J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

5 Teknologi Canggih yang Memanfaatkan Nuklir, Bukan Cuma Bom Nuklir!

5 Teknologi Canggih yang Memanfaatkan Nuklir, Bukan Cuma Bom Nuklir!

Selasa, 3 Sep 2019, 20:00 WIB
Meskipun teknologi nuklir telah memakan banyak sekali korban jiwa, nyatanya teknologi satu ini juga memiliki manfaat yang sangat berguna bagi kehidupan manusia

Teknologi nuklir menimbulkan pro kontra di kalangan ilmuwan dan masyarakat. Kita semua pasti ingat dengan bom atom di Hiroshima dan Nagasaki yang menimbulkan banyak korban jiwa.

Nggak cuma bom nuklir saja yang bisa membunuh manusia, geng. Bahkan radiasinya saja dapat menyebabkan kanker hingga kecacatan akibat mutasi genetik. Ngeri ya, geng.

Di sisi lain, teknologi nuklir juga memiliki banyak manfaat yang bisa dinikmati oleh manusia. Penasaran apa saja teknologi nuklir yang bermanfaat bagi manusia? Simak terus ya, geng!

5 Teknologi Canggih yang Memanfaatkan Nuklir, Bukan Cuma Bom Nuklir!

Berbeda dengan teknologi lainnya yang mayoritas menggunakan energi listrik, teknologi satu ini menggunakan energi hasil reaksi inti atom yang saling bertubrukan.

Teknologi nuklir dapat ditemukan pada berbagai alat, dari yang sederhana seperti detektor asap hingga sesuatu yang besar seperti pembangkit listrik.

Berikut adalah 5 teknologi nuklir yang bermanfaat bagi kehidupan manusia. Check it out!

1. Sinar X / Rontgen

1 E2697

Salah satu yang sering digunakan oleh manusia adalah x-ray atau sinar-x, berfungsi mendeteksi penyakit atau anomali dalam tubuh manusia tanpa proses pembedahan.

Mesin rontgen akan mengirimkan sinar-x dengan radiasi yang mampu menembus tubuh. Dokter dapat mengetahui penyakit yang ada di dalam tubuh pasien hanya dengan melihat foto sinar-x.

Meskipun sangat bermanfaat, penggunaan sinar-x secara terus menerus dapat menyebabkan reaksi kimiawi. Hal ini bisa berakibat buruk pada rantai DNA kita jika terlalu sering digunakan.

Semakin banyak DNA yang bermutasi, semakin besar juga kemungkinan sistem tubuh kita akan terkena penyakit berbahaya seperti kanker.

2. Obat Pereda Nyeri Kanker

2 0c479

Masih dari bidang kesehatan, teknologi nuklir juga diketahui dapat meringankan penyakit kanker yang diderita. Seperti yang kita ketahui, kanker adalah penyakit paling mematikan yang bisa menyerang manusia.

Penderita kanker akan mengalami rasa nyeri yang sangat menyakitkan di sekujur tubuhnya. Salah satu penawar rasa nyeri ini adalah obat analgesik dan pereda sakit seperti morfin.

Belum lama ini, Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) berhasil memproduksi obat nuklir Samarium (Sm) 153 EDTMP yang dapat digunakan dalam terapi paliatif bagi para penderita kanker.

Terapi Paliatif sendiri merupakan terapi penghilang rasa sakit jangka panjang yang dijalani oleh penderita kanker. Morfin hanya mampu menghilangkan rasa sakit dalam jangka pendek.

Sedangkan, Samarium (Sm) 153 EDTMP mampu menghilangkan rasa sakit akan hilang dalam waktu yang cukup lama, yakni sekitar 1 - 2 bulan, geng.

3. Pembangkit Listrik

3 3c862

Listrik merupakan salah satu kebutuhan utama dalam kehidupan manusia. Tanpa listrik, manusia modern nggak bisa melakukan kegiatan sehari-hari.

Pembangkit listrik yang kita gunakan saat ini masih menggunakan batu bara sebagai bahan bakar. Pembakaran batu bara menghasilkan CO2 dan polusi yang semakin membahayakan, geng.

Salah satu alternatif yang bisa digunakan adalah dengan Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN). PLTN menggunakan bahan bakar uranium.

Uranium sendiri nggak akan habis seperti batu bara. Bahan bakar uranium yang sudah habis dipakai dapat didaur ulang kembali menghasilkan bahan bakar baru untuk teknologi di masa depan.

Berbeda dengan pembangkit listrik lainnya, PLTN nggak menghasilkan CO2 sama sekali, geng. Selain itu, daya listrik yang dihasilkan juga lebih stabil dan pastinya lebih besar.

Meskipun begitu, bahaya radiasi dari kebocoran tetap mengintai warga-warga yang tinggal di sekitar reaktor nuklir. Reaktor yang bocor dapat membunuh orang yang terpapar seperti kejadian di Chernobyl, Ukraina.

4. Teknologi Pangan

4 0303c

Nggak cuma manusia saja, tumbuhan juga dapat bermutasi apabila diekspos pada radiasi. Guna dari teknologi ini adalah untuk menciptakan tumbuhan dengan sifat-sifat terbaik alias bibit unggul, geng.

Radiasi digunakan untuk mengubah DNA tumbuhan tersebut. Dengan mengekspos bibit dengan dosis radiasi, petani bisa menyebabkan mutasi genetik dalam biji mereka dengan sengaja.

Mutasi ini tidak seperti yang kamu bayangkan di film. Mutasi dari radiasi dapat membantu petani mengembangkan sifat-sifat tanaman yang berguna, seperti kebal terhadap serangga dan pestisida.

Teknologi nuklir satu ini akan meningkatkan kualitas serta jumlah pangan, sehingga kita nggak akan kehabisan bahan makanan, geng.

5. Pendeteksi Asap

5 2781a

Kebakaran merupakan salah satu bencana yang umum terjadi di rumah tangga. Asap dan sumber panas yang nggak terdeteksi merupakan cikal bakal dari kebakaran yang akan melalap sebuah rumah.

Pendeteksi asap merupakan teknologi yang berguna banget, baik di rumah maupun di gedung-gedung tinggi. Tapi tahukah kamu kalau pendeteksi asap juga menggunakan teknologi nuklir?

Terdapat 2 jenis detektor asap, yaitu detektor photo-electric dan detektor ionisasi. Detektor ionisasi menggunakan prinsip ionisasi radiasi dari sejumlah kecil bahan radioaktif untuk mendeteksi keberadaan asap atau sumber panas.

Detektor asap jenis ionisasi memiliki sedikit unsur uranium dengan nama Amerisium-241, sumber radiasi alpha.

Walaupun menggunakan radioaktif, radiasi yang dipancarkan oleh detektor asap ini sangatlah kecil dan tidak akan membahayakan kesehatan.

Akhir Kata

Demikian artikel Jaka mengenai 5 teknologi canggih yang memanfaatkan nuklir. Semoga artikel ini dapat membuka pikiranmu bahwa pemanfaatan nuklir nggak selalu merugikan.

Sampai jumpa di artikel Jaka lainnya ya, geng!

Baca juga artikel seputar Nuklir atau artikel menarik lainnya dari Prameswara Padmanaba

ARTIKEL TERKAIT
Senjata Nuklir Paling Mematikan 95117

5 Senjata Mematikan yang Dibuat dari Teknologi Nuklir, Bisa Tembus Inti Bumi?

Baterai Smartphone Masa Depan

Baterai Nuklir! 5 Teknologi Baterai Smartphone Masa Depan

8763bcc6f4800ffebba06c20560dd94d

Bisa Bikin Nuklir?! Ini 6 Hal Super Canggih yang Bisa Dilakukan Saat Punya Super Komputer

Teknologi Buatan Korea Utara 736ea

Bukan Cuma Nuklir! Ini 8 Teknologi Asli Buatan Korea Utara

20130328182621_921

Google Street View Rilis Gambar Kota Fukushima setelah Tragedi Nuklir

Serangan Hacker Nyeleneh 01703

Hack Fasilitas Nuklir! Ini 5 Serangan Hacker Paling GILA di Dunia

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
6 Teknologi Masa Depan yang Paling Ditakuti Manusia, Bikin Kiamat Lebih Cepat?

6 Teknologi Masa Depan yang Paling Ditakuti Manusia, Bikin Kiamat Lebih Cepat?

6 Skenario Kiamat Paling Mengerikan yang Disebabkan oleh Teknologi

6 Skenario Kiamat Paling Mengerikan yang Disebabkan oleh Teknologi

5 Teknologi yang Bisa Ditanam di Tubuh Manusia, Jadi Punya Kekuatan Super?

5 Teknologi yang Bisa Ditanam di Tubuh Manusia, Jadi Punya Kekuatan Super?

5 Teknologi Canggih yang Mampu Membuat Manusia Hidup Abadi | No.3 Melawan Takdir?

5 Teknologi Canggih yang Mampu Membuat Manusia Hidup Abadi | No.3 Melawan Takdir?

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal