J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Tips Agar Kinerja Android Lebih Cepat

Tips Agar Kinerja Android Lebih Cepat

Kamis, 29 Agt 2013, 13:56 WIB
Tips Agar Kinerja Ponsel Android Lebih Cepat dengan melakukan beberapa pengaturan mudah yang berpengaruh banyak pada performa Android.

Semakin lama digunakan, mungkin kamu merasa perangkat Android kamu menjadi lebih lambat dibandingkan saat pertama kamu beli. Android menjadi lag, seperti saat berpindah antar program dan lainnya.

Jalan Tikus punya Tips Agar Kinerja Android Lebih Cepat.

Uninstall atau Disable Apps yang Tidak Digunakan

Tips%20Agar%20Kinerja%20Ponsel%20Android%20Lebih%20Cepat 1
Perangkat Android kamu memiliki kapasitas penyimpanan internal terbatas dan apabila kapasitas semakin penuh, maka kinerja Android akan berkurang sehingga menjadi lebih lambat. Untuk mengurangi pemakaian kapasitas penyimpanan internal, maka kamu perlu menghapus apps yang tidak terpakai, memindahkan file multimedia ke kartu memori atau ke cloud storage seperti DropBox atau Google Drive.

Lakukan uninstall program melalui Settings > App dan kemudian pilih Apps apa yang ingin kamu hapus. Apps bawaan dari vendor biasanya tidak dapat dihapus (disebut bloatware) sehingga yang bisa kamu lakukan adalah menon-aktifkannya/ disable.

Apabila kapasitas kartu memori kamu masih cukup besar, maka kamu bisa juga memindahkan apps ke microSD Card. Buka Settings > Apps >Move to SD card pada apps yang kamu tentukan.

Bersihkan Cache Apps Data cache dapat menumpuk dari waktu ke waktu dan pada akhirnya akan mempengaruhi performa perangkat Android kamu secara keseluruhan. Kamu bisa menghapus data cache melalui menu Apps, namun kamu juga bisa menggunakan berbagai apps yang tersedia di Google Play Store untuk menjalankannya secara otomatis. Beberapa apps pembersih yang populer adalah App Cache Cleaner dan Clean Master yang bisa kamu download secara gratis.

Batasi Widget dan Live Wallpaper

Tips Agar Kinerja Ponsel Android Lebih Cepat 2
Sebagian dari kamu mungkin senang menggunakan widget pada perangkat Android kamu. Widget memang berguna dengan berbagai fiturnya yang membantu pengguna Android, namun perlu diketahui bahwa menggunakan widget dapat mengurangi daya baterai dan memperlambat perangkat Android kamu.

Kurangi penggunaan widget, terutama yang terhubung dengan data seperti Facebook, untuk mengurangi beban Android kamu. Hapus widget dari home screen dengan tekan lama pada widget yang ingin kamu hapus dan drag ke bagian atas layar.

Fitur keren lainnya adalah pilihan untuk menggunakan live wallpaper sebagai background. Seperti widget, fitur ini dapat mengurangi kecepatan Android kamu dan mengurangi daya baterai secara signifikan. Ganti wallpaper dengan tekan lama pada layar Android di home screen.

Disable Animation Terdapat pengaturan tersembunyi yang bisa kamu akses di perangkat Android melalui Settings > About Phone > tap Build Number sebanyak 7 kali. Sekarang, kamu bisa mengakses pilihan developer yang memungkinkan kamu untuk melakukan pengaturan yang dapat berpengaruh pada kinerja perangkat Android kamu.

Tips Agar Kinerja Ponsel Android Lebih Cepat 3 Developer%20options
Lakukan tweak dengan mematikan fitur animasi dari sistem operasi. Buka Settings > Developer options > Drawing option. Selanjutnya, matikan Window animation scale, Transition animation scale, dan Animator duration scale. Pilihan ini akan menonaktifkan animasi yang muncul ketika kamu membuka, tutup atau berpindah anatr aplikasi. Meski dari segi tampilan tidak terlihat keren, namun bakal mengurangi lag.

Update Software Vendor perangkat Android secara berkala merilis update software secara resmi. Pastikan kamu menggunakan firmware terbaru yang biasanya dilengkapi dengan update keamanan, perbaikan bug dan sebagainya yang secara keseluruhan akan meningkatkan kestabilan performa Android kamu. Periksa versi Android kamu melalui Settings > About Phone > System Updates.

Rooting, ROMing dsb Tidak jarang dari kamu pengguna Android yang berani ambil resiko melakukan rooting untuk dapat menggunakan berbagai fitur dan meningkatkan performa perangkat kamu. Rooting memungkinkan kamu untuk melakukan overclock processor, install custom ROM dan sebagainya. Namun, hal ini juga menyebabkan kamu kehilangan garansi resmi dan bisa jadi menyebabkan kerusakan permanen pada perangkat Android kamu.

Like Facebook Page, Follow Twitter atau add Instagram JalanTikus untuk terus mendapatkan informasi terbaru seputar teknologi dan download software terbaru untuk PC dan Apps Android dengan Gratis, Aman dan Cepat.

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
7 Cara Memperbaiki Android yang Lambat

7 Cara Memperbaiki Android yang Lambat

5 Custom ROM Android Terpopuler 2013

5 Custom ROM Android Terpopuler 2013

Cara Cepat Menemukan Smartphone Android yang Hilang

Cara Cepat Menemukan Smartphone Android yang Hilang

4 Tips untuk Pengguna Android yang Masih Pemula

4 Tips untuk Pengguna Android yang Masih Pemula

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal