J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

6 Teknologi Masa Depan yang Paling Ditakuti Manusia, Bikin Kiamat Lebih Cepat?

6 Teknologi Masa Depan yang Paling Ditakuti Manusia, Bikin Kiamat Lebih Cepat?

Jumat, 27 Des 2019, 12:00 WIB
Bukannya menjadi suatu hal yang membanggakan, kehadiran teknologi-teknologi masa depan berikut ini justru ditakuti oleh banyak orang lho!

Kehadiran sebuah teknologi masa depan tentu menjadi hal yang paling ditunggu-tunggu oleh hampir semua orang.

Bukan tanpa alasan, hal itu karena kehadiran teknologi baru dipercaya membawa sesuatu yang lebih canggih dari apa yang sudah ada saat ini.

Tapi, apa jadinya kalau kehadiran teknologi-teknologi ini justru ditakuti oleh banyak orang? Itulah yang bakal Jaka bahas di artikel kali ini, geng!

Teknologi Masa Depan yang Paling Ditakuti

Kemajuan teknologi tentu dianggap sebagai sebuah prestasi karena mampu menghadirkan suatu hal baru yang sebelumnya belum pernah ada.

Tapi, hal itu berbeda dengan teknologi-teknologi berikut ini yang justru ditakuti oleh banyak orang.

1. Killer Robot

Dari namanya saja mungkin banyak dari kalian yang sudah merasa takut dengan kehadiran teknologi satu ini.

Teknologi yang pernah muncul di film Terminator juga Star Wars ini ditakuti karena dinilai sangat membahayakan dan akan membawa kehancuran jika tidak segera dikendalikan.

Bahkan menurut laporan PBB, kehadiran killer robot alias robot pembunuh ini akan menjadi ancaman tersendiri jika digunakan oleh para teroris.

Terlebih, jika robot tersebut dirancang untuk memilih dan menyerang target tanpa adanya campur tangan manusia.

Karena menurut data empiris, bahwa saat ini saja tingkat kesalahan manusia terkait dengan penggunaan Predator Drone yang dilengkapi dengan senjata jenis Hellfire missile menacapai 90%.

Tingkat kesalahan tersebut tentunya diperkirakan akan semakin meningkat jika pengambilan keputusan dilakukan sepenuhnya oleh komputer.

2. Artificial Intelligence (AI) Otonom

Mungkin banyak dari kamu yang sudah nggak asing lagi dengan teknologi Artificial Intelligence (AI) yang saat ini keberadaannya sudah banyak sekali ditemukan di perangkat smartphone, laptop, bahkan kendaraan.

AI sendiri pada dasarnya merupakan perangkat lunak pintar yang memungkinkan sebuah mesin untuk meniru perilaku manusia.

Beberapa sistem AI bahkan menggabungkan banyak komponen berbeda seperti misalnya pengenalan suara, "penglihatan", umpan balik sentuhan, dan sistem sentuhan sebagai "indera" bagi perangkat tersebut.

Tapi siapa sangka kalau AI ini justru menjadi sebuah teknologi yang menakutkan bagi sebagian orang, termasuk Elon Musk lho.

Dia khawatir kalau kedepannya teknologi pintar Artificial Intelligence yang dikembangkan secara otonom justru dapat mendukung aktivitas terorisme, propaganda, dan peretasan yang memiliki efek menghancurkan.

3. Virtual Reality

Siapa, sih, yang nggak ketagihan saat memainkan teknologi satu ini? Bahkan, saat ini ada banyak developer yang mengembangkan aplikasi Virtual Reality (VR) bagi pengguna.

Namun, sama seperti teknologi-teknologi sebelumnya, Virtual Reality juga rupanya menyimpan dampak buruk yang ditakuti oleh sebagian orang.

Ketakutan terhadap teknologi VR ini sendiri lebih ke arah efek negatif yang mungkin ditimbulkan saat digunakan oleh anak-anak.

Menurut sebuah studi yang dilansir dari situs BigThink, anak-anak lebih mungkin untuk membuat memori palsu di bawah pengaruh VR sehingga cukup membuat khawatir para orang tua.

Namun, bertolak belakang dengan pemikiran tersebut, studi lain justru menyebutkan kalau penggunaan VR dapat mengurangi kecemasan anak-anak yang tengah menjalani tindakan medis. Kalau menurut kamu gimana, geng?

4. Teknologi Biomedis

Teknologi biomedis menjanjikan masa depan di mana manusia akan lebih baik dan lebih kuat dengan biaya yang lebih murah.

Bahkan, teknologi ini juga disebut-sebut dapat menggantikan organ yang gagal sehingga anak-anak tidak akan menderita penyakit yang diturunkan oleh orang tua mereka.

Mungkin bagi sebagian dari kamu hal tersebut terdengar menarik bukan? Tapi siapa sangka kalau ternyata kehadiran teknologi biomedis ini justru ditakuti oleh sebagian orang lho.

Menurut laporan Pew Reserach tahun 2016, bahkan orang Amerika tidak melihat teknologi biomedis ini sebagai sebuah kemajuan di bidang medis.

Alasannya? Karena kehadiran teknologi semacam itu dinilai dapat memperburuk kesenjangan antara orang kaya dan orang miskin dan mungkin saja digunakan sebagai ukuran superioritas.

5. Tenaga Nuklir

Semenjak kejadian pengeboman di Hiroshima, Jepang berpuluh-puluh tahun yang lalu, senjata nuklir kini menjadi sesuatu hal yang dinilai dapat mengancam manusia juga spesies lainnya.

Bahkan, tak jarang sebuah negara membuat senjata mematikan yang dibuat dari teknlogi nuklir sebagai senjata pertahanan militer mereka.

Hal itu tentu membuat nuklir semakin ditakuti oleh banyak orang. Tapi, dalam hal ini bukan senjata nuklir lah yang ditakuti melainkan tenaga nuklir itu sendiri.

Alasannya, karena ketika pembangkit listrik tenaga nuklir gagal, maka kegagalan itu memiliki konsekuensi yang dapat menghancurkan.

Sebut saja bencana kegagalan nuklir yang terjadi di Fukushima, Three Mile Island, Chernobyl, dan mungkin masih banyak lagi.

6. Kendaraan Otomatis

Tak bisa dipungkiri kalau otomatisasi telah membuat ribuan orang di dunia kehilangan pekerjaan mereka.

Tapi, sayangnya hal ini justru hadir sebagai tren yang terus berkembang. Sebut saja misalnya mobil dengan fitur self-driving yang saat ini banyak ditemukan di negara-negara Eropa.

Padahal tanpa disadari, perkembangan teknologi kendaraan otomatis ini justru akan semakin menggeser lahan pekerjaan manusia.

Bahkan, menurut studi yang dilakukan oleh McKinsey Global Institute, setidaknya 70 juta orang dapat kehilangan pekerjaan mereka akibat otomatisasi di tahun 2030. Serem banget, kan, geng?

Akhir Kata

Nah, itulah tadi beberapa teknologi masa depan yang paling ditakuti karena dinilai dapat menimbulkan kehancuran, geng.

Bukan hanya kehancuran, kehadiran beberapa teknologi di atas juga dapat mengancam lahan pekerjaan manusia sehingga nggak aneh kalau akhirnya kemunculan teknologi tersebut justru ditakuti.

Baca juga artikel seputar Teknologi atau artikel menarik lainnya dari Shelda Audita.

ARTIKEL TERKAIT

Koleksi Gadget Jadul Bisa Bikin Perkembangan Teknologi Mandek? Ini Alsanannya!

5 Film yang Berhasil Memprediksi Teknologi Masa Depan, Kebetulan Semata?

7 Teknologi Milik Indonesia yang Ditakuti Negara Lain, Malaysia Ikutan Beli?

7 Teknologi yang Akan Musnah di Tahun 2019, No.5 Bakal Bikin Kamu Kaget!

7 Teknologi yang Bisa Menyelamatkan Manusia dari Kematian | Melawan Takdir?

7 Teknologi yang Dianggap Merugikan Manusia, Bikin Kiamat Lebih Cepat Terjadi?

Tags Terkait:

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal