J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • HOME
  • APPS
  • GAMES
  • TIPS & TRIK
  • GADGET
  • GOKIL
  • TECH NEWS
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
 

              Virus Shedun, Android Kamu Gak Akan Bisa Dipakai Lagi Kalau Kena Virus Ini!

              Virus Shedun, Android Kamu Gak Akan Bisa Dipakai Lagi Kalau Kena Virus Ini!

              00
              Selasa, 8 Mar 2016, 09:00 WIB
              Kali ini kamu harus super hati-hati dalam memakai Android-mu karena ada virus baru. ASLI SEREM! Android Kamu Nggak Akan Bisa Dipakai Lagi Kalau Kena Virus Ini.

              JalanTikus sudah sering menyajikan beragam artikel yang membahas virus di dalamnya. Bahkan pernah juga membahas 10 virus komputer paling berbahaya sepanjang sejarah. Tidak jauh dari virus, kali ini kamu harus super hati-hati dalam memakai Android-mu. ASLI SEREM! Virus Shedun, Shuanet, dan ShiftyBug, Android Kamu Nggak Akan Bisa Dipakai Lagi Kalau Kena Virus Ini!

              Kita sudah sering melihat malware atau virus-virus yang ada pada Android yang bisa dengan mudah mengambil foto dan video pribadi, ada yang bisa terus-terusan membuat Android kamu shutdown, bahkan ada yang bisa memata-matai perilakumu bahkan saat Android-mu tidak aktif. Apa yang lebih parah daripada hal itu?

              BACA JUGA
              • Waspada dengan Ancaman Malware yang Membuat Komputer Kamu Menjadi Zombie Ini!
              • 10 Antivirus dan Anti Malware Android Terbaik 2015

              Malware Shedun, Shuanet, dan ShiftyBug

              Dilansir dari Mashable dan blog Lookout, virus/malware temuan terbaru dari perusahaan security Lookout bisa jadi merupakan virus Android paling berbahaya dan virus terseram yang pernah kita dengar. Kamu akan dihadapkan pada kenyataan lebih baik membeli Android baru ketimbang berusaha menghapus virus ini dari Android kamu.

              virus-paling-berbahaya-1

              Lookout menemukan ada 20.000 sampel dari tiga macam malware yang bernama Shedun, Shuanet, dan ShiftyBug. Tiga malware ini berbagi banyak kode yang sama dan menggunakan taktik yang mirip untuk menginfeksi smartphone milik korbannya. Virus Android paling berbahaya ini biasanya ditemukan dari toko aplikasi pihak ketiga (third-party app store). Setelah terinstal di Android korbannya, malware ini akan me-root perangkat, menanamkan (embed) diri mereka ke system-level services, dan mengubah bentuk mereka menjadi sah atau melegitimasi diri mereka sendiri dalam aplikasi populer seperti Facebook, Candy Crush, Twitter, Snapchat, WhatsApp, dan lainnya.

              Aplikasi ini mungkin terlewat dari perhatian korbannya karena tingkat aktivitasnya yang relatif jinak. Namun sekali mereka me-repackage suatu aplikasi yang sah, malware Android ini meninggalkan fungsi utuh namun dengan menyisipkan akses root yang membuat adware dan malware lainnya dapat masuk ke perangkat korbannya. Selain itu pula, memiliki malware di system-level access smartphone adalah sesuatu yang sangat berbahaya untuk keamanan online dan privasi milik korban.

              Beli HP Baru Kalau Terlanjur Terkena Virus Shedun, Shuanet, dan ShiftyBug

              Yang paling buruk dari virus Shedun, Shuanet, dan ShiftyBug ini adalah, sekali saja kamu terinfeksi, sangat sulit untuk bisa menghapusnya. Bagi kalian yang smartphone-nya yang sudah terinfeksi virus Shedun, Shuanet, dan ShiftyBug, lebih baik kalian pergi ke toko untuk membeli satu ponsel baru, ujar Michael Bentley dalam posting-an blog Lookout.

              lookout

              Cara Menangani Virus Shedun, Shuanet, dan ShiftyBug

              worm-android
              Bentley menyarankan untuk mencari bantuan dari ahli dan professional untuk menghapus Shedun, Shuanet, dan ShiftyBug yang merupakan virus paling berbahaya di Android tersebut. Bahkan menurutnya, Factory Reset Android tidak dapat menghilangkan virus paling berbahaya di Android tersebut. Namun ada beberapa pengguna menyarankan untuk me-reflashing chip ROM dari perangkat tersebut untuk menghilangkan malware/virus paling berbahaya di Android tersebut. Masalahnya, sebagian pengguna tidak memiliki kemampuan cukup dalam hal teknis untuk melakukannya.

              Hal menarik dari ditemukannya malware ini adalah meskipun Shedun, Shuanet, dan ShiftyBug yang merupakan virus paling berbahaya di Android ini menyebar melalui toko aplikasi pihak ketiga, Lookout menemukan jumlah terbesar smartphone yang terinfeksi ada pada negara Amerika Serikat, Jerman Iran, Rusia, India, Jamaika, Sudan, Brazil, Meksiko, dan tentu saja negara kita Indonesia. Dimana penggunanya lebih banyak menginstal aplikasi dari Google Play.

              virus-paling-berbahaya-2

              Jadi, mulai sekarang lebih baik untuk menginstal aplikasi hanya dari Google Play dan JalanTikus saja. Karena meskipun JalanTikus adalah situs download aplikasi pihak ketiga, aplikasi dan game yang tersedia di sini sudah melalui serangkaian tes untuk membuktikan aplikasi tersebut aman dan bebas dari virus.

              Menurutmu sendiri bagaimana jika smartphone kamu terinfeksi virus Shedun, Shuanet, dan ShiftyBug yang merupakan malware/virus paling berbahaya di Android tersebut? Tulis komentarmu pada kolom komentar di bawah ini ya.

              APPS TERKAIT
              avast! Mobile Security and Antivirus
              Apps Avast Software
              AVG Antivirus Security - FREE for Android
              Apps AVG Technologies
              360 Security - Antivirus Boost
              Apps Qihu 360 Software Co.
              Smart Booster 6.5
              Apps
              Komentar
              BERIKAN KOMENTAR
              Langganan Artikel
              Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!