J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

7 Tips Berfoto Saat Liburan yang Membuat Liburanmu Makin Seru

7 Tips Berfoto Saat Liburan yang Membuat Liburanmu Makin Seru

Selasa, 11 Apr 2017, 21:00 WIB
Maka dari itu Jaka akan bagikan cara atau tips berfoto saat liburan, sehingga membuat liburan kamu makin seru dan mengasyikan.

Saat liburan, tentunya kita ingin menghasilkan foto yang 'apik' sebagai kenang-kenangan. Apalagi jika destinasi yang dituju memang terkenal punya pemandangan yang 'luar biasa' indahnya.

Sayangnya kebanyakan hasil foto yang kita ambil cenderung tidak memuaskan, bahkan tidak bagus. Apalagi, jika kita tidak memiliki kemampuan fotografi yang memadai dan hanya mengandalkan smartphone. Maka dari itu Jaka akan bagikan cara atau tips berfoto saat liburan, sehingga membuat liburan kamu makin seru dan mengasyikan.

BACA JUGA
  • 30 Smartphone Android dengan Kamera Terbaik 2016
  • 15+ Tips dan Trik Fotografi Profesional Menggunakan Kamera Smartphone
  • 5 Rahasia Untuk Jadi Fotografer Handal dengan Smartphone

7 Tips Foto Saat Liburan Supaya Makin Seru!

Jangan bersedih, berikut adalah sejumlah tips untuk mengambil foto yang bagus saat liburan dengan smartphone. Supaya liburan kamu makin seru karena ada momen-momen yang mungkin suatu saat dapat kamu ingat kembali. Ini loh perbedaan professional fotografer memotret dengan kita sebagai orang awam.

1. Cari Tempat yang Bagus dan Nikmati

Cari Tempat Yang Bagus Dan Nikmati

Liburan sih, tapi bukan berarti kamu bisa bermalas-malasan. Pacu diri kamu untuk bangun lebih awal untuk menghindari ramainya orang dan carilah tempat bagus yang ingin kamu potret.

Kesalahan yang paling umum yang dilakukan oleh fotografer amatir adalah mengambil foto dengan cepat dan sebanyak-banyaknya, lalu memilih yang terbaik di rumah. Namun, cara terbaik untuk menghasilkan foto bagus adalah dengan melakukan yang sebaliknya.

Nikmatilah dan perhatikan dengan baik obyek yang akan difoto. Lalu menunggu sampai mendapat momen yang tak terduga, barulah mulai membidiknya.

2. Ingat Komposisi Rule of Thirds

Ingat Komposisi Rule Of Thirds

Jika view maupun tempat yang dipilih sudah bagus. Selanjutnya yang harus kamu perhatikan adalah komposisi, ingatlah gunakan komposisi Rule of Thirds. Jika kamu ingin foto yang dihasilkan senatural mungkin, kamu nggak selalu bisa menempatkan objek foto di tengah frame.

Nah cara terbaik untuk mendapatkan komposisi foto yang sedap dipandang adalah dengan sering berlatih. Cobalah sering-sering hunting bareng, agar feeling dan insting juga akan terlatih. Sehingga bisa memberikan sentuhan karakter kita ke dalam komposisi foto tersebut.

3. Pikirkan Latar Belakang

Pikirkan Latar Belakang

Ketika kamu ingin mengambil foto landscape. Selain komposisi kamu juga harus memperhatikan tentang unsur-unsur yang berbeda di belakang.

Yakni backgroud, middleground, dan foreground. Ada banyak fungsi foreground, fungsinya antara lain memperkuat sense of depth atau sense of distanse, dan sense of scale sehingga kesan 3 dimensi akan muncul.

Foreground merupakan elemen yang dibutuhkan untuk membuat komposisi nampak dinamis. Hal ini karena kesan perspektif, dimana benda yang lebih dekat akan nampak besar dan benda lebih jauh akan nampak kecil.

4. Pakai Mode Manual

Pakai Mode Manual

Untuk mendapatkan foto liburan yang berkualitas tentu kita butuh menggunakan mode manual, baik itu pada smartphone maupun kamera mirrorles atau DSLR.

Jangan berharap mendapatkan foto yang baik ketika memakai kamera dengan tidak memahami fungsinya dengan baik dan benar. Mulai dari pengaturan ISO, Shutter Speed, Eksposur, White Balance, dan Fokus Manual.

Cara Expert Menggunakan Mode Manual Di Kamera Smartphone
Cara Expert Menggunakan Mode Manual di Kamera Smartphone
Pada kondisi tertentu mode otomatis pada kamera smartphone tidak mampu menghasilkan foto sesuai harapan kita. Beruntung, sekarang sudah mulai banyak smartphone yang punya mode kamera manual. Begini cara menggunakan mode manual smartphone
LIHAT ARTIKEL

5. Momen yang Tak Terduga

Momen Yang Tak Terduga

Semua sudah kamu pahami, faktor selanjutnya yang menentukan foto liburan berkualitas adalah menunggu momen-momen terbaik atau tak terduga. Seperti terbit atau tenggelamnya matahari, hingga musim atau cuaca tertentu juga harus diperhatikan.

6. Foto Close-up

Foto Close Up

Terkadang kita tidak bisa menghidari turis di tempat liburan. Jika banyak turis di lokasi wisata dan kita tidak ingin ada mereka di foto kita, kamu bisa mengambil gambar close-up. Yakni berada sedekat mungkin dengan obyek dan fokus terhadapnya.

7. Edit Foto

Edit Foto

Wajar jika ada ada foto yang bagus dan ada juga yang tidak. Kamu bisa perbesar dengan melakukan zoom untuk mengeceknya. Namun, hal penting dari foto liburan adalah gambar tersebut nantinya bisa membangkitkan kenangan kita saat di sana.

Jadi, kalau tidak suka dengan gambar tersebut. Lebih baik backup saja, ke cloud storage dan nggak harus kamu hapus. Tentu saja, edit foto sebelum share ke media sosial. Sebelumnya, Jaka sudah pernah bahas cara edit foto menggunakan Adobe Photoshop Express.

Begini Cara Edit Foto Menakjubkan Dengan Adobe Photoshop Express
Inilah Cara Edit Foto Menakjubkan dengan Adobe Photoshop Express
Jika kamu ingin jadi fotografer profesional, kamu harus bisa menguasai bagaimana cara edit foto dengan Adobe Photoshop Express. Dibutuhkan waktu yang lama
LIHAT ARTIKEL

Akhir Kata

Itulah tips berfoto saat liburan yang membuat liburan kamu makin seru dan mengasyikkan. Tapi, jangan terlalu terpaku untuk menghasilkan foto yang sangat bagus ketika berwisata. Yang paling penting adalah menikmati liburan kamu, dan kebersamaan dengan teman lainnya. Bagaimana pendapat kamu?

Baca juga artikel seputar Kamera atau tulisan dari Lukman Azis lainnya.

ARTIKEL TERKAIT
Nvidia Titan Xp Gpu Paling Powerful Di Dunia Harga 16 Juta

Nvidia Titan Xp, GPU Paling Powerful di Dunia. Harga 16 Juta!

Cara Menjadi Beta Tester Android

Inilah Alasan Kenapa Harus Menjadi Beta Tester Android di Play Store

1 Dari 4 Pengguna Smartphone Ingin Pacaran Dengan Asisten Digital Kamu

1 Dari 4 Pengguna Smartphone Ingin Pacaran dengan Asisten Digital, Kamu?

Aplikasi Edit Foto Banner 08061

10 Aplikasi Edit Foto Jadi Bokeh dan Blur di Android, Gak Perlu Kamera DSLR!

Aplikasi Android Untuk Melacak Seseorang Cfe41

20 Aplikasi untuk Melacak Keberadaan Seseorang dan Caranya

APPS TERKAIT
Capsa Royale Icon
Capsa Royale 3.1.1
Games 88 Entertaiment
Jalantikus Icon
JalanTikus 2.5.2
Apps JalanTikus.com
Babe Baca Berita Indonesia Icon
Babe - Baca Berita 7.6.2
Apps Mainspring
Dress Up Diary Icon
Dress Up Diary 1.3.43
Games Maingames
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
6 Cara Mudah Untuk Menghasilkan Foto Keren dengan Smartphone

6 Cara Mudah Untuk Menghasilkan Foto Keren dengan Smartphone

7 Cara Foto Bokeh di HP Android Modal 1 Kamera Doang!

7 Cara Foto Bokeh di HP Android Modal 1 Kamera Doang!

7 Tips dan Trik Fotografi Profesional Menggunakan Kamera Smartphone

7 Tips dan Trik Fotografi Profesional Menggunakan Kamera Smartphone

Bukan Sulap Bukan Sihir! Ini Cara Edit Banyak Foto Sekaligus

Bukan Sulap Bukan Sihir! Ini Cara Edit Banyak Foto Sekaligus

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal