Tahu Perbedaan Windows 32 bit dan 64 bit?

Hi, Gang! Kalian pasti setuju kan, jika Windows merupakan sistem operasi yang paling populer di Indonesia? Penggunanya udah gak terhitung lagi, lantaran mayoritas laptop atau komputer telah menggunakannya.

Sejauh ini, ada dua basis sistem berbeda, yang kadang luput dari perhatian pengguna. Kalian mungkin gak memerhatikan basis Windows yang digunakan, apakah 32 bit atau 64 bit. Padahal, perbedaan di antara keduanya cukup berdampak pada kinerja lho, Gang!

Tahu, apa aja perbedaan serta kelebihan dan kekurangan Windows 32 bit dan 64 bit?

1. Jumlah RAM yang Dapat Digunakan

Perbedaan mendasar yang kalian wajib untuk ketahui adalah jumlah maksimal RAM yang bisa digunakan. Setiap basis sistem punya batasan yang berbeda lho.

Windows 64 bit dapat membaca hingga lebih dari 4GB RAM. Sedangkan jika pada Windows 32 bit dipasangkan RAM sebesar 4GB, maka yang akan terbaca hanya hingga 3GB aja, Gang. Mau tahu kenapa? Ini dikarenakan adanya perbedaan arsitektur prosesor antara 32 bit dan 64 bit, Gang.

2. Performa

Perbedaan basis sistem Windows 32 dan 64 bit sebenarnya ditentukan oleh kemampuan prosesornya, Gang. Windows 32 bit dengan prosesor 32 bit juga, punya kemampuan yang berada di bawah 64 bit lho.

Sehingga kombinasi antara Windows dan prosesor ini hanya cocok untuk melakukan pekerjaan ringan dan membuka aplikasi yang gak terlalu berat. Berbeda dengan Windows dan prosesor 64 bit, yang cocok untuk mengerjakan pekerjaan lebih berat, kayak desain, video editing dan lainnya.

3. Kemampuan Memproses Data

Perbedaan arsitektur pada Windows dan prosesor 32 dan 64 bit tentu akan sangat berpengaruh pada performa komputer itu sendiri. Mungkin yang kalian patut ketahui adalah bahwa angka 32 dan 64 sebenarnya mewakili jumlah data yang dapat diproses dalam satu kali putaran. So, kalian udah tahu kan Gang, mana yang punya performa lebih baik?

4. Kompatibilitas Software

Perbedaan yang juga cukup mencolok terletak pada kompatibilitas software yang dapat digunakan. Windows 32 bit dipastikan gak akan bisa menjalankan software 64 bit. Namun berbeda dengan Windows 64 bit, yang lebih leluasa lantaran dapat menjalankan software 32 maupun 64 bit. Windows 64 bit cocok untuk menjalankan software terbaru yang mengutamakan grafis.

Nah, kini kalian udah tau kan bedanya performa 32 bit dan 64 bit? Semoga informasi ini berguna, khususnya buat kalian yang lagi pengin ngerakit PC. Tuliskan komentar kalian di bawah dan saksikan video JalanTikus lainnya!

===================================================

Subscribe : https://www.youtube.com/c/JalanTikusID
Sumber : https://jalantikus.com/tips/perbedaan-windows-32bit-dan-64bit/

===================================================

https://jalantikus.com
https://www.facebook.com/JalanTikus/
https://instagram.com/jalantikusid
https://twitter.com/jalantikuscom

===================================================

Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal