5 Kemampuan yang Hilang Akibat Teknologi Canggih

Gang, teknologi hadir untuk mempermudah aktivitas manusia. Tapi apa jadinya jika kita terlalu mengandalkan teknologi dalam setiap aspek kehidupan? Yang ada, kemampuan kita bisa hilang! Ah, masa iya? Pastinya! Nah berikut, 5 kemampuan manusia yang bisa hilang akibat kecanggihan teknologi.

1. Berhitung

Yang namanya kalkulator, pasti gampang banget dicari ya, Gang! Mulai dari HP, komputer, bahkan kini beberapa keyboard juga menyediakan tombol kalkulator di pojok atas. Belum lagi aplikasi Kalkulator yang bisa di-download secara gratis dan mudah. Sejak kemunculannya hingga kini, makin banyak orang yang mengandalkan kalkulator sebagai alat hitung utama, bukan lagi sebagai alat bantu nih, Gang! Dan bahayanya lagi, lama-kelamaan kemampuan berhitung seseorang bisa hilang dengan sendirinya serta digantikan dengan alat bantu tersebut.

2. Berkomunikasi dengan Orang Lain

Berkomunikasi itu sangat penting lho, Gang. Tapi kebayang gak sih, jika kebanyakan anak-anak disodorkan teknologi di umur yang belum saatnya, justru akan memberi dampak yang sangat besar lho! Di usia emas, banyak yang akhirnya kesulitan untuk berbicara, dan terjadi keterlambatan dalam pertumbuhan mereka. Gak cuma itu aja, dampaknya juga akan dialami hingga mereka beranjak dewasa. Mereka akan mengalami kesulitan untuk bergaul dan juga mencari teman lho, Gang! Jangan ditiru ya!

3. Mengecek Fakta

Dulu sebelum ada internet, untuk mendapatkan sebuah fakta atau informasi yang ingin dicari kebenarannya, kalian harus mencari buku referensi atau pergi ke perpustakaan. Namun berbeda halnya dengan sekarang. kalian cukup mencari informasi lewat internet. Contohnya aja Wikipedia. Padahal, sumber informasi yang di situ seluruhnya belum tentu benar. Atau kalian hanya perlu mengetik kata kunci topik yang diinginkan di laman pencarian Google, dan dalam hitungan detik segala artikel maupun berita yang terkait dengannya akan tersaji untuk kalian! Yang benar maupun hoax! Hihihi..

4. Mengingat Nomor Telepon

Hayo, siapa di antara kalian yang cuma inget nomor telepon sendiri dan nomor telepon pacar? Ngaku deh! Hihihi.. Gimana dengan nomor telepon orang tua ataupun saudara kalian? Pasti gak hafal deh! Nyatanya, mengingat nomor telepon juga menjadi salah satu kemampuan manusia yang kian hilang lho, Gang! Padahal kemampun mengingat nomor telepon orang-orang terdekat penting di kala darurat. Hmm.. Jangan-jangan kalian lebih mengingat ID ya dibanding nomor telepon? Baik ID game maupun ID line kecengan kalian. Hihihi..

5. Membuat Api

Kemampuan membuat api unggun tanpa bantuan teknologi dijamin cuma tahayul deh Gang, alias udah hampir gak ada, kecuali di kawasan-kawasan terpencil yang gak tersentuh teknologi. Apalagi sekarang sudah banyak banget video tutorial cara menyalakan api dengan menggunakan plastik bening atau kaca pembesar. Tapi tahukah kalian, jika HP yang kalian gunakan nyatanya juga bisa untuk menyalakan api lho! Wih, gimana tuh caranya? Gampang, Gang! Kalian cukup menusukkan pisau ke baterai HP kalian dan Boom! langsung jadi deh apinya. Tapi hati-hati ya Gang, karena apinya sangat panas. Cukup panas untuk meleburkan besi.

Nah itu dia, 5 kemampuan manusia yang udah mulai punah akibat perkembangan teknologi. Jangan lupa saksikan video JalanTikus lainnya. Dijamin, pengetahuan kalian akan semakin banyak dan berkembang, Gang!

===================================================

Subscribe: https://www.youtube.com/c/JalanTikusID
Artikel: https://jalantikus.com/tips/kemampuan-kita-hilang-akibat-teknologi/

===================================================

https://jalantikus.com
https://www.facebook.com/JalanTikus/
https://instagram.com/jalantikusid
https://twitter.com/jalantikuscom

===================================================

Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal