J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • HOME
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
 

              6 Tips Memilih HP Untuk Gaming, Gak Perlu RAM 8GB!

              6 Tips Memilih HP Untuk Gaming, Gak Perlu RAM 8GB!

              00
              Selasa, 9 Jul 2019, 12:00 WIB
              Memilih HP untuk bermain game tidak boleh sembarangan. Kamu harus memerhatikan sejumlah hal yang akan berpengaruh terhadap pengalaman bermain. Apa saja? Simak selengkapnya berikut ini!

              Apakah kamu sedang mencari HP yang cocok untuk gaming?

              Bermain game di HP sudah biasa dilakukan oleh para remaja saat ini, apalagi dengan banyaknya game online gratis yang seru untuk dimainkan. Namun, kamu membutuhkan HP yang mumpuni untuk bisa lancar bermain game.

              Jika kamu menggunakan HP yang tidak mendukung gaming, maka akan ada banyak risiko yang didapat seperti lag dan HP panas. Memilih HP yang cocok untuk gaming pun tidak boleh sembarangan.

              Nah, berikut adalah tips untuk memilih HP gaming yang cocok untuk kamu. Yuk, simak selengkapnya berikut ini!

              Tips Memilih HP Gaming yang Benar, Bermain Jadi Semakin Seru

              Bermain game di HP sudah dilakukan sejak lama, seperti permainan Snake yang ada dalam HP jadul Nokia.

              Seiring berkembangnya teknologi HP, game juga ikut berkembang dari segi kualitas sehingga mampu bersaing dengan konsol. Bahkan, banyak game yang berasal dari konsol, dikembangkan pula dalam versi mobile.

              Kualitas game mobile sangat bervariasi. Mulai dari game ringan, hingga game berat yang memiliki grafis realistis. Untuk bermain game seperti ini, kamu membutuhkan perangkat yang mumpuni.

              Sama seperti merakit PC, kamu harus memerhatikan sejumlah hardware untuk proses menjalankan game. Semakin berat game yang ingin dimainkan, maka hardware yang dibutuhkan pun harus semakin baik.

              Berikut tips memilih HP untuk gaming dari Jaka, kamu dapat menyesuaikannya dengan kebutuhan gaming yang dimainkan:

              1. Prosesor Mumpuni

              Tips Memilih HP Untuk Gaming 1 A3690

              Pertama yang harus kamu perhatikan saat memilih HP gaming adalah prosesor. Hardware ini yang akan memproses game mulai dari membuka game hingga saat bermain sekalipun.

              Prosesor dalam HP berbeda dengan PC, karena dalam sebuah prosesor HP terdapat CPU dan GPU. Saat ini, prosesor terbaik yang dapat kamu temukan dalam segmen smartphone Android adalah Qualcomm Snapdragon 855.

              Dengan menggunakan prosesor yang kuat, maka permainan akan diproses dengan lebih cepat. Hal ini memengaruhi grafis serta efek game saat kamu bermain.

              Prosesor yang Jaka rekomendasikan adalah Qualcomm Snapdragon seri 8, Kirin seri 9, ataupun Exynos seri 9. Tipe prosesor ini umumnya digunakan dalam HP flagship.

              Namun, kamu juga bisa menemukan prosesor ini di HP murah berkualitas seperti Pocophone.

              Dengan menggunakan prosesor yang mumpuni seperti contoh di atas, seharusnya pengalaman bermain kamu akan semakin menyenangkan. Namun, jangan lupa dengan kapasitas RAM.

              Prosesor yang baik tanpa kapasitas RAM yang besar akan memengaruhi kualitas game. Mengapa bisa demikian?

              2. RAM

              Tips Memilih HP Untuk Gaming 2 C33b8

              RAM atau Random Access Memory merupakan sebuah perangkat keras untuk menyimpan data sementara. Tiap aplikasi yang berjalan membutuhkan 'ruang' dalam RAM.

              Sama halnya dengan game yang membutuhkan ruang dalam RAM, jika RAM penuh maka game akan berjalan dengan sangat lambat. Sering kali membuat permainan menjadi lag.

              Maka penting untuk kamu memerhatikan besar RAM pada HP. Saat ini, HP dengan RAM 2GB sudah terlalu kecil untuk digunakan bermain game.

              Hal ini disebabkan karena sistem HP membutuhkan sejumlah ruang dalam RAM untuk menjalankan OS dan berbagai fiturnya. Terkadang ada HP yang memiliki RAM 4GB, tapi penuh dengan sistem.

              Maka, semakin besar RAM yang digunakan, semakin banyak aplikasi atau game yang dapat kamu jalankan. Jaka menyarankan untuk memilih HP dengan RAM 4GB untuk gaming.

              Jika kamu mendapat RAM dengan kapasitas yang lebih maka akan lebih baik.

              3. Layar yang Sesuai

              Tips Memilih HP Untuk Gaming 3 64b59

              Selanjutnya adalah layar yang pas di tangan dan rasio yang mendukung banyak game. HP kekinian banyak yang menggunakan layar lebih dari 5 inci dengan rasio 18:9.

              Semakin besar layar HP, maka seharusnya semakin baik pengalaman bermain kamu. Namun, jangan sampai kamu memilih layar yang terlalu besar dan membuat kamu susah menggenggam HP saat bermain.

              Jaka sendiri merekomendasikan layar 5 hingga 5,5 inci untuk bermain game. Layar yang lebih kecil akan membuatmu sulit melihat detail gambar, apalagi jika digunakan untuk main game battle royale.

              Rasio layar pun berpengaruh dalam pengalaman bermain, idealnya kamu menggunakan layar 18:9 yang sudah umum didukung oleh banyak game.

              Jika kamu menggunakan rasio layar yang tidak umum, seperti 19:9 pada Samsung S10, maka beberapa game akan terpotong pada sisi kiri dan kanan.

              4. Fitur Pendingin yang Baik

              Tips Memilih HP Untuk Gaming 4 78a51

              Fitur pendingin jarang diperhatikan oleh orang saat memilih HP untuk gaming. Padahal, jika HP terlalu panas maka akan memengaruhi performa dan memperpendek nyawa perangkat.

              Fitur pendingin untuk HP saat ini sudah canggih, geng. Kamu bisa menemukan sejumlah HP dengan sistem liquid cooling, seperti pada Black Shark dan Asus ROG.

              Maka, pilih HP yang dikenal baik dalam segi temperatur saat bermain game. Hindari HP yang sering dikeluhkan karena panas yang berlebih.

              5. Baterai Besar

              Tips Memilih HP Untuk Gaming 5 4e456

              Bermain game menggunakan HP sangat berbeda dengan bermain di PC atau konsol. Kamu harus memerhatikan sisa baterai pada HP saat bermain game.

              Jangan membiasakan bermain sambil mengisi baterai, hal ini akan membuat HP menjadi sangat panas dan berisiko. Maka, kamu harus mengandalkan HP dengan baterai besar untuk bermain game.

              Tren kapasitas baterai HP saat ini sudah mencapai angka di atas 3000mAh. Namun, jumlah ini kurang cukup untuk bermain game dalam jangka yang panjang.

              Setidaknya, pilih baterai pada kisaran 4000mAh. Kamu dapat bermain game dengan waktu yang cukup lama, tanpa harus menghabiskan seluruh baterai HP.

              6. Memiliki Fitur Gaming

              Tips Memilih HP Untuk Gaming 6 7fe4d

              Terakhir adalah fitur gaming seperti gamepad yang dapat membuat pengalaman bermain kamu semakin nyaman. Fitur ini bisa kamu dapatkan dari berbagai HP khusus gaming.

              Bahkan ada yang memberikan aksesoris tambahan saat kamu membeli HP gaming. Walaupun, kamu bisa membeli aksesoris serupa dari pihak ketiga.

              Maka, memilih HP yang dirancang khusus untuk bermain game bisa menjadi nilai tambah untuk kamu.

              Akhir Kata

              Itu dia tips memilih HP yang cocok untuk gaming, sehingga pengalaman bermain kamu menjadi semakin seru tanpa terganggu.

              Tuliskan pendapat kamu di kolom komentar, ya. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

              Baca juga artikel seputar HP gaming atau artikel menarik lainnya dari Daniel Cahyadi.

              Keluar dari JalanTikus

              Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

              Ya
              Batal