi performa dari chipset kelas atas lainnya. Harga Meizu Pro 6 tetap menarik khas produsen China, versi 32 GB dibanderol 2.499 yuan atau Rp 5,1 jutaan dan 64 GB 2.799 yuan atau sekitar Rp 5,8 jutaan.

4. Huawei Luncurkan Ponsel Murah Y5 II dan Y3 II, dengan Flash Kamera Depan

Kamu bingung sedang mencari smartphone murah? Mungkin ponsel ini bisa menjadi pilihan. Huawei telah meresmikan Huawei Y5 II dan Y3 II melalui website mereka. Kedua ponsel budget mepet ini hadir dalam varian 3G dan 4G.

Varian 4G didukung oleh prosesor quad-core MediaTek MT6735, sementara varian 3G menggunakan prosesor MediaTek MT6582. Huawei Y5 II juga dilengkapi LED Flash pada kemera depan. Kedua model ini tersedia dalam varian warna Black, Arctic White, Sand Gold, Rose Pink, dan Sky Blue.

Spesifikasi Huawei Y5 II Huawei Y3 II
Layar IPS 5 inci 720p IPS 4.5 inci FWVGA (854 x 480 pixels)
Chipset 4G: MediaTek MT6735P 64-bit, 3G: MediaTek MT6582 4G: MediaTek MT6735P 64-bit, 3G: MediaTek MT6582
RAM dan internal 1 GB/8 GB 1 GB/8 GB
OS Android 5.1 Lollipop dengan EMUI 3.1 Android 5.1 Lollipop dengan EMUI 3.1 Lite
Kamera 8MP dan 2MP dengan LED Flash 5MP dan 2MP
Baterai 2.200 mAh 2.100mAh

5. Google Rilis Android N Developer Preview 2 dengan Kejutan Baru?

Google telah meluncurkan Android N Developer Preview yang kedua, dengan beberapa fitur baru. Pertama adanya akses pintas yang bisa ditambahkan pada launcher, Google juga menambahkan Emoji Unicode 9 yang akan membuat emoji manusia semakin "manusiawi" dengan pilihan warna kulit. Unicode 9 ini juga menawarkan emoji-emoji baru, seperti selfie dan face palm atau tepuk jidat.

Terdapat pula perbaikan bug dan API rendering 3D yang disebut sebagai Vulkan. Untuk membantu para developer memberikan dorongan performa yang signifikan untuk aplikasi-aplikasi yang berukuran besar.

6. Amazon Rilis Tablet Kindle Oasis, Bodi Tipis Harga Rp 3,8 Jutaan

Amazon telah mengumumkan tablet e-reader anyar bernama Kindle Oasis, dengan desain tipis dan ringan. Tablet ini bobotnya hanya 131 gram, sementara ketebalan 3,4 mm pada bagian tertipis dan 8,5 mm pada bagian tertebal.

Amazon Kindle Oasis mengusung layar E-Ink berukuran 6 inci dengan kepadatan piksel 300 ppi dan memiliki 60% LED lebih banyak sehingga tampilan layar lebih cerah. Amazon mengklaim Kindle Oasis menawarkan daya tahan baterai selama dua minggu untuk pemakaian sekitar 30 menit per hari.

Amazon Kindle Oasis akan diluncurkan pada tanggal 27 April. Dengan harga mulai USD 289,99 atau sekitar Rp 3,8 jutaan untuk model Wi-Fi dan USD 359,99 atau Rp 4,7 jutaan untuk model seluler.

7. CREO Mark 1: Smartphone dengan Fuel OS

CREO adalah startup asal Bangalore, India. CREO telah meluncurkan smartphone perdana mereka bernama Mark 1, setelah berhasil mendapatkan dana sebesar USD 3 juta melalui program crowdfunding.

Mark 1 berjalan pada Fuel OS yang berbasis pada Android. OS ini ditekankan pada Sense, Echo, dan Retriever. Sense adalah fitur yang memungkinkan pengguna menemukan aplikasi apa saja dengan melakukan dua kali tap pada tombol home.

Smartphone ini berlayar LTPS 5,5 inci QHD, chipset MediaTek Helio X10, RAM 3GB, penyimpanan internal 32GB, dan kamera utama 21 MP. Di India, CREO Mark 1 dijual dengan harga Rs 19.999 atau sekitar Rp 3,9 jutaan.

8. Samsung Siapkan Seri Baru, Galaxy C?

Samsung kabarnya sedang menggarap seri baru, Galaxy C. Kabar ini diketahui dari bocoran benchmark Geekbench, perangkat dengan nomor model SM-C5000 ini didukung chipset Snapdragon 617, RAM 4GB, dan menjalankan Android Marshmallow.

Selain itu, kabar lain menyebutkan bahwa perangkat sudah terdeteksi oleh situs pelacak impor India - Zauba. SM-C5000 ini mengusung layar 5,2 inci. Katanya seri C khusus ditujukan untuk pasar Tiongkok.

9. Tertarik HTC 10 Tapi Kemahalan? Ada Versi Murahnya Kok

HTC 10 dibanderol lebih dari Rp 9 juta, jelas tidak murah. Jangan khawatir, HTC juga menyiapkan versi lebih terjangkau dengan fitur yang sama. Adalah HTC 10 Lifestyle.

Tak ada perbedaan fisik antara versi standar dan Lifestyle ini, termasuk fitur-fiturnya. Hanya saja dibekali prosesor yang lebih rendah dari HTC 10, yakni Snapdragon 652 dengan RAM 3 GB dan memori internal 32 GB. Selebihnya sama. Sayangnya HTC belum mau mengungkap berapa harganya, yang jelas pasti lebih murah dari versi standar.

10. Microsoft Rilis CaptionBot, Sebuah Aplikasi Foto Pintar

Microsoft telah merilis sebuah aplikasi online yang mampu memahami konten dari foto pengguna dan bisa menulis caption-nya. CaptionBot itulah nama aplikasinya, cara menggunakannya pun sangat mudah. Kamu tinggal mengunggah foto dan secara otomatis aplikasi akan memberikan deskripsi untuk foto kamu.

Rupanya Microsoft membenamkan teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence) ke dalam aplikasi CaptionBot ini. Kamu tertarik mencoba? Klik di sini.

Itulah 10 kumpulan berita gadget pilihan JalanTikus minggu ini. Apakah ada perangkat yang kamu tunggu-tunggu dari 10 poin di atas?

ARTIKEL TERKAIT
APPS TERKAIT
HOOQ 3.20.2-b1142
Apps HOOQ
Snapchat 10.2.1.0
Apps Snapchat
AZ Screen Recorder - No Root 5.5.8
Apps AZ Screen Recorder
Spotify Latest Version
Apps Spotify
Kembali Keatas