8 Crypto Wallet Terbaik & Terpercaya 2024, Terdaftar di Bappebti!

Ditulis oleh Puput Hadiningrat - Friday, 05 April 2024, 13:00
Crypto wallet terbaik adalah wadah untuk menyimpan aset kripto dengan aman. Mau tahu rekomendasi crypto wallet terbaik? Cek di sini!

Di era digital ini, aset digital seperti cryptocurrency semakin populer. Salah satu kunci keamanan aset crypto ada pada crypto wallet. Crypto wallet sendiri merupakan wadah untuk menyimpan berbagai aset tersebut.

Saat menggunakan crypto wallet, kamu akan mendapatkan private key untuk otentikasi transaksi. Private key ini ibarat kunci rumah, jadi sangat penting untuk menyimpannya dengan aman dan tidak boleh diketahui orang lain.

Bagi pemula, memilih crypto wallet yang tepat mungkin saja membingungkan, karena ada berbagai jenis wallet dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Namun, tenang! Artikel ini dapat menjadi referensi untuk memilih crypto wallet terbaik dengan merekomendasikan beberapa pilihan terbaik di tahun 2024. Simak daftar selengkapnya di bawah ini!

Disclaimer!

Pastikan kamu memahami bagaimana investasi kripto berjalan, ya! Investasi mata uang kripto membutuhkan pengetahuan fundamental dan harus dipelajari sebelum melakukan deposit berapapun jumlahnya. Jaka tidak bertanggung jawab atas kerugian yang disebabkan kesalahan pengambilan keputusan investasimu!

Mengenal Apa Itu Crypto Wallet

Crypto wallet adalah program perangkat lunak yang berfungsi untuk mengirim dan menerima mata uang kripto. Dompet digital ini menjadi tempat untuk menyimpan seluruh aset kripto yang kamu miliki dalam blockchain.

Untuk alasan keamanan dalam dunia cryptocurrency, terdapat 2 kunci yang harus dimiliki oleh setiap pengguna. Pertama, ada kunci privat atau private key yang hanya boleh diketahui oleh penggunannya.

ADVERTISEMENT

Kedua adalah kunci publik atau public key yang diperoleh ketika pengguna baru melakukan pendaftaran crypto. Kunci publik bersifat umum sehingga tidak masalah jika diketahui oleh orang-orang.

Dompet kripto menggunakan kunci publik dan privat secara bersama-sama. Nantinya, kunci privat bersifat rahasia dan seluruh aset kripto yang dimiliki bisa hilang jika kunci privat diretas oleh orang lain.

Selain itu, ada beberapa jenis wallet crypto yang harus kamu ketahui sebelum memutuskan dompet yang akan kamu gunakan. Untuk penjelasan lebih lengkap, silakan cek ulasannya pada artikel berikut!

Daftar Bitcoin Wallet Terbaik 2022

Setelah tahu definisi dompet kripto, kamu pasti jadi semakin tidak sabar untuk mengetahui rekomdasi wallet crypto terbaik kan? Tanpa berlama-lama, inilah daftar aplikasi wallet crypto terbaik di Indonesia!

1. MetaMask

Salah satu crypto wallet yang cukup banyak digunakan untuk menyimpan uang kripto adalah MetaMask. Kepopuleran wallet ini meningkat seiring dengan semakin banyaknya trader yang berinvestasi dengan Ethereum (ETH).

MetaMask tidak hanya berfungsi sebagai wallet untuk crypto karena platform ini merupakan aplikasi yang memiliki wallet sebagai bagian dari fiturnya, selain internal browser.

Meski dirancang khusus untuk menyimpan token ETH, MetaMask ternyata bisa juga digunakan untuk menyimpan aset digital lainnya, seperti koleksi NFT yang bisa diperjualbelikan menggunakan uang kripto.

2. WAX Cloud Wallet

WAX dikenal sebagai blockchain NFT yang dibuat khusus untuk peluncuran koleksi NFT, mulai dari dApps (Decentralized Applications) hingga game, dan pertukaran pasar digital lainnya.

Untuk melakukan transaksi di blockchain ini, kamu harus memiliki WAX Cloud Wallet sebagai dompet kripto yang kompatibel. Dompet ini hadir dengan berbagai fitur yang memudahkan para pengguna.

Selain mempermudah interaksi dengan WAX blockchain dan dApps yang dibangun di atasnya, WAX Wallet juga berfungsi untuk menyimpan koin dan token kripto yang kamu dapatkan dari bermain game NFT penghasil uang.

3. Pintu

Pintu adalah crypto wallet Indonesia yang sudah terdaftar dan diawasi oleh BAPPEBTI. Platform ini menawarkan layanan untuk menyimpan, mengirim, sekaligus menerima uang crypto dengan keamanan yang terjamin.

Selain itu, Pintu juga menawarkan layanan deposit Rupiah menjadi aset kripto yang bisa langsung ditransfer ke rekening bank di Indonesia seperti BCA, BNI, dan Mandiri, hingga dompet digital OVO, GoPay, dan ShopeePay.

Untuk kebutuhan investasi, kamu juga bisa withdraw Binance Coin (BNB), Bitcoin (BTC), hingga Ethereum (ETH) melalui Pintu. Penarikan aset kripto ke Rupiah bisa dilakukan dengan biaya Rp4.500 per transaksi.

4. Coinbase

Coinbase adalah salah satu rekomendasi dompet kripto terbaik karena kepopuleran, sekaligus fitur-fitur yang dimilikinya. Wallet ini juga sering dipakai untuk menyimpan berbagai jenis uang crypto populer seperti BTC, ETH, dan Litecoin.

Jika kamu lebih suka bertransaksi dengan mata uang fiat USD, maka Coinbase adalah salah satu pilihan yang paling pas. Namun, dompet ini tidak disarankan untuk menukarkan uang crypto ke Rupiah.

Pasalnya, Coinbase menggunakan jasa exchanger untuk konversi uang kripto ke mata uang di luar USD, sehingga kamu akan dikenakan biaya yang tidak sedikit, Apalagi untuk ditukarkan ke Rupiah.

5. Trust Wallet

Trust Wallet adalah bitcoin wallet yang terkenal karena kecepatan dan keamanannya. Dompet ini juga sudah bekerja sama dengan berbagai aplikasi untuk digunakan sebagai metode transaksi resmi yang kredibel.

Untuk keamanan, Trust Wallet memiliki sistem biometrik sehingga kamu dapat menggunakan sensor sidik jari untuk mengaksesnya. Dengan fitur ini, setiap pengguna bisa merasa aman untuk menyimpan aset kripto.

Tidak hanya itu, Trust Wallet juga sudah mendukung berbagai jenis uang kripto seperti Bitcoin, Ethereum, Binance Coin, Ripple, Litecoin, Dogecoin, Polkadr, Smartchain, dan masih banyak lainnya.

6. Exodus

Exodus adalah dompet crypto yang diluncurkan pada 2015 silam. Salah satu keunggulan Exodus adalah antarmukanya yang sederhana sehingga mudah dioperasikan, bahkan oleh pengguna baru sekali pun.

Exodus menggunakan sistem ShapeShift yang membuatnya dapat digunakan untuk melakukan trading crypto dengan mudah, baik itu antar uang crypto, atau dengan uang fiat yang menjadi mata uang resmi di setiap negara.

Sayangnya, Exodus baru mendukung sekitar 100 jenis mata uang crypto saja. Namun untungnya, aset kripto yang tersedia di sini cukup populer seperti Ethereum, Golem, Litecoin, hingga Bitcoin.

7. Indodax

Indodax adalah platform jual beli aset kripto terbesar di Indonesia dengan lebih dari 5.2 juta member terverifikasi. Wallet Indodax sudah diperkenalkan pada 2014 dan telah terdaftar di BAPPEBTI sejak 2020.

Salah satu keunggulan dari Indodax adalah layanan penukaran uang crypto ke Rupiah dengan proses yang mudah dan langsung ke rekening bank pengguna yang sudah didaftarkan pada platform Indodax.

Untuk melakukan transaksi di Indodax, kamu harus melakukan pendaftaran, verifikasi, dan deposit saldo rupiah terlebih dahulu. Lantas, berapa minimal deposit Indodax? Minimum deposit di Indodax adalah Rp10.000.

8. Ledger Nano X

Sumber foto: Crypto Wallet - Ledger Nano X

Ledger Nano X merupakan hardware wallet ternama yang menawarkan keamanan tingkat tinggi untuk aset crypto. Aset kamu amam disimpan secara offline, terisolasi dari internet, dan dilindungi oleh chip keamanan bersertifikasi menggunakan wallet ini.

Wallet ini kompatibel dengan lebih dari 5.500 aset crypto dan NFT, termasuk Bitcoin, Ethereum, dan Litecoin. Kamu dapat menginstal hingga 100 aplikasi secara bersamaan di perangkat untuk pengelolaan aset yang beragam.

Ledger Nano X didesain dengan layar OLED dan konektivitas Bluetooth untuk kemudahan penggunaan. Kamu dapat mengelola aset melalui aplikasi Ledger Live yang terhubung dengan smartphone. Baterainya pun tahan lama, memungkinkan penggunaan hingga 8 jam.

Meskipun Ledger Nano X menawarkan keamanan dan kemudahan yang baik, perlu dipertimbangkan harga jualnya yang relatif mahal dibandingkan wallet lainnya.

Daftar Aplikasi Wallet Crypto Terbaik

  1. Coinbase
  2. Trust Wallet
  3. Exodus
  4. Ledger Nano X

Akhir Kata

Nah, itulah rekomendasi crypto wallet terbaik dan terpercaya 2024. Bitcoin wallet yang Jaka ulas di atas menawarkan kemudahan dalam transaksi aset kripto, termasuk Bitcoin, Ethereum, Binance Coin, dan lainnya.

Baca juga artikel seputar Pola Candlestick, Crypto Blockchain, DApps, NFT, atau artikel menarik lainnya dari Reishatia.

ARTIKEL TERKAIT

Download MetaMask Terbaru 2024, Lengkap dengan Cara Daftar!

CryptoKitties: Cara Main dan Mendapatkan CryptoKitty Termahal

Mau Cuan Tiap Minggu? Coba Download Game NFT Axie Infinity APK Terbaru 2024!

The Sandbox: Penjelasan, Cara Main, & Menghasilkan Token SAND

Kembali Keatas