Download WhatsApp Business APK v2.22.20.79, Cocok buat Para Pemilik Usaha!

Default

WhatsApp Business APK sangat membantu para pelaku usaha, baik skala kecil, menengah, hingga besar. Aplikasi ini memang dirancang khusus untuk mempermudah para pelaku usaha dalam menjalankan bisnis mereka.

Aplikasi pesan instan yang satu ini banyak digunakan oleh para pemilik bisnis untuk dapat terhubung secara mudah dengan pelanggannya di era digital. Para pelanggan dapat melakukan transaksi atau menanyakan produk yang ditawarkan pebisnis lewat WhatsApp Business.

Sementara bagi para pelaku usaha, selain mempermudah komunikasi, platform ini juga bisa menjadi sarana untuk mempromosikan dan memasarkan produk mereka. Melalui fitur seperti broadcast atau balas pesan otomatis, pengguna bisa menjangkau target pasar lebih luas.

Ada banyak kelebihan lainnya yang ditawarkan oleh aplikasi tersebut, sehingga bisa menguntungkan para pelaku usaha maupun konsumen. Lantas, apa saja yang dapat dilakukan WhatsApp Business APK terbaru? Simak ulasan dan link download-nya di sini!

Apa Itu WhatsApp Business (WA Bisnis)?

Whats App Business
Sumber foto: WhatsApp Business APK - TechCrunch

WhatsApp Business merupakan aplikasi yang didesain bagi pemilik bisnis untuk membuat interaksi dengan pelanggan menjadi lebih mudah. Aplikasi ini sebenarnya berfungsi sama dengan WhatsApp Messenger biasa.

Namun, WhatsApp Business mempunyai beberapa fitur berbeda dengan WhatsApp versi biasa yang umumnya digunakan. Platform ini berfungsi untuk mengelola hubungan bisnis antara pemilik usaha dan pelanggan.

WhatsApp Business resmi diluncurkan pada Januari 2018 lalu. Indonesia pun menjadi negara Asia pertama yang bisa menggunakan aplikasi ini bersama empat negara lainnya, yaitu Italia, Inggris, Meksiko, dan Amerika Serikat.

Download WhatsApp Business APK 2022

Pengguna Android dan iOS dapat mengunduh WhatsApp Business di platform Google Play maupun iOS secara gratis. Aplikasi ini bisa melakukan semua hal yang biasa dilakukan pada WhatsApp APK versi reguler dengan fitur tambahan tentunya.

Detail WhatsApp Business
Developer WhatsApp LLC
Kategori Communication
OS Minimal Android 4.1+

iOS 12.0+
Ukuran Bervariasi sesuai perangkat

Bagi kamu yang ingin mengunduh WhatsApp Business jangan khawatir, berikut link WhatsApp Business APK download 2022 di bawah ini dan bisa diunduh secara gratis!

Versi Tanggal Rilis Fitur Unggulan Link Download
2.22.20.79 17 Oktober 2022 (updated) - Download via Google Play

Download via App Store

>>> Download WhatsApp Business APK Terbaru <<<

Bagaimana Cara Daftar WhatsApp Business?

Cara Daftar Whats App Business
Sumber foto: WhatsApp Business APK - Forbes

Sebelum mendaftarkan akun WhatsApp menjadi akun bisnis, sebaiknya kamu cadangkan akun WhatsApp Messenger agar riwayat chat tidak hilang. Caranya ke setelan WhatsApp Messenger dan klik Cadangkan Sekarang.

Setelah selesai mencadangkan, silakan kamu ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk membuat akun atau daftar WA Bisnis:

  1. Download & install WhatsApp Business di HP.
  2. Klik setujui persyaratan WhatsApp Business.
  3. Masukkan nomor yang sudah ada atau nomor baru.
  4. Klik Use a Different Number untuk nomor baru.
  5. Tunggu verifikasi 6 digit ke nomor yang didaftarkan.
  6. Isi profil bisnis kamu.

Pada tahap ini akun WhatsApp Business kamu telah aktif. Silakan lengkapi profil bisnis WhatsApp seperti menambahkan foto profil bisnis, nama tampilan, deskripsi, alamat, hingga foto produk yang dapat dipajang di katalog profil WhatsApp bisnis kamu.

Apa Perbedaan WhatsApp Business & WhatsApp Biasa?

Perbedaan Whats App Business Whats App Biasa
Sumber foto: WhatsApp Business APK - verloop.io

Sederhananya, WhatsApp Messenger biasa digunakan oleh individu untuk komunikasi pribadi, sementara WhatsApp Business digunakan oleh pemilik perusahaan atau para pelaku usaha.

Guna mengetahui perbedaan antara keduanya secara lebih detail, kamu bisa simak uraian di bawah ini:

1. Logo Aplikasi

Perbedaan pertama WhatsApp bisnis dan biasa ada pada logo aplikasinya. Tampilan logo WhatsApp Business berlatar belakang warna hijau dengan menggunakan huruf kapital "B". Sementara, logo WhatsApp biasa hanya gambar telepon berwarna hijau.

2. Profil Pengguna

WA bisnis bisa menampilkan informasi terkait kategori bisnis hingga tampilan katalog suatu produk, sedangkan WA biasa tidak. Bagian profil aplikasi pribadi WhatsApp hanya berisi tentang bagian nama, gambar tampilan dan nomor telepon, sedangkan pada WA bisnis pengguna bisa menampilkan:

  • Nama bisnis
  • Logo
  • Kategori bisnis
  • URL situs web
  • Tampilan katalog produk
  • Memasukkan deskripsi perusahaan
  • Memperbarui lokasi dan menentukan jam kerja

3. Otomatisasi Pesan

Pada WA biasa kita tidak bisa mengotomatiskan pesan di WhatsApp Messenger, tetapi pada WA bisnis kita bisa melakukan pesan otomatis yang akan terkirim. Fitur pesan otomatis ini sangat berguna bagi orang-orang yang sibuk, karena pelanggan bisa mendapatkan respons otomatis.

Ada tiga macam fungsi otomatisasi pesan di WA bisnis, yaitu:

  • Quick replies (Teks balasan cepat)
  • Away messages (pesan di luar jam kerja)
  • Greeting messages (pesan salam)

4. Label Kontak

Fitur di WA biasa tidak mendukung fitur label pada kontaknya, sedangkan WA bisnis mendukung. WA bisnis memiliki fitur untuk memberi label dengan kode warna secara kategori pada daftar chat. Label berfungsi untuk menandai masing-masing kontak atau grup.

Melalui fitur label pada WA bisnis ini, pengguna bisa mengurutkan kontak sesuai dengan nama dan label khususnya. Pengguna bisa membuat sampai 20 label khusus.

5. Statistik Pesan

WA bisnis mampu membuat laporan statistik pesan dengan rinci, sedangkan WA biasa laporan statistik pesannya terbatas. Laporan statistik ini membuat pengguna bisa menganalisis melalui metrik aplikasi yang telah ditentukan sebelumnya.

Statistik pesan berisi jumlah pesan yang dikirim, dibaca, dan yang diterima. Fitur ini termasuk elemen penting bagi pemilik bisnis, karena mereka bisa menganalisis kinerja akun dari dasbor akunnya.

6. Konektivitas Profil

Kedua aplikasi WA ini sejatinya mendukung tautan klik untuk terhubung menggunakan kode QR atau bahkan berinteraksi melalui nomor telepon. Guna bisa terhubung menggunakan kode QR, pengguna perlu memindai kode, lalu kemudian memulai obrolan.

Setiap profil akan kode QR yang berbeda. Bedanya, hanya pemilik WA bisnis yang bisa membuat shortlink dari pengaturan akun mereka. Shortlink yang bisa dibagikan ke pelanggan ini digunakan untuk memulai percakapan antara calon pelanggan dengan akun WA bisnis.

7. Keamanan

Sebenarnya, baik WA bisnis dan WA biasa memiliki enkripsi ujung ke ujung untuk pesan. Setiap pesan sepenuhnya akan diamankan oleh suatu protokol yang tidak bisa diakses oleh pengguna pihak ketiga.

Hal ini memastikan bahwa setiap pesan yang dibagikan di kedua platform tersebut, bisa aman mencapai tujuan (penerima pesan). Di sisi lain, akun pada WA bisnis bisa mengumpulkan informasi pelanggan untuk meningkatkan pengalaman berbelanja mereka melalui layanan di WA bisnis.

Fitur Unggulan WhatsApp Business APK

Fitur Unggulan Whats App Business APK
Sumber foto: WhatsApp Business APK - Google Play

Tak lama lagi, fitur bernama WhatsApp Business Search akan hadir untuk semakin mempermudah penggunaan aplikasi ini. Fitur ini memungkinkan kamu bisa dengan mudah menjangkau atau mencari bisnis dengan skala besar yang sudah terverifikasi oleh WhatsApp dan memulai komunikasi.

Apa saja fitur WhatsApp Business update 2022 lainnya? Simak uraian di bawah ini untuk mengetahui kelebihan-kelebihan yang ditawarkan.

1. Katalog Produk

Lewat fitur ini, kamu dapat dengan mudah membagikan informasi mengenai produk yang akan ditawarkan. Katalog tersebut akan di tampilkan pada profil bisnis yang membuat proses pemesanan oleh pelanggan lebih mudah.

2. Integrasi Facebook dan Instagram

Kamu dapat mentautkan akun WhatsApp Business dengan halaman Facebook atau Profil Instagram guna menyediakan cara lain pelanggan untuk berkomunikasi. Alhasil, kamu bisa menjangkau lebih banyak pelanggan dengan integrasi media sosial.

3. Nomor Telepon (Rumah/Kantor)

Pada WhatsApp Business, kamu dapat menggunakan nomor ponsel sekaligus menambahkan nomor telepon rumah maupun kantor. Jadi, kamu dapat dengan mudah memisahkan akun bisnis dan pribadi dari nomor seluler yang digunakan untuk kepentingan personal.

4. Shortlink

Shortlink atau tautan pendek dapat digunakan untuk memulai chat. Saat pelanggan membuka tautan pendek tersebut di Whatsapp yang terpasang pada perangkat, aplikasi akan langsung membuka chat antara pelanggan dan pebisnis.

5. Verifikasi Akun Bisnis WA

Guna mengamankan akun dari seseorang yang tidak dikenal login ke akun kamu, verifikasi ini akan melindungi dari hal tersebut. Fitur ini akan mengamankan WhatsApp kamu dengan cara pendaftaran 6 digit nomor PIN.

Akhir Kata

Itulah ulasan dan link download WhatsApp Business APK terbaru yang menawarkan berbagai fitur menguntungkan buat para pelaku usaha. Selain itu, para pelanggan juga bisa lebih dimudahkan saat harus berkomunikasi atau menanyakan produk ke pebisnis.

WhatsApp Business memberi cara bagi penggunaanya, terutama para pebisnis untuk terlibat dalam pengiriman pesan dua arah dengan pelanggan mereka. Hal ini tentu membuat kedua belah pihak akan semakin nyaman dalam berkomunikasi.

Sementara buat kamu yang sedang mencari cara menggunakan WhatsApp Business Web, silakan kunjungi artikel Jaka lainnya di bawah ini. Buat kamu yang sering beraktivitas di delan layar PC, wajib tahu informasi ini!

Baca juga artikel Cara Daftar Paket Nelpon Telkomsel, Cara Root HP, atau artikel menarik lainnya dari Ilyas.

ARTIKEL TERKAIT
Aplikasi Mempercepat Jaringan 1dbf0
10 Aplikasi Mempercepat WiFi dan Jaringan Internet, Stabil & Ngebut!
Vpn Pc Terbaik 5b648
12 Aplikasi VPN PC Terbaik & Anti Blokir 2021 | Internetan Sepuasnya!
Cara Internet Gratis B6a81
Kumpulan Cara Internetan Gratis Sepuasnya Terbaru, Solusi Gak Punya Kuota!
12 Aplikasi Internet Gratis Android Terbaik 2020 Penolong Di Tanggal Tua 1b6a7
12 Aplikasi Internet Gratis untuk Semua Operator, Gak Butuh Kuota!
Aplikasi Bobol Wifi Android 2022 581d3
22 Aplikasi Pembobol WiFi Terampuh 2022 & Gratis, Bisa untuk Android + PC!
Peyimpanan Cloud Aman Banner
Benarkah Menyimpan Data di Cloud Itu Aman dan Apa Keuntungannya?
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal