J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Tentang Fitur SMS yang Kini Berusia 25 Tahun! Segera Punah?

Tentang Fitur SMS yang Kini Berusia 25 Tahun! Segera Punah?

Selasa, 5 Des 2017, 20:00 WIB
Berumur seperempat abad alias 25 tahun, fitur SMS ternyata masih digunakan hingga kini. Artikel ini akan mengulas seputar sejarah, hal unik dan masa depan SMS.

Jika kamu termasuk generasi yang merasakan handphone atau telepon genggam keluaran pertama, tentu kamu tahu salah satu dari dua fitur utama handphone pada saat itu adalah melakukan/menerima panggilan dan berkirim pesan singkat.

Fitur yang terakhir disebut kita kenal dengan Short Message Service (SMS). Ya. Fitur tersebut memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan menerima hingga berbalas-balasan pesan singkat menggunakan handphone dengan biaya atau tarif tertentu yang kemudian dibayarkan menggunakan pulsa.

Di era awal beredarnya handphone, fitur yang satu ini sangat didewakan para penggunanya karena dirasa sebagai fitur yang membuat proses pertukaran pesan jadi sangat mudah dan praktis. Ngomongin soal fitur SMS, tahukah kamu jika sejak era handphone pertama hingga kini, fitur yang satu ini sudah berusia seperempat abad alias 25 tahun?

BACA JUGA
  • 8 Rekomendasi Aplikasi SMS Terbaik 2019 | Fiturnya Secanggih WhatsApp!
  • Cara Mengendalikan Android dari Jarak Jauh dengan SMS
  • Cara Kirim SMS Online Gratis ke Semua Operator Terbaru 2020

Tentang Fitur SMS yang Kini Berusia 25 Tahun! Segera Punah?

Tentang Fitur Sms
Sumber foto: Sumber: Text Local

Fitur SMS gak terasa sudah genap berusia 25 tahun. Usia yang buat sebagian orang adalah usia matang untuk membina bahtera rumah tangga alias menikah. Sepanjang 25 tahun terakhir, terutama buat kamu yang akrab dengan fitur ini sejak awal hingga sekarang, fitur SMS nyatanya masih bisa eksis dan digunakan para pengguna handphone (kini smartphone).

Jadi untuk memperingati 25 tahun usianya, kali ini Jaka akan mengulik sedikit tentang sejarah fitur SMS, hal-hal unik yang pernah ada seputar SMS, hingga masa depan fitur yang sering dinilai kalah saing dengan berbagai aplikasi chatting ini.

Sejarah SMS

Sejarah Sms

SMS pertama kali dikirim pada tanggal 3 Desember 1992. SMS tersebut tercatat atas nama Neil Papworth, yang merupakan seorang karyawan perusahaan bernama Vodafone GSM network. Sebenarnya, SMS pertama itu bukanlah SMS yang dikirimkan antara handphone. Papworth saat itu mengirimkan pesan teks dari komputer ke sebuah telepon kabel bernama Orbitel 901.

Barulah setelahnya, perusahaan tersebut kemudian mengembangkan SMS agar dapat diterima oleh jaringan GSM dan juga dilakukan melalu handphone. Barulah pada tahun 1993, SMS akhirnya dapat dikomersilkan dan berkembang pesat untuk digunakan oleh masyarakat pengguna handphone.

Dalam perkembangannya, fitur SMS mendapat beberapa bahkan banyak perubahan semisal jaringan yang semakin luas, karakter huruf yang makin beragam hingga batasan jumlah karakter dalam satu SMS yang semakin banyak. Hingga di usianya yang sudah menyentuh angka 25, fitur SMS kini bisa dibilang nyaris menyerupai chat.

Era SMS 'Alay'

Sms Alay
Sumber foto: Sumber: Pinterest

Ngomongin soal jumlah karakter SMS yang terbatas dulu, rasanya kita gak bisa melupakan satu era di mana para pengguna handphone yang tergolong maniak SMS (di Indonesia) menggunakan bahasa-bahasa aneh nan sulit dimengerti. Bahasa yang kemudian populer dengan bahasa atau gaya penulisan alay itu sempat populer dan dilakukan nyaris seluruh pengguna handphone.

Dengan dalih agar jumlah karakter jadi lebih irit, jiwa-jiwa 'kreatif' tersebut kemudian mengubah susunan kata ke dalam versi mereka yang terkadang bikin pembacanya pusing kepala. Gaya SMS seperti digabungnya huruf besar dan kecil, mencampurkan angka dan huruf dalam sebuah kata, hingga penggunaan tanda yang diluar fungsi aslinya tentu bikin si penerima SMS frustrasi.

Bahkan, di Indonesia sendiri sempat beberapa kali mengadakan kompetisi SMS dengan bahasa 'alay'. Bukan mencari siapa yang tercepat atau siapa yang mampu mengirim SMS dengan tepat, SMS dengan konten yang makin aneh dan sulit terbaca malah dijadikan pemenang kebanyakan kompoetisi fitur yang satu ini.

Bertahan atau Punah?

Masa Depan Sms
Sumber foto: Sumber: MPSSOFT

Di usianya yang sudah 25 tahun, banyak yang mempertanyakan kegunaan SMS pada saat ini di mana mayoritas orang sudah bergantung pada ragam aplikasi chatting yang dirasa kebih cepat, praktis dan murah. Fitur SMS dirasa terlalu jadul, lambat dan lebih mahal karena harus membayar setiap pesan yang dikirimkan.

Namun, hingga kini fitur SMS nyatanya masih saja ada dan bisa ditemukan bahkan di smartphone terbaru sekalipun. Ya. Pasalnya, fitur SMS masih digunakan untuk beberapa keperluan tertentu semisal berbincang dengan relasi atau kawan lama atau pengumuman dan informasi penting mengenai apa saja.

Saat ini, fitur SMS menurut Jaka masih sangat bisa bertahan mengingat masih banyak rakyat Indonesia yang masih menggunakan SMS. Untuk hubungan kerja atau profesional, SMS dirasa jadi sarana berkirim pesan yang dianggap sopan dan formal selain lewat email tentunya.

Meski demikian, fitur yang satu ini masih rawan 'terancam kepunahan' karena aplikasi-aplikasi perpesanan yang semakin canggih dan terus menambahkan fitur yang makin lama bisa bikin SMS benar-benar gak dibutuhkan lagi di smartphone. Satu hal yang masih jadi kunci, SMS jadi satu-satunya fitur yang memungkinkan kamu mengirim pesan teks tanpa harus ada koneksi internet.

Akhir Kata

Itulah sekilas ulasan mengenai fitur SMS yang gak terasa sudah berusia 25 tahun. Gimana menurut kamu? Apalah fitur yang satu ini akan masih dan terus bertahan bahkan di smartphone-smartphone keluaran terbaru nantinya? Atau justru gak lama lagi akan benar-benar punah? Sampaikan pendapat kamu di kolom komentar ya.

Baca juga artikel seputar Teks atau artikel menarik lainnya dari Reynaldi Manasse.

ARTIKEL TERKAIT
Banner Shutterstock Smsotomatis

Begini Cara Balas SMS Otomatis di Android yang Mudah

5ca64bce536d31c8a7abf8e398a57905

SMS VS Chatting: Mana Yang Sebaiknya Kamu Pilih Di Tahun 2017 Ini ?

Banner Spyapps Smssalah

Kocak! 8 Foto Balasan SMS Salah Sambung Ini PASTI Bikin Kamu Ngakak

Aplikasi Blokir Panggilan Telepon Sms 9b1fb

7 Aplikasi Android Terbaik untuk Blokir Panggilan Telepon dan SMS

Blokir2

9 Aplikasi Blokir Telepon dan SMS Terbaik di Android

Tags Terkait:

APPS TERKAIT
Free Sms Icon Icon
Free SMS (Texting) 0.1
Apps Payuterus Media
Fake Call And Sms Android
Fake Call & SMS 2.33D
Apps Abishking
Auto Sms
Auto SMS 3.0.5
Apps Thein Min Naing
Gosms
GO SMS Pro 7.86
Apps GO Dev Team
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal