Tips Menghindari Serangan Keylogger

Default

Mungkin ada diantara kalian yang sudah paham apa itu Keylogger, tetapi ada juga yang masing asing dengan istilah tersebut. Keylogger merupakan sebuah software yang sengaja dibuat untuk merekam aktivitas keyboard user.

Mungkin kalian ingin bertanya, lalu apa yang bahaya? Dengan kemampuan merekam aktivitas keyboard, Keylogger dapat digunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab untuk melakukan kejahatan. Software ini dapat mengenali form sensitif seperti form password, intinya pelaku bisa mengetahui password email, jejaring sosial, dan sebagainya menggunakan Keylogger.

Tips Menghindari Serangan Keylogger

Tentunya kalian tidak ingin kecolongan bukan? Apalagi di email kalian terdapat banyak data penting serta akun transaksi online, kalian bisa sangat dirugikan oleh tangan jahil yang menggunakan Keylogger. Tetapi kalian tidak perlu khawatir, ada beberapa cara sederhana untuk menghindari Keylogger.

Kali ini JalanTikus akan memberikan tips menghindari serangan Keylogger.

Gunakan password dengan karakter spesial Yang dimaksud dengan karakter spesial adalah &, @, #, $, %, dan sebagainya. Jika kalian menggunakan karakter spesial seperti itu, biasanya pelaku akan kesulitan untuk mendapatkan password kalian. Karena biasanya Keylogger mengabaikan karakter kata seperti itu, sehingga si pemasang Keylogger tidak akan mendapatkan password kalian yang sebenarnya.

Persiapkan password di notepad Ketika kalian akan melakukan aktivitas internet menggunakan komputer lain (bukan komputer atau laptop pribadi) seperti warnet, kantor, dan sebagainya. Akan sangat baik apabila kalian mempersiapkan password di rumah dengan cara menuliskannya di sebuah notepad kemudian menyimpannya di usb atau tempat lain yang menurut kalian aman. Setelah itu jika ingin memasukan password, kalian tinggal copy paste saja. Karena Keylogger hanya bisa membaca password bedasarkan ketikan di keyboard.

Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal