J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

7 Virus Komputer Berbahaya yang Paling Sering Menyerang Pengguna

7 Virus Komputer Berbahaya yang Paling Sering Menyerang Pengguna

Senin, 6 Nov 2017, 10:00 WIB
Kali ini Jaka akan menjelaskan 7 virus paling umum yang sering menjangkiti komputer kita. Virus ini tentunya cukup berbahaya jika terus-menerus didiamkan.

Seperti virus yang diidap manusia, virus komputer juga bisa menjangkiti mesin kamu dengan berbagai cara. Virus tersebut tentu akan membuat sistem komputer kamu tidak dapat bekerja secara maksimal.

Beberapa virus bahkan dapat mengenkripsi data kamu, mencuri data bahkan menyebarkan virusnya ke komputer lain melaui sebuah jaringan lan.

Pada artikel kali ini, JalanTikus akan menjelaskan 7 virus paling umum yang sering menjangkiti komputer kita. Virus ini tentunya cukup berbahaya jika terus-menerus didiamkan.

BACA JUGA
  • Cara Scan dan Membasmi Virus di Komputer Tanpa Antivirus
  • 4 Virus Mematikan Ini Bisa Menyebabkan Kepunahan Manusia

Virus Komputer Berbahaya

1. Boot Sector Virus

Virus Komputer Paling Umum 1
Sumber foto: Foto: Wiki Stop

Boot sector virus merupakan salah satu virus komputer berbahaya yang sering menyerang pengguna. Tipe virus ini akan langsung menyerang ke bagian master boot record sebuah PC.

Boot Sector virus akan mengenkripsi BIOS kamu dan bisa menyebabkan komputer kamu tidak bisa masuk ke sistem operasi. Mereka cukup sulit untuk dihilangkan, kecuali jika diformat.

Virus ini menyebar melalui media penyimpanan data eksternal, seperti USB Flash Drive, hard disk, dan disket. Infeksi dari virus ini mulai menurun akibat arsitektur BIOS saat ini sudah lebih baik.

2. Direct Action Virus

Virus Komputer Paling Umum 2
Sumber foto: Foto: LinkedIn

Direct Action Virus adalah jenis virus yang biasa berkembang saat pengguna secara tidak sengaja mengunduh file mencurigakan yang berekstensi EXE atau COM.

Ketika pengguna mengeksekusi file tersebut, secara otomatis virus akan berkembang dan mencari file lain yang tersimpan di directory kamu.

Untungnya, virus tipe ini tidak akan menghapus atau menyembunyikan data kamu. Selain itu, virus ini mudah dihilangkan dengan antivirus biasa.

Cara Menghilangkan Virus Dengan Flashdisk Banner
Menghilangkan Virus dengan Flashdisk
Di zaman yang serba modern ini, tampaknya semua sudah tahu tentang flashdisk. Flashdisk memang biasa digunakan untuk menyimpan data, tapi apa kamu tahu flashdisk juga bisa dijadikan sebagai penangkal virus?
LIHAT ARTIKEL

3. Resident Virus

Virus Komputer Paling Umum 3
Sumber foto: Foto: wiseGEEK

Resident Virus adalah jenis virus yang biasa menginfeksi file. Virus ini menginstal secara otomatis di komputer pengguna. Hal ini memungkinkan virus tersebut untuk tetap bekerja meski 'induk'-nya sudah diberantas.

Untuk menghilangkan virus tipe Resident ini biasanya dibutuhkan tool-tool unik, seperti sistem operasi yang sudah di-patch atau instal ulang PC.

4. Multipartite Virus

Virus Komputer Paling Umum 4
Sumber foto: Foto: tricksandtips.club

Multipartite Virus adalah jenis virus yang bisa menginfeksi komputer dengan berbagai cara. Virus ini bisa melakukan aksi yang berbeda dalam sebuah komputer. Mereka dapat menginfeksi boot sector dan mengeksekusi file tertentu secara cepat.

Dengan banyaknya serangan yang terjadi, hal ini tentu akan membuat virus tipe ini akan sulit untuk dihilangkan. Cara terbaik yang bisa dilakukan untuk menghilangkan virus multipartite adalah dengan melakukan instal ulang dan menghapus seluruh drive.

5. Polymorphic Virus

Menurut salah satu pembuat antivirus ternama, Symnatec, Polymorphic Virus merupakan sebuah virus yang paling sulit untuk dideteksi. Polymorphic Virus akan mengubah signatures (binary pattern) setiap kali dia melakukan serangan.

Manusia Punah
Virus Penyebab Kepunahan
Virus-virus di balik penyakit tentu tidak mudah ditanggulangi. Virus-virus di bawah ini diyakini dapat menjadi faktor awal kepunahan umat manusia.
LIHAT ARTIKEL

6. Overwrite Virus

Virus Komputer Paling Umum 6
Sumber foto: Foto: PM&A Consulting

Overwrite virus merupakan tipe virus yang cukup menjengkelkan pengguna. Meski virus ini tidak menyerang langsung ke sistem operasi pengguna. Overwrite virus tersebar melalui email, sehingga sulit untuk diidentifikasi.

Virus ini akan menghapus konten di dalam file yang terinfeksi. Salah satu cara untuk menghilangkannya virus ini adalah dengan menghapus filenya. Namun saat kita hapus, tentunya file dan konten akan hilang.

7. Spacefiller Virus

Biasa dikenal sebagai 'Cavity Viruses', Spacefiller Virus merupakan virus yang cukup pintar dibanding saudara-saudara mereka. Virus ini biasanya muncul secara tiba-tiba pada drive/folder yang kosong.

Spacefiller Virus ini akan menginfeksi BIOS, sistem input/output, dan bagian lainnya pada sebuah komputer sehingga komputer tersebut tidak bisa menyala.

Spacefiller Virus agak sulit untuk dideteksi. Meski begitu, dengan kecanggihan antivirus saat ini, Spacefiller Virus dapat dibasmi dengan mudah.

Itulah 7 jenis virus komputer yang paling sering menyerang pengguna. Jika kamu tahu virus lainnya, jangan lupa share di kolom komentar.

Pastikan juga kamu membaca artikel terkait Virus atau tulisan menarik lain dari Em Yopik Rifai.

ARTIKEL TERKAIT
Kontributor Babe 4

Mau Dapat Gaji Rp 4 Juta Sebulan Di Usia 17 Tahun? Baca Nih!

Web 1200x521

A Gift, Romantis Tapi Tidak Picisan

Banner Dell Laptopgamingmurah

Merusak Harga Pasar, Dell Luncurkan Laptop Gaming Harga Murah

Kemampuan Teknologi Bikin Naik Gaji Banner

5 Kemampuan Teknologi yang Bisa Bikin Kamu Naik Gaji Tahun 2017

APPS TERKAIT
Capsa Royale Icon
Capsa Royale 3.1.1
Games 88 Entertaiment
Coc Icon Icon
Clash of Clans 13.0.31
Games Supercell
Babe Baca Berita Indonesia Icon
Babe - Baca Berita 7.6.2
Apps Mainspring
Dress Up Diary Icon
Dress Up Diary 1.3.43
Games Maingames
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal