J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Ketahui 15 Virus Komputer Paling Berbahaya Sepanjang Masa

Jumat, 19 Jan 2018, 09:00 WIB
Virus hingga kini masih jadi momok bagi perangkat komputer kita. Berikut ini 15 virus komputer paling berbahaya sepanjang masa.

Semakin berkembangnya teknologi, ternyata gak cuma perangkat teknologinya saja yang mengalami kemajuan. Hal yang gak kita harapkan nyatanya juga terus berkembang, salah satunya virus. Sejak pertama muncul hingga sekarang, virus selalu jadi momok bagi perangkat teknologi kita, terutama komputer.

Ngomongin soal virus, tahukah kamu mana dari sekian banyak virus yang tergolong paling mematikan? Kali ini, Jaka akan ulas mengenai 15 virus komputer paling berbahaya sepanjang masa. Apa aja? Langsung aja disimak.

BACA JUGA
  • Cara Scan dan Membasmi Virus di Komputer Tanpa Antivirus
  • 5 Jenis Virus Virtual Ini Terdeteksi Sepanjang Tahun 2017
  • 7 Virus Komputer Berbahaya yang Paling Sering Menyerang Pengguna

15 Virus Komputer Paling Berbahaya Sepanjang Masa

1. ILOVEYOU

Virus Komputer 1
Sumber foto: Gambar: ZDNet

Kata-kata manis ini ternyata bisa jadi 'pembunuh'. Ya, pernah dengar soal email dengan subyek "ILOVEYOU" ternyata berisi virus mematikan buat komputer. Email yang juga disertai attachtment alias lampiran "LOVE-LETTER-FOR-YOU.txt.vbs." berisi virus yang akan langsung menginfeksi komputer kamu setelah diklik.

2. Yankee Doodle

Virus Komputer 2
Sumber foto: Gambar: TechViral

Kali pertama muncul di tahun 1989, Yankee Doodle mulai menyerang ratusan komputer setelah sukses disebarkan. Diciptakan oleh seorang hacker asal Bulgaria, virus ini akan menginfeksi dan menjangkit seluruh file .com dan .exe yang ada di sebuah perangkat komputer.

3. Nimda

Memasuki era 2000-an, tepatnya di tahun 2001, virus bernama Nimda pertama kali muncul. Nama itu diambil dari kata "Admin" yang kemudian dibalik susunannya. Virus yang satu ini menggunakan email, folder yang dibagikan dan file transfer, serta server yang mudah dijangkit untuk menyebar. Hebatnya, virus ini mampu menyebar begitu luas hanya dalam jangka waktu 22 menit!

Norton 2016 Icon
Norton AntiVirus 2016
Apps Antivirus & Security Symantec
DOWNLOAD

4. Morris Worm

Virus Komputer 4
Sumber foto: Gambar: SlidePlayer

Robert Tappan Morris sukses menciptakan sebuah virus yang dinamai sama dengan dirinya di tahun 1988. Lulusan Cornell University itu sukses menyebar virus yang menginfeksi 10% komputer di dunia yang terhubung dengan internet! Virus Morris menyebabkan komputer jadi super lambat dan beberapa fitur jadi gak bisa digunakan.

5. Conficker

Virus Komputer 5

Virus bernama Conficker ini juga populer dengan nama lain semisal Downup, Downadup dan Kido. Virus yang satu ini akrab dan biasanya menyerang komputer dengan sistem operasi Windows. Pertama kali muncul dan teridentifikasi di tahun 2008, Conficker hingga kini telah sukses menginfeksi komputer di 190 negara berbeda!

6. Storm Worm

Virus Komputer 6
Sumber foto: Gambar: TechViral

Storm Worm pertama kali ditemukan dan teridentifikasi di tahun 2006. Menyebar melalui email, virus yang satu ini dapat dengan mudah menjangkit hanya dengan sekali klik. Dalam satu tahun peredarannya saja, Storm Worm sukses menyebar dan menjangkit 8% komputer secara global.

7. SkyNet

Virus Komputer 7
Sumber foto: Gambar: TechViral

Virus yang terinspirasi dari film? Ternyata ada lho! Virus bernama SkyNet ini ternyata terinspirasi dari film Terminator! Virus yang satu ini akan membuat komputer menjadi super lambat dan layar berubah jadi warna merah. Kadang akan muncul pesan "Don t be afraid. I am a very kind virus" yang artinya kita gak perlu khawatir karena SkyNet adalah virus yang 'baik'.

8. Zeus

Virus Komputer 8
Sumber foto: Gambar: Best Security

Sesuai namanya, virus yang satu ini bisa dibilang salah satu virus level dewa. Muncul pertama kali di tahun 20017, Zeus mulai menjangkit puluhan hingga ratusan perangkat komputer di seluruh Amerika Serikat. Zeus hingga kini diakui sebagai botnet terbesar di internet.

9. Mydoom

Virus Komputer 9
Sumber foto: Gambar: SlidePlayer

Mydoom hingga kini sudah sukses menginfeksi lebih dari satu juta perangkat komputer sejak kali pertama muncul di tahun 2004. Virus ini menyebar begitu cepat melalui email dengan menyisipkan kode khusus yang menawarkan penerimanya untuk men-download sebuah konten 'menarik'.

10. SQL Slammer

Virus Komputer 10
Sumber foto: Gambar: TechViral

Virus yang satu ini juga termasuk salah satu virus yang mampu menyebar dengan cepat. Sejak pertama muncul, SQL Slammer dikenal mampu menginfeksi sebanyak 75.000 perangkat hanya dalam waktu sepuluh menit! Hebatnya, virus yang satu ini pernah mengganggu jaringan internet di satu negara Korea Selatan selama 12 jam!

11. Code Red

Virus Komputer 11
Sumber foto: Gambar: TechViral

Virus yang satu ini pertama kali ditemukan pada tahun 2001. Hanya dalam jangka waktu enam hari, Code Red sukses menginfeksi lebih dari 359.000 perangkat komputer di seluruh dunia. Virus yang satu ini menyebar dan menginfeksi file berjenis Idq.dll pada perangkat komputer kamu.

12. Melissa

Bukan nama salah satu editor di situs teknologi ternama tanah air, Melissa adalah salah satu virus komputer paling berbahaya yang pernah menjangkit ratusan perangkat komputer di dunia. Disebar melalui email, virus ini kemudian menjelma jadi sebuah file Microsoft Word yang seketika menjangkit dan 'merusak' perangkat komputer.

13. Sasser

Virus bernama Sasser ini menargetkan perangkat komputer dengan Windows sebagai OS yang digunakan. Dari awal muncul hingga tahun 2004 saja, virus tersebut sudah menyebabkan kerugian mencapai miliaran dollar Amerika. Bisa dibayangkan berapa kerugian yang dihasilkan hingga sekarang, 'kan?

14. Stuxnet

Virus Komputer 14
Sumber foto: Gambar: The Daily Beast

Virus komputer yang satu ini tergolong masih baru. Ya, Stuxnet baru pertama kali muncul di tahun 2010. Gak seperti virus lainnya yang menyerang banyak perangkat komputer, virus ini lebih fokus untuk menginfeksi sistem komputer yang terlibat dalam perindustrian atau bisnis.

15. Cryptolocker

Virus Komputer 15

Salah satu virus yang juga menyebabkan kerugian materi super besar adalah Cryptolocker. Menurut laporan yang dibuat Rantnow, virus ini hingga sekarang telah sukses membuat kerugian senilai 3 juta dollar Amerika Serikat yang dihasilkan dari menjangkit lebih dari 500 ribu perangkat komputer.

Akhir Kata

Itulah 15 virus komputer paling berbahaya yang sudah ada sejak dulu hingga saat ini. Perangkat komputer kamu pernah terjangkit salah satu virus di atas? Kalau iya, gimana kamu mengatasinya dan gimana kondisi komputer kamu sekarang? Jangan ragu untuk bagikan pengalamanmu di kolom komentar ya.

Baca juga artikel seputar Aplikasi atau artikel menarik lainnya dari Reynaldi Manasse.

ARTIKEL TERKAIT
Cara Menghapus Virus Di Android Tanpa Antivirus

Cara Menghapus Virus di Smartphone Android Tanpa Antivirus

Tanda Android Kena Virus Banner

5 Tanda Smartphone Kena Virus, Cek Sekarang!

Virus Malvertising Pornhub

Waspada! Jutaan Penonton Pornhub Terkena Virus Berbahaya

X00014127428800

Jangan Coba-Coba! 6 Cara Membuat Virus Komputer Mematikan

Virus Android

AWAS! Inilah 14 Virus Paling BERBAHAYA untuk Semua Jenis Smartphone Android

APPS TERKAIT
Avast Terbaru Standalone Icon
Avast Free Antivirus 2.1.1286.0
Apps Avast Software
360 Security Antivirus Boost Icon
360 Security - Antivirus Boost
Apps Qihu 360 Software Co.
20121226044912_294
NOD32 AntiVirus 8.0.319.0
Apps ESET
Avira Free Antivirus Image Icon
Avira Free Antivirus 1.2.143.109
Apps Avira GmbH
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
Gak Mematikan, Ini 5 Virus Komputer Paling Aneh yang Pernah Ada

Gak Mematikan, Ini 5 Virus Komputer Paling Aneh yang Pernah Ada

12 Jenis Virus Komputer Berbahaya 2018|Bisa Kamu Buat!

12 Jenis Virus Komputer Berbahaya 2018|Bisa Kamu Buat!

Gak Berbahaya! 5 Virus Komputer Ini Malah Bermanfaat Loh

Gak Berbahaya! 5 Virus Komputer Ini Malah Bermanfaat Loh

5 Virus Berbahaya Nan Nyeleneh yang Pernah Menghebohkan Dunia!

5 Virus Berbahaya Nan Nyeleneh yang Pernah Menghebohkan Dunia!

Tags Terkait:

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal