J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Awas Kena Hack Kayak Habib Rizieq! Lakukan 7 Hal Ini Biar Aman

Awas Kena Hack Kayak Habib Rizieq! Lakukan 7 Hal Ini Biar Aman

Rabu, 1 Feb 2017, 07:00 WIB
Kamu gak mau kan akun sosial media kamu dihack seperti Mark Zuckerberg? Makanya baca yuk cara mengamankan akun sosial media kamu disini.

Indonesia tengah diramaikan dengan beredarnya screenshot isi chat WhatsApp Habib Rizieq dan Firza Husein. Kabarnya, screenshot itu didapat dari hasil hack Anonymous terhadap smartphonenya.

Belum diketahui kebenaran dari screenshot yang beredar itu atau hanya sekedar hoax. Namun, hal ini tetap harus menjadi perhatian. Kamu yakin akun media sosial dan chatting milikmu aman?

BACA JUGA
  • Mau Password ANTI HACKER? Ini 7 Langkah Mudah Membuatnya!
  • HEBOH! Akun Media Sosial Mark Zuckerberg Berhasil di-Hack!
  • BAHAYA! Lakukan 13 Hal Ini Pada Facebook Kamu Agar Aman

Tips Mengamankan Akun Sosial Media

Tips Amankan Aplikasi Chatting

Sebelum kasus Habib Rizieq dan Firza Husein, kasus hacking Mark Zuckerberg juga sempat ramai. Bahkan_hacker_ yang meretas Twitter Katty Perry menulis tweet tidak enak kepada Taylor Swift. Serem kan?

Biar akun kamu aman, coba lakukan hal-hal berikut:

1. Jangan Sembarangan Konek WiFi

Terhubungan dengan jaringan WiFi memang jadi cara tepat untuk hemat kuota. Tapi, tidak semua koneksi WiFi itu aman. Salah-salah, malah isi percakapan dan data penting di smartphone kamu bisa dicuri hacker! Jadi, jangan asal konek WiFi di tempat umum ya.

Bahaya Wifi Hotel 4
Jangan Asal Konek WiFi!
Nginep di hotel memang nyaman, apalagi kalo hotel tersebut menyediakan koneksi WiFi yang kenceng. Tapi hati-hati loh, jangan asal konek ke WiFi hotel kalo nggak mau kena hacker!
LIHAT ARTIKEL

2. Buat Password Minimal 12 Karakter

Menurut OurMine Team, password Mark Zuckerberg untuk beberapa akun sosial medianya adalah "dadada". Ini menunjukan bahwa sekelas CEO Facebook pun masih menggunakan password yang mudah untuk diretas. Apa kamu juga menggunakan password ringan seperti itu?

Cara Mengamankan Akun Sosial Media 2

Luangkan waktu untuk membuat pasword yang panjang agar kuat. Buatlah password minimal 12 karakter. Oh iya, kamu bisa baca daftar 1000 Password Paling 'Pasaran' di 2016 untuk jadi patokan agar tidak menggunakannya sebagai password akun sosial mediamu.

3. Gunakan Kombinasi Karakter Khusus

Selain hanya 6 karakter huruf, password "dadada" yang digunakan oleh akun Twitter lama Mark Zuckerberg mudah di-hack karena tidak diselingi karakter khusus. Tanpa adanya karakter khusus di password sosial media kamu, hacker bisa menggunakan cara "Dictionary Attack" atau menggunakan kata-kata di kamus untuk meretas password milikmu.

Cara Mengamankan Akun Sosial Media 3

Makanya coba gunakan kombinasi huruf upper case dan lower case, angka, dan karakter khusus seperti @, %, ^, &, atau ***** untuk membuat password yang kuat dan anti hacker. Jika bingung bagaimana cara membuat password yang anti hacker, kamu bisa gunakan bantuan aplikasi atau web password generator.

4. Beda Akun, Beda Password

Cara Mengamankan Akun Sosial Media 1

Jangan gunakan password yang sama untuk beberapa akun sosial media kamu. Satu akun sosial media atau email, satu password khusus. Kamu juga gak nyaman kan kalo di rumah ada 1 kunci yang bisa membuka semua pintu kamarmu?

Steller Icon
Steller 1.0.0
Apps Social & Messaging Mombo Labs, Inc.
DOWNLOAD
Facebook Logo 3e2fc
Facebook 259.0.0.36.115
Apps Social & Messaging Facebook, Inc.
DOWNLOAD

5. Jangan Gunakan Nama dan Tanggal Lahir Sebagai Password

Haram hukumnya bagi kamu menyimpan tanggal lahir lengkap di Facebook atau akun sosial media kamu, lalu menggunakannya sebagai password. Karena ini tentu akan memudahkan hacker meretas akun sosial media milikmu. Plus, jangan pernah gunakan nama pacar atau nama siapapun sebagai password. Haram!

6. Gunakan Password Manager

Bagi kebanyakan orang, menggunakan password yang sama untuk berbagai sosial media itu tujuannya agar mudah diingat. Jika memang kamu adalah pengguna yang mudah lupa jika harus mengingat banyak password, coba gunakan bantuan aplikasi password manager seperti Dashlane atau Lastpass.

Cara Mengamankan Akun Sosial Media 4

Dashlane, LastPass, dan aplikasi password manager lainnya akan memudahkan kamu dalam mengelola banyak password. Dengan bantuan Dashlane, setiap kali kamu hendak login sosial media, kamu gak perlu lagi ribet-ribet masukan password secara manual.

Dashlane Password Manager Icon
Dashlane Password Manager 4.1.0.1074
Apps Productivity Dashlane
DOWNLOAD
Lastpass Password Manager Icon
LastPass Password Manager 4.0.28
Apps Antivirus & Security LastPass
DOWNLOAD

7. Selalu Hapus Cache

Cara Mengamankan Akun Sosial Media 5

Saat berada di depan komputer, chatting dan menggunakan media sosial lebih seru pake komputer bukan? Agar password akun sosial media dan aplikasi chatting kamu selalu aman, selalu hapus cache browser kamu setelah selesai menggunakannya. Karena banyak hacker yang memanfaatkan cache dan cookie browser untuk meretas akun sosial media pengguna browser.

Itu dia hal-hal yang bisa kamu lakukan untuk mengamankan semua akun dan aplikasi chatting kamu. Gak mau kan kalo tiba-tiba ada postingan aneh beredar di sosial media seperti isi percakapan Habib Rizieq dan Firza Husein? Serem!

ARTIKEL TERKAIT
Tips Jadi Fotografer Handal 7

5 Rahasia Untuk Jadi Fotografer Handal Dengan Smartphone

Cara Membalas Notifikasi Chat Di Android Banner

Cara Mudah Membalas Notifikasi Chat di Android Langsung dari Status Bar

Hacker Cantik 7

Ini Dia 10 Hacker Cantik yang Memukau Dunia

Tags Terkait:

APPS TERKAIT
Dashlane Password Manager Icon
Dashlane Password Manager 4.1.0.1074
Apps Dashlane
Lastpass Password Manager Icon
LastPass Password Manager 4.0.28
Apps LastPass
Facebook Logo 3e2fc
Facebook 259.0.0.36.115
Apps Facebook, Inc.
Whatsapp Icon
WhatsApp Messenger 2.20.64
Apps WhatsApp Inc.
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal