J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Tips Cerdas Sebelum Membeli Smartphone Bekas

Senin, 19 Agt 2013, 09:00 WIB
Kali ini JalanTikus akan memberikan tips cerdas sebelum membeli smartphone bekas.

Karena berbagai faktor yang ada, mungkin membeli smartphone bekas merupakan pilihan bagi beberapa orang. Namun membeli smartphone bekas memang memiliki banyak resiko, tidak seperti membeli smartphone baru.

Maka dari itu kalian harus berhati-hati ketika ingin membeli smartphone bekas, karena kalau tidak, kalian bisa menyesal di kemudian hari. Kita tidak akan pernah tau kebiasaan pengguna smartphone tersebut dan juga apa saja yang sudah pernah terjadi pada ponsel bekas yang ingin kalian beli.

Kali ini JalanTikus akan memberikan tips cerdas sebelum membeli smartphone bekas.

Meneliti kondisi fisik

Tips Cerdas Sebelum Membeli Smartphone Bekas

Ini merupakan hal yang hampir semua orang lakukan, yaitu meneliti fisik smartphone bekas yang ingin dibeli. Amatilah bagian casing, layar, keyboard, dan lensa kamera. Amati secara teliti, jangan sampai ketika sudah membelinya, kalian baru menyadari apabila ada goresan yang mengganggu.

Memeriksa kamera

Tips Cerdas Sebelum Membeli Smartphone Bekas 1

Beberapa kamera pada smartphone rentan terhadap kerusakan, jadi periksalah dengan baik. Coba mengambil beberapa gambar, kemudian lihat hasil dari jepretan kalian tersebut.

Memeriksa keyboard atau layar sentuh

Tips Cerdas Sebelum Membeli Smartphone Bekas 2

Untuk ponsel yang menggunakan keyboard, pastikan semua fungsi keyboard berjalan dengan baik, dan tidak ada tombol yang dirasa keras atau susah ditekan. Sedangkan untuk layar sentuh, sebaiknya kalian mencoba semua titik sentuh pada layar smartphone tersebut, pastikan semua berjalan dengan normal.

Stiker indikator air

Tips Cerdas Sebelum Membeli Smartphone Bekas 3

Ini bisa dibilang cukup penting, kalian pastinya tidak ingin jika smartphone bekas yang ingin kalian beli sudah pernah tercebur ke dalam air. Periksa stiker indikator air yang biasanya terletak di sisi dalam tempat baterai. Apabila stiker tersebut berwarna putih, berarti smartphone tersebut belum pernah terkena air. Tetapi jika berwarna merah, sebaiknya kalian mencari yang lain.

Memeriksa nomor seri

Tips Cerdas Sebelum Membeli Smartphone Bekas 4

Nomor seri atau yang biasa disebut dengan IMEI juga harus kalian perhatikan, samakan nomor seri smartphone tersebut dengan nomor seri yang tertera di dus smartphone. Kalau nomer seri tersebut berbeda, bisa saja ponsel tersebut adalah ponsel curian atau barang manipulasi.

Kelengkapan perangkat

Tips Cerdas Sebelum Membeli Smartphone Bekas 5

Kelengkapan dari smartphone yang ingin kalian beli juga bisa dibilang cukup penting. Periksa kelengkapan charger, kabel data, memory card, manual book, CD driver, handsfree, dan beberapa aksesoris lain (tergantung dari smartphone). Semakin lengkap dan original kelengkapan perangkat tersebut semakin bagus, karena berpengaruh saat kalian ingin menjualnya nanti.

Harga smartphone

Tips Cerdas Sebelum Membeli Smartphone Bekas 6

Sebelum membeli smartphone yang kalian inginkan, pastikan kalian sudah mengetahui harga pasar akan ponsel tersebut. Karena biasanya penjual suka memberi harga terlalu tinggi, pastikan kalian mengeluarkan uang yang sesuai dengan harga smartphone tersebut.

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
[Tips] Jangan Melakukan 3 Hal ini pada Smartphone yang Basah

[Tips] Jangan Melakukan 3 Hal ini pada Smartphone yang Basah

Tips Cerdas Beli Smartphone

Tips Cerdas Beli Smartphone

Phonebloks dan Project Ara dari Motorolla Membuat Smartphone Rakitan

Phonebloks dan Project Ara dari Motorolla Membuat Smartphone Rakitan

Tips Memberi Perlindungan untuk Ponsel Kesayangan

Tips Memberi Perlindungan untuk Ponsel Kesayangan

Tags Terkait:

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal