J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Urutan Film X-Men dari Awal Hingga Akhir Terlengkap, Biar Gak Bingung!

Urutan Film X-Men dari Awal Hingga Akhir Terlengkap, Biar Gak Bingung!

Rabu, 20 Mei 2020, 21:00 WIB
Bingung ngikutin urutan film X-Men yang bener gimana? Tenang, artikel Jaka kali ini akan membahas urutan film X-Men dari awal hingga akhir secara rinci.

Buat kalian yang baru nonton film X-Men, atau para penggemar beratnya sekalipun terkadang bakal ngerasa kesulitan buat merangkai urutan film X-Men yang benar.

Franchise film yang satu ini memang melibatkan time travel yang menyebabkan alur masa depan menjadi berubah dan franchise ini terbagi menjadi 2 timeline yang berbeda.

Buat bikin pengalaman nonton kamu jadi lebih bermakna lagi dan jauh dari kata bingung, Jaka sudah mempersiapkan urutan nonton film X-Men berdasarkan alur cerita buat kamu semua.

Urutan Film X-Men dari Awal Hingga Akhir

Sebelum mebahas urutan nonton film X-Men lebih jauh, perlu diingat bahwa timeline film ini terbagi menjadi 3 bagian yaitu bagian awal, timeline cabang A, dan timeline cabang B.

Timeline awal adalah timeline yang tidak terpengaruh oleh perjalanan Wolverine ke masa lalu atau film-film yang settingnya sebelum X-Men: Days of Future Past.

Setelah film X-Men: Days of Future Past, urutan film X-Men terbagi dua berdasarkan keputusan Mystiqu untuk membunuh Dr. Tarsk atau tidak.

Maka dari itu, Jaka membagi artikel ini menjadi 3 bagian sesuai dengan alur cerita yang terjadi yaitu fase awal, timeline A (ketika Mystique membunuh Tarsk), dan timeline B (ketika Mustique tidak membunuh Tarsk).

Fase Awal Urutan Nonton Film X-Men

Ada dua film yang Jaka masukkan ke fase awal yaitu X-Men: First Class dan juga X-Men: Days of Future Past.

Sebetulnya X-Men: Days of Future Past terbagi menjadi 2 bagian dan juga tergolong ke dalam 2 timeline yang berbeda. Untuk membuat jadi lebih sederhana, Jaka golongkan ke fase awal saja.

Penjelasan selngkapnya akan Jaka bahas di filmnya itu sendiri, dan berikut ini lah 2 film X-Men yang tergolong ke dalam fase awal.

1. X-Men: First Class (2011)

Film superhero yang satu ini bercerita mengenai awal mula terbentuknya sekolah mutant yang dibentuk oleh Professor X dan juga Magneto.

Di film ini kalian akan mengerti kenapa Professor X dan magneto menjadi frenemies, dan sejauh mana ideologi mereka berdua bersebrangan.

X-Men: First Class merupakan film pertama dalam urutan film X-Men berdasarkan alur cerita, dan masa ini tidak terpengaruh oleh time travel di film selanjutnya.

Judul X-Men: First Class
Tayang 3 Juni 2011
Durasi 2 jam 11 menit
Produksi Marvel Entertainment, The Donners' Company, dkk
Sutradara Matthew Vaughn
Cast James McAvoy, Michael Fassbender, Jennifer Lawrence, dkk
Genre Aksi, petualangan, Sci-Fi
Rating 7.7/10 (IMDb.com)

2. X-Men: Days of Future Past (2014)

Film yang satu ini adalah film yang bertanggungjawab akan kerumitan urutan film X-Men karena prinsip time travel yang diusungnya.

Ada 1 event kunci di film ini yaitu pilihan Mystique untuk membunuh Tarsk atau tidak. Jika Mystique membunuhnya maka di masa depan kelompok Sentinels akan memburu mutant hingga punah seperti di awal film.

Sebaliknya, ketika Mystique tidak membunuh Tarsk, timeline akan berubah ke era Apocalypse dan Dark Phoenix. Cuplikan akhir film ini pun memperlihatkan masa depan berbeda dengan di awal film.

Setelah film ini, timeline franchise X-Men akan terbagi dua dan film-film selanjutnya akan tergolong ke dalam 1 timeline saja.

Judul X-Men: Days of Future Past
Tayang 23 mei 2014
Durasi 2 jam 12 menit
Produksi Marvel Entertainment, TSG Entertainment, dkk
Sutradara Bryan Singer
Cast Patrick Stewart, Ian McKellen, Hugh Jackman, dkk
Genre Aksi, petualangan, Sci-Fi
Rating 8/10 (IMDb.com)

Timeline A (Original X-Men Timeline)

Timeline pertama yang akan Jaka bahas adalah timeline di mana Mystique memutuskan untuk membunuh Dr. Tarsk (Peter Dinklage).

Karena ulahnya ini, Mystique ditangkap dan pemerintah mendapatkan DNA miliknya dan mengembangkan robot Sentinel berdasarkan DNA-nya.

Sentinel memiliki kekuatan untuk meniru kekuatan mutan yang mereka temui, membuatnya menjadi makhluk yang mustahil untuk dikalahkan.

Berdasarkan kejadian ini, berikut ini urutan nonton film X-Men yang tergolong ke dalam timeline A yang berujung ke masa depan di awal film X-Men: Days of Future Past.

1. X-Men Origins: Wolverine (2009), Urutan Nonton Film X-Men Pertama Timeline A

Film yang satu ini bercerita mengenai awal mula tokoh legendaris X-Men, Wolverine, dalam mendapatkan cakar Adamantium miliknya.

X-Men Wolverine Origin menitik beratkan kepada rivalitas Wolverine dan kakaknya Sabertooth, dan bagaimana pasukan khusus amerika mencoba untuk masuk ke dalam konflik mereka berdua.

Film aksi ini dibuat dengan cukup baik dengan berbagai adegan pertarungan yang diselipkan ke dalamnya, meskipun akhir ceritanya sedikit membingungkan.

Judul X-Men Origins: Wolverine
Tayang 1 Mei 2009
Durasi 1 jam 47 menit
Produksi Marvel Entertainment, The Donners' Company, dkk
Sutradara Gavin Hood
Cast Hugh Jackman, Liev Schreiber, Ryan Reynolds, dkk
Genre Aksi, petualangan, Sci-Fi
Rating 6.6/10 (IMDb.com)

2. X-Men (2000)

Urutan film X-Men selanjtnya di timeline A adalah X-Men (2000). Film pertama yang menjadi pelopor franchise film superhero ini cukup menuai sensasi ketika dirilis.

Film ini bercerita mengenai konflik di antara dua kelompok mutan dengan ideologi berbeda yang dipimpin oleh Professor X dan rivalnya Magneto.

Film Sci-Fi ini berhasil membawa penonton untuk menikmati film superhero dewasa yang dibumbui oleh drama ideologi dan prinsip hidup.

Judul X-Men
Tayang 14 Juli 2000
Durasi 1 jam 44 menit
Produksi Marvel Entertainment Group, The Donners' Company, dkk
Sutradara Bryan Singer
Cast Patrick Stewart, Hugh Jackman, Ian McKellen, dkk
Genre Aksi, petualangan, Sci-Fi
Rating 7.4/10 (IMDb.com)

3. X2: X-Men United (2003)

Menitikberatkan pada perjuangan mutant untuk bertahan hidup, X-Men United membawa konflik yang lebih berkembang dari film pertamanya.

Series film X-Men ini menunjukkan bagaimana kelompok yang dipimpin oleh Professor X dan Magneto berjuang dengan jalan yang berbeda untuk hak hidup mereka.

Kalian akan disuguhi dengan jalan cerita yang menarik dan juga adegan aksi menawan di sepanjang film ini.

Judul X2: X-Men United
Tayang 2 Mei 2003
Durasi 2 jam 14 menit
Produksi Marvel Enterprises, The Donners' Company, dkk
Sutradara Bryan Singer
Cast Patrick Stewart, Hugh Jackman, Ian McKellen, dkk
Genre Aksi, Sci-Fi, Thriller
Rating 7.4/10 (IMDb.com)

Lanjutan Urutan Film X-Men Timeline A

4. X-Men: The Last Stand (2006)

Urutan film X-Men ketiga dari trilogi film X-Men original ini bercerita mengenai Jean Grey yang hilang kendali dan mulai berubah menjadi seperti dark Phoenix.

Di tengah kesulitan ini, para mutant yang tergabung ke dalam kelompok X-Men juga harus bertarung menghadapi pemerintah yang masih mendiskriminasi para mutan.

Di film ini kamu akan melihat perang akhir berskala besar di antara kelompok mutant pimpinan Professor X, Magneto, dan juga pasukan pemerintah.

Judul X-Men: The Last Stand
Tayang 2 Mei 2006
Durasi 1 jam 44 menit
Produksi Marvel Entertainment, The Donners' Company, dkk
Sutradara Brett Ratner
Cast Patrick Stewart, Hugh Jackman, Ian McKellen, dkk
Genre Aksi, Petualangan, Sci-Fi
Rating 6.7/10 (IMDb.com)

5. The Wolverine (2013)

Film aksi ini sebetulnya tergolong ke dalam filler dalam urutan film X-Men. The Wolverine bercerita mengenai petualangan Logan di negeri Sakura.

Logan bertemu dengan prajurit Jepang yang dia selamatkan ketika masa perang dunia kedua dulu, dan prajurit ini menawarkan Logan cara untuk mengakhiri keabadian yang dimilikinya.

Meskipun tergolong filler, film ini masih dipenuhi dengan berbagai aksi menawan dan jalan cerita yang layak untuk kamu simak sebagai hiburan di akhir pekan.

Film ini menjadi film terakhir di timeline A sebelum adegan awal di film X-Men: Days of Future Past di mana mutant diserang habis-habisan oleh robot Sentinel.

Judul The Wolverine
Tayang 26 Juli 2013
Durasi 2 jam 6 menit
Produksi Marvel Entertainment, The Donners' Company, dkk
Sutradara James Mangold
Cast Hugh Jackman, Will Yun Lee, Tao Okamoto, dkk
Genre Aksi, Petualangan, Sci-Fi
Rating 6.7/10 (IMDb.com)

Timeline B (New X-Men Timeline)

Timeline B atau timeline baru ini merupakan masa depan yang berubah berkat keberhasilan Logan dalam mencegah Mystique dalam membunuh Dr. Tarsk.

Satu kejadian ini mengubah berjalannya masa depan, dan otomatis urutan nonton film X-Men pun berubah ke timeline yang baru ini.

Berikut ini beberapa film yang tergolong ke dalam timeline B di mana robot Sentinel tidak jadi dibuat dan masa depan para Mutant masih menjadi misteri.

1. X-Men: Apocalypse (2016)

Urutan nonton film X-Men pertama di timeline B ini mengenai mutant pertama yang muncul di muka bumi dengan kekuatan yang luar biasa yaitu, Apocalypse.

Film ini kembali ke masa awal tim X-Men dibentuk dan para anggotanya masih kesulitan untuk mengendalikan kekuatan yang mereka punya.

Dengan keterbatasan ini, mereka harus berjuang melawan makhluk dengan kekuatan luar biasa yang belum pernah mereka temui sebelumnya.

Judul X-Men: Apocalypse
Tayang 27 Mei 2016
Durasi 2 jam 24 menit
Produksi Marvel Entertainment, TSG Entertainment, dkk
Sutradara Bryan Singer
Cast James McAvoy, Michael Fassbender, Jennifer Lawrence, dkk
Genre Aksi, Petualangan, Sci-Fi
Rating 6.7/10 (IMDb.com)

2. Xmen: Dark Phoenix (2019)

Apa jadinya kalau mutant terkuat di dunia kehilangan kendali? Premis ini yang coba diangkat dalam seri film X-Men terbaru X-Men: Dark Phoenix.

Di film ini para anggota X-Men diliputi dilema mengenai apa yang harus mereka lakukan untuk menghadapi Jean Grey yang lepas kendali.

Akankah para X-Men bertarung menghadapai Jean, atau berusaha menyadarkannya kembali? Tonton sendiri ya gimana akhirnya.

Judul X-Men: Dark Phoenix
Tayang 7 Juni 2019
Durasi 1 jam 53 menit
Produksi 20th Century Fox, Marvel Entertainment, dkk
Sutradara Simon Kinberg
Cast James McAvoy, Michael Fassbender, Jennifer Lawrence, dkk
Genre Aksi, Petualangan, Sci-Fi
Rating 5.8/10 (IMDb.com)

3. Deadpool (2016)

Urutan film X-Men selanjutnya di timeline B adalah film superhero dewasa Deadpool. Film yang dibintangi oleh Ryan Reynolds ini sukses besar ketika dirilis di pasaran.

Deadpool menggabungkan unsur komedi dan kekerasan dengan sangat brilian di film ini, dan karakter antihero ini seketika langsung menjadi idola baru.

Deadpool memang tidak secara langsung bersinggunagn dengan anggota utama X-Men, tetapi film ini masih merupakan bagian dari seri X-Men.

Judul Deadpool
Tayang 12 Februari 2016
Durasi 1 jam 48 menit
Produksi 20th Century Fox, Marvel Entertainment, dkk
Sutradara Tim Miller
Cast Ryan Reynolds, Morena Baccarin, T.J. Miller, dkk
Genre Aksi, Petualangan, Komedi
Rating 8/10 (IMDb.com)

Lanjutan Urutan Film X-Men Timeline B

4. Deadpool 2 (2018)

Masih bercerita mengenai sosok antihero super kocak, Deadpool 2 mencoba untuk mengusung cerita yang lebih serius denagn balutan aksi dan komedi.

Lagi-lagi usaha Ryan Reynold dan kawan-kawan membuahkan hasil yang menggembirakan, Deadpool 2 berhasil meraih pendapatan hingga 758 juta USD.

Meskipun unsur X-Men hanya ditampilkan sedikit, film ini masih wajib diikutsertakan ke dalam urutan film X-Men dari awal hingga akhir.

Judul Deadpool 2
Tayang 18 mei 2018
Durasi 1 jam 59 menit
Produksi 20th Century Fox, Marvel Entertainment, dkk
Sutradara David Leitch
Cast Ryan Reynolds, Josh Brolin, Morena Baccarin, dkk
Genre Aksi, Petualangan, Komedi
Rating 7.7/10 (IMDb.com)

5. Logan (2017)

Urutan film X-Men terakhir di timeline B adalah Logan yang dirilis pada tahun 2017. Di film ini kamu akan melihat aksi Wolverine dan Professor X yang sudah beranjak usia.

Terlebih lagi, kamu akan menyaksikan bagaimana jadinya jika Wolverine mengambil peran sebagai seorang ayah yang harus melindungi anak perempuannya.

Bukan cuma aksi, di film ini kamu juga akan disuguhi cerita yang menyentuh yang jarang ditampilkan di franchise film superhero.

Judul Logan
Tayang 3 Maret 2017
Durasi 2 jam 17 menit
Produksi 20th Century Fox, Marvel Entertainment, dkk
Sutradara James Mangold
Cast Hugh Jackman, Patrick Stewart, Dafne Keen, dkk
Genre Aksi, Drama, Sci-Fi
Rating 8.1/10 (IMDb.com)

Akhir Kata

Itu dia urutan film X-Men dari awal hingga akhir yang bisa kamu jadikan referensi ketika mau menonton ulang.

Franchise film superhero yang satu ini memang sedikit membingungkan ketimbang film superhero lainnya, tetapi kulaitasnya masih bisa diperhitungkan.

Semoga informasi yang Jaka bagikan kali ini bermanfaat untuk kalian semuanya, dan sampai jumpa lagi di artikel-artikel selanjutnya.

Baca juga artikel seputar Film atau artikel menarik lainnya dari Restu Wibowo.

ARTIKEL TERKAIT
Page 098f8

12 Film Action Terbaru dan Terbaik di Tahun 2020, Penuh Aksi Gila!

29 Film Action Terbaik Sepanjang Masa Penuh Adegan Mendebarkan Bb449

29 Film Action Terbaik Sepanjang Masa | Penuh Adegan Mendebarkan!

Film Romantis Indonesia 0c9c0

20 Daftar Film Romantis Indonesia Terbaik & Terbaru 2020, Awas Baper!

Film Barat Terbaru C7e42

17 Film Barat Terbaru dan Terbaik di Tahun 2020, Wajib Nonton!

Cameo Paling Mengejutkan Banner 434ca

7 Cameo Paling Mengejutkan di Film Hollywood, No. 6 Gak Nyangka Banget!

Banner C7b97

7 Artis Hollywood yang Merendahkan Film Marvel, Kesal Karena Gak Diajak Main?

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
7 Plot Hole Paling Konyol di Film X-Men, Pasti Kamu Gak Nyadar!

7 Plot Hole Paling Konyol di Film X-Men, Pasti Kamu Gak Nyadar!

28 Film Action Terbaik Sepanjang Masa | Penuh Adegan Mendebarkan!

28 Film Action Terbaik Sepanjang Masa | Penuh Adegan Mendebarkan!

7 Istilah Film yang Harus Kamu Tahu! Ini Bedanya Sekuel, Prekuel, Spin-Off, dll

7 Istilah Film yang Harus Kamu Tahu! Ini Bedanya Sekuel, Prekuel, Spin-Off, dll

Belum Rilis, 7 Sekuel Film Ini Sudah Diprediksi Bakal Mengecewakan

Belum Rilis, 7 Sekuel Film Ini Sudah Diprediksi Bakal Mengecewakan

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal