Surat Utang Negara: Pengertian, Untung Rugi, & Cara Beli | Minim Risiko!

Ditulis oleh Puput Hadiningrat - Wednesday, 10 March 2021, 17:00
Investasi Surat Utang Negara adalah salah satu instrumen favorit investor karena dinilai minim risiko. Simak pengertian, untung rugi, & cara beli SUN di sini.

Lebih tertarik memilih instrumen investasi obligasi berupa Surat Utang Negara (SUN)? Memang sudah tahu apa itu SUN dan untung rugi berinvestasi pada instrumen ini?

Meskipun utang sering kali diasumsikan sebagai hal yang patut dihindari, ada kalanya utang justru diperlukan untuk menjaga stabilitas ekonomi. Maka, itulah salah satunya yang dilakukan oleh pemerintah melalui SUN.

Nah, buat kamu yang tertarik berinvestasi pada instrumen surat utang, mending kenali dulu pengertian Surat Utang Negara, untung rugi, dan cara membelinya berikut ini.

Pengertian Surat Utang Negara

Sumber foto: Indonesia.go.id

Menurut Kementerian Keuangan, Surat Utang Negara adalah surat berharga yang berupa surat pengakuan utang dalam mata uang Rupiah maupun valuta asing yang dijamin pembayaran bunga dan pokoknya oleh negara, sesuai dengan masa berlakunya.

SUN banyak diminati para investor karena dinilai sebagai jenis investasi yang tergolong menjanjikan dan memiliki risiko lebih kecil dibandingkan dengan instrumen investasi lainnya.

Berdasarkan UU No. 24 Tahun 2002, pengelolaan SUN diselenggarakan oleh Menteri Keuangan melalui Direktorat Jenderal Pengelolaan Utang (DJPU).

Dalam hal tersebut, DJPU bertugas untuk menyiapkan perumusan dan pelaksanaan kebijakan seperti menerbitkan, optimalisasi portofolio, perencanaan struktur, dan lain sebagainya terkait pengelolaan SUN.

ADVERTISEMENT

Sementara itu, kegiatan penatausahaan seperti pencatatan kepemilikan, kliring, settlement, serta agen pembayaran bunga dan poko SUN dilakukan oleh Bank Indonesia.

SUN sendiri digunakan pemerintah guna membiayai kebutuhan anggaran pemerintah seperti menutup defisit Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Keuntungan & Kerugian Investasi Surat Utang Negara

Sumber foto: Satu Tumbuh Seribu

Sama halnya seperti investasi reksa dana, saham, atau lainnya, investasi obligasi berupa Surat Utang Negara pun pastinya memiliki risiko kerugian dan keuntungan yang harus diterima oleh investor.

Lantas, apa saja ya untung rugi investasi SUN? Cari tahu jawabannya di bawah ini, yuk!

Keuntungan Investasi SUN

Pembayaran bunga dan pokoknya yang dijamin oleh negara, tentu menjadi salah satu keuntungan yang cukup menggiurkan kala berinvestasi pada instrumen SUN.

Tak hanya itu, menariknya masih ada lagi beberapa keuntungan lain yang bisa didapat calon investor seperti yang sudah diuraikan dalam poin-poin berikut:

Risiko Kerugian Investasi SUN

Meskipun ada negara sebagai penjaminnya, namun ada pula beberapa risiko kerugian dari investasi SUN, lho, geng.

Dan berikut adalah poin-poin risiko kerugiannya:

Jenis Surat Utang Negara

Sumber foto: Bareksa

Secara umum, SUN dibedakan atas dua jenis yaitu Surat Perbendaharaan Negara (SPN) dan Obligasi Negara (ON).

Untuk lebih jelasnya mengenai masing-masing jenis SUN, kamu bisa perhatikan pembahasan selengkapnya berikut ini.

1. Surat Perbendaharaan Negara (SPN)

Surat Perbendaharaan Negara (SPN) adalah SUN yang berjangka waktu maksimal 12 bulan dengan pembayaran bunga secara diskonto.

Di beberapa negara, SPN lebih dikenal dengan sebutan T-Bills atau Treasury Bills.

2. Obligasi Negara (ON)

Berbeda dengan SPN, Obligasi Negara (ON) adalah SUN yang berjangka waktu lebih dari 12 bulan dengan pembayaran baik menggunakan kupon ataupun tanpa kupon.

Perbedaannya, Obligasi Negara dengan kupon memiliki jadwal pembayaran kupon periodik, sekitar tiga hingga enam bulan sekali.

Sementara, Obligasi Negara tanpa kupon tidak memiliki jadwal pembayaran kupon dan dijual pada harga diskon. Serta, pokoknya akan dilunasi saat jatuh tempo.

Cara Membeli Surat Utang Negara

Sumber foto: CNN Indonesia

Minimnya risko gagal bayar pemerintah menjadi salah satu alasan mengapa investasi pada instrumen obligasi SUN banyak diminati. Namun, tingginya harga SUN pun sering kali menjadi kendala, terutama bagi investor perseorangan.

Untungnya, pemerintah juga menyediakan jenis surat utang dalam bentuk ritel yang ditujukan untuk masyarakat umum. Seperti misalnya Obligasi Negara Ritel Indonesia (ORI), Saving Bond Ritel (SBR), Sukuk Ritel, dan Sukuk Negara Tabungan (ST).

Menurut informasi yang tersaji pada laman resmi INDONESIA.GO.ID, ada beberapa langkah yang perlu calon investor lakukan untuk berinvestasi Surat Utang Negara secara online.

Nah, buat kamu yang tertarik, berikut adalah urutan cara membeli Surat Utang Negara terbaru 2021 yang bisa diikuti:

  1. Registrasi diri melalui Sistem Elektronik Mitra Distribusi (Midis)
  2. Buat Single Investor Identification (SID) dan rekening surat berharga melalui sistem pemesanan online.
  3. Lakukan pemesanan melalui sistem elektronik.
  4. Lihat kode pembayaran (billing code) pemesanan yang diverifikasi via sistem elektronik Midis atau email.
  5. Cek kode pembayaran yang digunakan untuk penyetoran dana.
  6. Bayar pesanan melalui Bank Persepsi.
  7. Cek Nomor Transaksi Penerimaan Negara (NTPN) dan notifikasi completed order.
  8. Cek bukti konfirmasi SBN Ritel yang dikirim via sistem elektronik Midis dan email yang terdaftar. Menurut informasi dari situs Kementerian Keuangan, minimum pembelian investasi Surat Utang Negara dalam bentuk ritel seperti ORI yaitu berkisar mulai dari Rp1 juta hingga maksimal Rp3 miliar.

SUN diterbitkan dengan warkat dan tanpa warkat (scripless securities), serta pencatatan kepemilikannya dilakukan secara elektronik.

Meski begitu, terdapat bukti pembelian berupa invoice yang nantinya bisa digunakan untuk mencairkan dana pokok ketika SUN sudah jatuh tempo.

Akhir Kata

Sekian pembahasan mengenai pengertian Surat Utang Negara, risiko untung rugi, jenis-jenis SUN, hingga cara membelinya.

Menawarkan beragam keuntungan yang menarik, maka tak heran jika instrumen investasi obligasi berupa SUN ini banyak diminati. Meskipun, pada kenyataannya tetap ada pula beberapa risiko kerugiannya.

Jadi, apakah kamu sudah yakin ingin berinvestasi Surat Utang Negara? Atau malah sebaliknya?

Baca juga artikel seputar Finansial atau artikel menarik lainnya dari Shelda Audita

ARTIKEL TERKAIT

Cara Investasi Emas Online Terpercaya dan Praktis, Mulai Rp5.000!

15+ Aplikasi Investasi Terbaik dan Terdaftar di OJK, Dijamin Aman dan Untung!

Kembali Keatas