J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

3 Teknologi Canggih yang Dipakai di Pertandingan Sepakbola

3 Teknologi Canggih yang Dipakai di Pertandingan Sepakbola

Selasa, 15 Okt 2019, 17:30 WIB
Teknologi diciptakan untuk mempermudah manusia, termasuk di dunia olahraga. Berikut 3 teknologi canggih yang dipakai di pertandingan sepakbola.

Teknologi diciptakan untuk memudahkan aktivitas manusia termasuk dalam dunia olahraga. Berbagai inovasi diciptakan untuk mengurangi kesalahan-kesalahan yang dibuat oleh manusia. Salah satu bidang yang terus berinovasi adalah sepakbola.

FIFA sebagai federasi tertinggi sepakbola dunia telah mengembangkan berbagai teknologi yang berutujuan untuk menciptakan pertandingan yang seadil dan sebaik mungkin. Berikut 3 teknologi canggih yang dipakai di pertandingan sepakbola.

BACA JUGA
  • 15 Game Sepakbola Terbaik 2019 di HP Android! (Wajib Main)
  • Inilah Spesifikasi Smartphone yang Dibutuhkan Untuk Pecinta SepakBola!
  • 5 Teknologi Sepak Bola Paling Canggih di Dunia Sejauh Ini

Inilah 3 Teknologi Canggih yang Dipakai di Pertandingan Sepakbola

FIFA terus berupaya untuk terus berinovasi dan menggunakan teknologi di pertandingan sepakbola. Tujuannya, untuk mengatasi berbagai human error yang kerap terjadi saat pertandingan. Berikut 3 teknologi canggih yang akan digunakan pada Piala Dunia Rusia 2018.

1. Teknologi Garis Gawang

Goal Line Technology (GLT) adalah teknologi yang memungkinkan wasit mengetahui posisi bola saat memasuki gawang. Terdapat 7 kamera pengawas dari berbagai sudut yang mengarah ke gawang dan bisa mendeteksi apakah bola goal atau tidak. Ketika bola sudah melewati garis gawang dan tertangkap sensor, maka sinyal goal akan dikirimkan ke jam tangan wasit.

Wasit akan menerima pemberitahuan goal dalam jangka waktu 1 detik. Dengan begitu tidak ada lagi kasus bola yang sudah masuk namun dianggap tidak goal karna tidak terlihat wasit, ataupun sebaliknya guys.

2. Video Assistant Referee (VAS)

Video Assistant Referee bertugas mengawasi pertandingan dari ruang kendali yang menampilkan seluruh gambar dari kamera pengawas yang ada di stadion. Seorang wasit asisten video akan bertugas mengevaluasi ketika terjadi sebuah pelanggaran. Misal terjadi pelanggaran antar pemain di depan gawang namun wasit utama tidak melihat.

Maka tim bisa meminta kepada wasit untuk memutar video rekaman ulangnya. Lalu wasit akan melihat video rekaman ulang dari tim VAS dan mengambil keputusan. Teknologi ini pastinya sangat membantu karena wasit tidak selalu melihat pelanggaran yang terjadi.

3. Electronic Performance & Tracking System (EPTS)

EPTS menggunakan sebuah alat khusus yang dipasangkan di badan atau baju pemain sepakbola. Alat ini akan mendeteksi dan merekam berbagai aktivitas dari pemain mulai dari jarak jelajah pemain, kecepatan berlari, dan kecepatan detak jantung.

Teknologi ini bisa memonitor kondisi pemain di lapangan secara real-time. Selain itu ini juga bisa dimanfaatkan oleh tim untuk memetakan taktik permainan. Teknologi ini bukan hal baru di dunia olahraga karena sudah lebih dulu diterapkan pada pertandingan rugby.

Akhir Kata

Nah itu dia guys 3 teknologi canggih yang dipakai di pertandingan sepakbola. Beberapa teknologi mendapat pro dan kontra dari para penggemar sepakbola. Kalau menurut kamu bagaimana?

Baca juga artikel seputar Teknologi Canggih atau artikel menarik lainnya dari Chaeroni Fitri.

ARTIKEL TERKAIT
Game Bola Android Bannerx 24f32

15 Game Sepakbola Terbaik 2019 di HP Android! (Wajib Main)

471b2bb9d843170a1f85cec3fdd833b9

10 Fashion Berteknologi Canggih yang PASTI Belum Kamu Ketahui!

Kemampuan Kita Hilang Akibat Teknologi Banner

12 Kemampuan Kita yang Hilang Akibat Teknologi Canggih

Fitur Canggih Di Smartphone Yang Tidak Terpakai 5

4 Teknologi Canggih di Smartphone Ini Jarang Dipakai, Kenapa?

Teknologi Canggih Yang Membuat Tercengang Cf522

10 Gadget Super Canggih dari Masa Depan yang Bikin Tercengang

Tags Terkait:

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal