J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • HOME
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
 

              9 Langkah Mudah untuk Hasilkan Foto Keren Menggunakan iPhone

              9 Langkah Mudah untuk Hasilkan Foto Keren Menggunakan iPhone

              00
              Sabtu, 22 Okt 2016, 11:00 WIB
              Kamera iPhone memang canggih dan mampu menghasilkan foto yang keren. Tapi, foto yang dihasilkan akan lebih keren lagi jika kamu melakukan tips-tips mengambil kamera di iPhone berikut.

              Saat membeli smartphone, saat ini kamera menjadi salah satu spesifikasi yang wajib untuk diperhatikan. Bukan hanya di smartphone Android, iPhone sekalipun pasti dinilai oleh konsumen dari segi kualitas kameranya. Apalagi iPhone hanya keluar setahun sekali.

              Tidak ada yang meragukan kualitas kamera iPhone. Apalagi setelah keluar iPhone 7, kamera smartphone besutan Apple ini semakin canggih saja. Tapi meski canggih, kamu harus tahu cara memaksimalkan kamera iPhone agar hasil fotonya semakin keren.

              BACA JUGA
              • 7 Alasan Kenapa iPhone Lebih Cocok untuk Cewek Ketimbang Cowok
              • 4 Alasan Kenapa Kamera iPhone 7 Terlihat Semakin Canggih
              • Memori Full? Begini Cara Menghemat Memori Internal iPhone 16GB

              Tips Menggunakan Kamera iPhone

              Apple akhirnya berinovasi menghadirkan fitur dual kamera pada iPhone 7 Plus. Dengan teknologi dual kamera yang dibawanya, kamera iPhone 7 Plus akan memungkinkan kamu untuk melakukan digital zoom hingga 10x sehingga semakin keren saat digunakan memotret berbagai objek.

              Cara Mengambil Foto Keren Dengan Iphone 10

              Tapi kamu nggak harus membeli iPhone 7 kok kalo mau hasilkan foto keren. Kamu bisa coba tips-tips berikut untuk menghasilkan foto keren di iPhone:

              1. Aktifkan Grid Saat Mengambil Foto

              Bukan tidak mungkin kamu berpikir bahwa keberadaan Grid pada aplikasi kamera sangat mengganggu pemandangan. Padahal, Grid ini sangat bermanfaat untuk memudahkan kamu dalam mendapatkan Point of View yang lebih baik dengan menempatkan objek pada sisi yang lebih simetris. Saat memotret dengan bantuan Grid, pastikan kamu meletakkan objek di pojok frame agar mampu menghasilkan komposisi foto yang lebih kaya.

              Cara Mengambil Foto Keren Dengan Iphone 6

              Untuk mengaktifkan Grid di iPhone, kamu bisa mencobanya lewat menu Setting - Photos & Camera, selanjutnya cari Grid.

              2. Jangan Zoom, Tapi Mendekat!

              Cara Mengambil Foto Keren Dengan Iphone 2

              Kamera iPhone 7 Plus barangkali sudah canggih karena bisa melakukan digital zoom hingga 10 kali dan melakukan 2 kali optical zoom. Tapi, ada baiknya kamu tidak menggunakan fitur zoom untuk membuat objek terlihat dekat. Karena dampak dari zoom akan membuat foto penuh noise. Untuk menghindarinya, coba mendekat ke objek tersebut jika memang ingin memiliki foto yang objeknya dekat.

              3. Hindari Penggunaan Flash

              Cara Mengambil Foto Keren Dengan Iphone 3

              Jangan sering-sering mengambil foto menggunakan bantuan flash. Meski bisa membantu sebagai bahan penerangan di tempat yang minim cahaya, namun penggunaan flash juga akan membuat akurasi warna di foto jadi berkurang. Bahkan ada kalanya flash malah membuat foto jadi over saturated walau di iPhone 7 sekalipun yang telah menggunakan dual-tone LED flash. Makanya, hanya gunakan flash jika memang perlu saja. Dan lagi mau ngapain kan ngambil foto saat ruangan gelap?

              4. Bereksperimen dengan Mode Manual

              Cara Mengambil Foto Keren Dengan Iphone 9

              Bukan hanya di smartphone Android, smartphone kelas atas seperti iPhone pun memiliki mode manual untuk mengontrol kamera selayaknya fotografer profesional yang menggunakan kamera DSLR. Menggunakan mode manual memang agak sedikit sulit karena kamu harus mengatur ISO, brightness, kontras, white balance dan kontrol lainnya secara independen. Namun, hasil jepretan mode manual akan lebih baik daripada mode Auto karena akan menyesuaikan dengan kebutuhan lingkungan kamu saat mengambil gambar.

              5. Pilih Mode Fokus yang Tepat

              Tahukah kamu? Di iPhone, terdapat 3 pilihan mode fokus, yaitu Autofocus, Tap to Focus dan Manual Focus. Nah, masing-masing fokus ini memiliki fungsi yang berbeda. Jadi, jangan asal pake mode fokus sembarangan saat mengambil foto.

              Cara Mengambil Foto Keren Dengan Iphone
              • Autofocus: Cocok untuk mengambil gambar dengan latar yang luas. Misal saat mengambil foto pemandangan.
              • Tap to Focus: Kamu bisa dengan leluasa menentukan titik mana yang ingin kamu fokuskan gambarnya. Sambil mencari titik fokus, maka kamu akan dipandu juga untuk mendapatkan eksposure yang tepat.
              • Manual Focus: Cocok untuk mengambil foto close up karena fokus jenis ini akan memberikan tuning yang baik pada foto.

              6. Jangan Ragu Gunakan Mode HDR

              Karena canggih, kamera iPhone sudah dibekali dengan fitur Auto Suggestion. Fitur ini memungkinkan kamera iPhone untuk menawarkan mode yang tepat saat berada di kondisi tertentu. Seperti saat berada di tempat dengan cahaya gelap dan terang yang ekstrem, kamera iPhone akan menyarankan penggunaan mode HDR.

              Cara Mengambil Foto Keren Dengan Iphone 7

              Jangan ragu untuk menggunakan mode HDR di iPhone. Pasalnya, mode HDR di iPhone akan membantu kamu mendapatkan hasil foto yang berkualitas. Hal ini karena mode HDR bekerja dengan menggabungkan 3 eksposure yang meliputi gelap, normal dan terang. Hasilnya, sudah tentu foto kamu akan dibuat lebih netral dan artistik walau berada di lingkungan dengan pencahayaan yang ekstrem.

              7. Jangan Ragu Gunakan Aplikasi Kamera Pihak Ketiga

              Cara Mengambil Foto Keren Dengan Iphone 8

              Aplikasi kamera bawaan iPhone memang sudah dibekali dengan fitur yang berlimpah dan keren. Tapi, tidak ada salahnya bereksperimen dengan aplikasi kamera lain untuk mendapatkan hasil foto yang lebih maksimal. Adapun aplikasi kamera terbaik yang bisa dicoba di iPhone adalah PROCAM untuk mencoba fitur Anti-Shaking dan Face Detection, atau VSCO Cam untuk memudahkan kamu menerapkan beragam filter di foto yang kamu edit.

              Vsco Icon
              VSCO Cam 3.5
              Apps Photo & Imaging Visual Supply Co
              DOWNLOAD

              8. Earphone Sebagai Shutter

              Cara Mengambil Foto Keren Dengan Iphone 5

              Untuk kamu pengguna iPhone 5 hingga iPhone 6s, kamu bisa dengan mudah menggunakan earphone untuk menjadi shutter tambahan. Ini sangat berguna bagi kamu saat akan mengambil foto tapi tanganmu tidak sampai. Nah, caranya cukup hubungkan earphone ke iPhone, lalu tekan tombol volume di kabel earphone deh sebagai shutter.

              9. Simpan Foto di iCloud

              Jangan hanya fokus untuk mendapatkan foto yang keren dengan kamera iPhone, tapi kamu juga harus memperhatikan mau disimpan di mana fotonya. Jangan semua foto disimpan di memori internal, bisa-bisa bikin memori iPhone kamu penuh. Mending beberapa foto kamu sempatkan simpan di iCloud. Memang akan boros kuota, tapi setidaknya iPhone dengan memori 16GB kamu akan jadi lebih hemat.

              Jadi, siapa bilang pake kamera iPhone itu cukup langsung pake aja udah bisa hasilkan foto keren? Nggak salah sih, tapi akan lebih keren dan leluasa ke depannya jika kamu mau melakukan sedikit pengaturan untuk membuat hasil foto di iPhone semakin keren.

              APPS TERKAIT
              Vsco Icon
              VSCO Cam 3.5
              Apps Visual Supply Co
              Camera360 Icon Small Icon
              Camera360 Ultimate
              Apps PINGUO Inc
              Manual Camera Icon
              Manual Camera 3.5
              Apps Geeky Devs Studio
              Az Camera Manual Pro Cam Icon
              AZ Camera - Manual Pro Cam 2.2
              Apps Hecorat Camera

              Keluar dari JalanTikus

              Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

              Ya
              Batal