J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • HOME
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
 

              Kamu Wajib Tahu! 6 Langkah & Syarat untuk Menjadi Atlet eSports Profesional

              Kamu Wajib Tahu! 6 Langkah & Syarat untuk Menjadi Atlet eSports Profesional

              00
              Selasa, 3 Sep 2019, 15:45 WIB
              Menjadi atlet eSports yang terkenal dan digaji besar memang sangat menyenangkan. Namun, ada beberapa syarat yang harus kamu penuhi untuk bisa jadi seperti mereka

              Mendengar kata eSports, apa sih yang ada di pikiran kamu, geng? Kalau Jaka langsung teringat tentang game online, kompetisi, dan pastinya gaji fantastis.

              Nggak bisa dibohongi, menjadi atlet eSports profesional memiliki banyak banget kenikmatan. Siapa sih yang nggak mau bermain game sebagai pekerjaan dan digaji lebih tinggi dari karyawan kantoran?

              Meskipun begitu, jadi atlet eSports nggak gampang, lho. Banyak banget syarat-syarat yang harus kamu penuhi untuk menjadi atlet eSports atau bahkan tim eSports berprestasi.

              Langkah & Syarat Menjadi Atlet eSports Profesional

              Atlet eSports sejatinya bekerja seperti karyawan di kantor, geng. Mereka harus berlatih dengan keras hingga 12 jam setiap harinya.

              Nggak cuma itu, mereka juga harus memenuhi ekspektasi dari tim eSports tempat mereka bergabung. Ada juga beberapa dampak negatif dari eSports yang perlu kamu pertimbangkan.

              Kalau kamu yakin mampu mengatasi hal-hal di atas, berikut adalah langkah & syarat yang harus kamu penuhi untuk menjadi atlet eSports profesional. Check it out!

              1. Pilih Game yang Sesuai

              1 Jpg 4eda7

              Langkah pertama untuk menjadi seorang atlet eSports adalah memilih game yang akan kamu tekuni secara serius.

              Kamu haru memiliki jam terbang tinggi dalam memainkan sebuah game untuk bisa menguasai dan mengerti mekanisme permainan.

              Hal ini terbilang cukup sulit karena jumlah game yang dilombakan di eSports banyak banget. Mulai dari genre Strategy, game FPS, game Fighting, game Sports dan masih banyak lagi.

              Saran Jaka sih, jangan pilih game yang free to play alias gratis dimainkan, geng. Selain saingan kamu lebih banyak, fitur micro transaction juga seringkali membuat game nggak seimbang.

              2. Latihan Rutin

              2 516a8

              Setelah kamu memilih game yang ingin kamu tekuni, maka langkah selanjutnya adalah berlatih, berlatih, dan berlatih, geng!

              Kamu membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mengerti mekanisme sebuah game. Game strategi seperti Dota 2 merupakan salah satu game yang membutuhkan waktu sangat lama untuk dipelajari.

              Latihan yang harus kamu lakukan nggak cuma main game saja, geng. Kamu justru harus mempelajari gerak gerik lawan serta mengetahui kelemahan dan kelebihan gaya bermainmu.

              Seperti yang Jaka bilang tadi, menjadi atlet eSports nggak cuma latihan selama 3 jam lalu berhenti untuk beristirahat. Justru, kamu harus berlatih layaknya seorang karyawan bekerja, geng.

              Kamu juga bisa belajar dengan menonton live streaming gamer-gamer pro di internet. Mereka terkadang akan berbagi tips dan trik bermain game secara profesional.

              3. Perbaiki Statistik Game

              3 Jpg 29acd

              Dalam sebuah game, terdapat statistik yang akan menunjukkan rapor kamu dalam bermain. Data seperti berapa lama kamu bermain, jumlah Kill/Death ratio, dan lain-lain akan terpampang di sana.

              Statistik ini berguna banget kalau kamu ingin menjadi atlet eSports profesional. Selain menjadi kepuasan diri sendiri, statistik yang baik juga akan membuat tim eSports tertarik untuk merekrutmu.

              MMR Dota 2 yang tinggi atau menjadi Top Global di Mobile Legends bakal meningkatkan kesempatanmu untuk menjadi atlet eSports profesional. Intinya, terus tingkatkan skill dan statistikmu, geng.

              Saran Jaka, jangan pernah gunakan cheat atau di-GB ketika kamu bercita-cita jadi atlet eSports. Tim eSports akan mencari kejanggalan yang ada di statistik kamu dengan teliti.

              4. Membeli Gear Gaming

              4 0f2bc

              Untuk syarat yang satu ini sebenarnya nggak wajib-wajib banget untuk kamu lakukan. Gear gaming memang memiliki harga yang relatif lebih mahal dibanding gear biasa.

              Banyak yang bilang kalau skill lebih penting daripada gear. Jaka nggak sepenuhnya menolak atau setuju dengan pernyataan itu, geng.

              Meskipun skill sangat penting, namun gear seperti mouse gaming, headset gaming, PC gaming, dan lain-lain mampu menunjang pengalaman bermain kamu dengan lebih mudah.

              Contohnya seperti mouse dengan setting-an DPI pasti bakal lebih enak digunakan main game FPS dibanding main dengan mouse biasa.

              Saran Jaka, sih, nggak perlu beli gear gaming mahal-mahal. Kamu bisa melakukan riset terlebih dahulu mengenai gear yang sesuai dengan kebutuhan serta kantongmu di internet.

              5. Membuat Tim yang Seimbang

              5 Jpg 60f00

              Syarat yang satu ini perlu banget kamu penuhi kalau kamu ingin membuat tim eSports sendiri. Tim yang balance bakal bikin kerja sama tim kamu menjadi semakin mudah.

              Meskipun begitu, membangun tim yang kompak merupakan pekerjaan yang nggak mudah. Terdapat beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mencari anggota tim yang mampu melengkapi kemampuan kamu.

              Kamu bisa bergabung dengan komunitas game dan menemukan orang yang pas untuk tim kamu. Selain itu, kamu juga bisa saling berbagi informasi dan tips untuk bermain lebih baik lagi.

              Carilah orang-orang dengan kelebihan yang mampu menutupi kelemahan anggota tim lain supaya kalian bisa seimbang. Dalam eSports, kerja sama tim lebih penting dibanding skill individual.

              6. Rajin Mengikuti Turnamen Lokal

              6 49633

              Kalau kamu sudah melengkapi syarat-syarat di atas, kamu bisa coba mendaftarkan dirimu untuk mengikuti turnamen-turnamen game lokal.

              Kamu bisa mencoba turnamen game di kampus, sekolah, atau bahkan RW. Apabila kamu telah memenangkan kompetisi tersebut, kamu bisa lanjut ke tingkatan turnamen selanjutnya.

              Banyak banget kompetisi-kompetisi level bawah dan menengah yang bisa diikuti oleh kamu yang masih amatir. Undangan turnamen besar bakalan berdatangan kalau kamu sudah sering menjuarai turnamen kecil, geng.

              Akhir Kata

              Demikian artikel Jaka mengenai langkah dan syarat yang harus kamu lakukan untuk menjadi atlet eSports profesional. Semoga artikel ini dapat membantu kamu mewujudkan cita-citamu ya, geng.

              Sampai jumpa di lain kesempatan!

              Baca juga artikel seputar eSports atau artikel menarik lainnya dari Prameswara Padmanaba

              Keluar dari JalanTikus

              Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

              Ya
              Batal