J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

ANTI Boros! 10 Tips Ampuh Hemat Kuota Internet di Smartphone

ANTI Boros! 10 Tips Ampuh Hemat Kuota Internet di Smartphone

Senin, 16 Jul 2018, 12:00 WIB
Nah, buat kamu yang merasa kuota internet terlalu sering habis sementara kamu nggak bisa terus-terusan membelinya dan nggak bisa pula hidup tanpa internet, yuk simak ulasan Jaka berikut ini.

Sebagai pengguna internet, kuota sudah menjadi layaknya kebutuhan yang harus selalu terpenuhi. Seseorang yang aktif menggunakan internet biasanya nggak akan tahan jika kehabisan kuota data. Bahkan, smartphone secanggih apapun seolah-olah nggak ada gunanya jika tanpa kuota.

Semakin banyaknya aktivitas yang dilakukan dengan internet, maka semakin besar pula kebutuhan kuota seseorang. Akan tetapi, biaya yang harus dikeluarkan untuk membeli kuota tentu nggak sedikit. Beberapa provider bahkan mematok harga yang cukup mahal. Karena itu, sebagai pengguna internet, kita harus pandai-pandai berhemat kuota agar nggak perlu sering-sering membelinya.

Nah, buat kamu yang merasa kuota internet terlalu sering habis sementara kamu nggak bisa terus-terusan membelinya dan nggak bisa pula hidup tanpa internet, yuk simak ulasan Jaka berikut ini. Jaka akan kasih tahu kamu 10 tips ampuh menghemat kuota internet. Check this out!

BACA JUGA
  • Pakai 7 Hero Ini Untuk Curi Lord di Mobile Legends, Dijamin Auto Win!
  • Wajib Pakai! 5 Hero Tank Terbaik Mobile Legend Season 8
  • 5 Hero Counter Martis, Fighter Paling Rusuh di Mobile Legends!

10 Tips Menghemat Kuota Internet

1. Pilih Browser yang Tidak Boros

Browser Wars 2016 9a282

Internetan nggak akan jauh-jauh dari yang namanya browser. Kamu pasti sering menggunakan browser baik untuk searching, download dan lain-lain. Nah, untuk menghemat kuota data kamu, pastikan kamu memilih browser yang hemat alias nggak boros.

Sebagai rekomendasi, kamu bisa instal Firefox Rocket, Opera Mini, Google Chrome, CM Browser atau Dolphin Browser. Nggak cuma hemat, browser tersebut juga ringan dan nggak bikin smartphone jadi lambat.

2. Deteksi Aplikasi yang Boros Kuota

Snapchat 2480959 960 720 0fd49

Kuota yang boros bisa jadi disebabkan oleh aplikasi-aplikasi tertentu yang nggak kamu sadari ternyata menyedot data secara diam-diam. Untuk mengantisipasi, kamu harus tahu aplikasi apa saja yang bikin kuota boros. Jika sudah tahu, kamu bisa segera menindaklanjuti.

Untuk mendeteksi aplikasi yang boros kuota, kamu bisa melakukannya dengan membuka menu Setting - Penggunaan Data - Penggunaan Aplikasi. Akan terlihat aplikasi apa saja yang paling boros kuota, nah kamu bisa segera mematikannya.

3. Matikan Update Otomatis di Playstore

Nexus2cee Default Google Play Hero Since We Dont Have One 1 F049f

Play Store pasti ada di semua smartphone Android. Kamu juga pasti sering menggunakan Play Store untuk download berbagai aplikasi yang kamu inginkan. Play Store sering kali melakukan update otomatis terhadap aplikasi yang kita instal. Ketika sebuah aplikasi membutuhkan update, maka Play Store akan melakukannya secara otomatis saat data dihidupkan.

Untuk menghindari update otomatis di Play Store, kamu bisa melakukannya dengan membuka Play Store, masuk ke menu Setelan lalu klik Update aplikasi secara otomatis dan pilih Jangan update aplikasi secara otomatis. Atau kamu bisa pilih Update aplikasi secara otomatis hanya melalui WiFi.

4. Aktifkan Peringatan Penggunaan Kuota

Peringatan Batas Penggunaan Data Android 4972b

Biasanya jika sudah menggunakan internet, kita suka lupa atau bahkan nggak tahu sudah berapa banyak kuota yang kita gunakan. Nah, supaya nggak kelewatan, kamu bisa mengaktifkan peringatan penggunaan kuota. Ini berguna agar ketika penggunaan kuota kamu sudah mencapai batas yang kamu tentukan, akan muncul peringatan di smartphone.

Caranya, buka Setting - Jaringan & Internet - Penggunaan Data - Penggunaan Data Seluler - Peringatan Data lalu masukkan jumlah kuota data yang kamu inginkan. Misalnya, kamu ingin diperingatkan saat penggunaan kuota kamu mencapai 1GB, maka ketik angka 1 GB. Nah, dengan begini kamu bisa langsung menghentikan penggunaan jika sudah mencapai batas yang kamu tentukan sendiri.

Lanjut ke Halaman Selanjutnya
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal