"Subscribe to Pewdiepie" Dihentikan, Karena Menyerah Lawan T-Series?

Peperangan antara PewDiePie dan T-Series dalam perebutan gelar raja YouTube nampaknya akan segera berakhir.

Sang youtuber meminta pendukungnya menghentikan kampanye Subscribe to PewDiePie dengan beberapa alasan yang ia ungkapkan dalam salah satu videonya.

Apakah ini menjadi tanda bahwa PewDiePie sudah mengibarkan bendera putih? Simak ulasan Jaka berikut ini!

Mengenal PewDiePie Secara Singkat

Subscribe To Pewdiepie 1 6e294

Untuk kamu yang belum tahu, PewDiePie adalah seorang youtuber asal Swedia. Nama aslinya adalah Felix Arvid Ulf kjellberg.

Pewdiepie bergabung ke YouTube pada tanggal 29 April 2010 atau sembilan tahun yang lalu.

Pada awalnya, konten YouTube-nya berfokus pada game, sebelum merambah ke bidang lainnya seperti meme.

Ia sempat menjadi youtuber dengan jumlah subscriber terbanyak, sebelum dikalahkan oleh T-Series yang berasal dari India.

Banyak cara yang dilakukan pendukungnya agar PewDiePie tetap menjadi raja YouTube. Salah satunya adalah dengan kampanye Subscribe to PewDiePie.

Apa Itu Subscribe to PewDiePie ?

Subscribe To Pewdiepie 2 Bd354

Dalam persaingan menjadi raja YouTube, bisa dibilang saingan terberat PewDiePie adalah T-Series, sebuah perusahaan raksasa dari India yang bergerak di bidang industri hiburan.

Dianggap bagaikan pertarungan antara David dan Goliath, banyak orang secara sukarela membantu PewDiePie untuk merebut kembali gelar raja YouTube dari T-Series.

Banyak orang mempromosikan PewDiePie dengan berbagai cara kreatif. Mulai dari membagikan selebaran, memasang iklan di videotron, hingga melakukan hacking pada printer.

Hal ini ternyata sangat membantu PewDiePie dalam meningkatkan jumlah subscriber-nya. Di bulan Desember 2018, ia mendapatkan tambahan subscriber sebanyak 6.62 juta orang.

Sebagai perbandingan, sepanjang tahun 2017, PewDiePie berhasil mendapatkan 7 juta subscriber baru.

Jika kampanye ini sangat berhasil, lantas mengapa PewDiePie meminta orang-orang yang mendukungnya untuk berhenti?

Alasan PewDiePie Meminta Pendukungnya untuk Berhenti

Subscribe To Pewdiepie 3 66357

Alasan PewDiePie bukanlah karena sudah menyerah menghadapi T-Series. Alasan sebenarnya adalah karena banyak orang-orang yang menyalahgunakan kampanye ini.

Contohnya di Jerman, ada sekelompok orang yang berbuat vandalisme dengan menuliskan Subscribe to PewDiePie di sebuah monumen peringatan Perang Dunia II.

Tidak cukup di situ, ketika ada serangan terorisme di masjid Christchurch, Selandia Baru, sang penembak sempat berkata remember lads, subscribe to PewDiePie.

Pada Twitter-nya, PewDiePie mengatakan bahwa ia merasa jijik karena namanya telah diasosiasikan dengan sebuah kejahatan kemanusiaan.

Tidak lama setelah kejadian penembakan tersebut, T-Series berhasil melewati PewDiePie. Hal ini direspon olehnya dengan membuat video lagu sarkas berjudul Congratulations.

Ini bukan pertama kali PewDiePie membuat video semacam itu. Sebelumnya, ia merilis lagu B***h Lasagna yang sama-sama bernada sarkas.

T-Series tentu tidak tinggal diam dirinya direndahkan sedemikian rupa. Hal ini membuat mereka membawa kasus ini ke pengadilan. Hasilnya? Kedua video ini resmi diblokir di India.

Setelah rentetan kejadian tersebut, PewDiePie mengajak para pendukungnya untuk menghentikan kampanye Subscribe to PewDiePie pada tanggal 28 April 2019.

Ia menyampaikan alasan-alasannya, sebagaimana yang sudah Jaka sebutkan di atas.

Kontroversi PewDiePie yang Lain

Subscribe To Pewdiepie 4 9aa01

Sebagai sosok youtuber yang sukses, tentu hidup PewDiePie tidak lepas dari yang namanya kontroversi. Ada beberapa hal menggemparkan yang pernah ia buat di masa lalu.

Pertama, ia dituduh sebagai anti-yahudi karena salah satu videonya yang tayang pada Januari 2017 menampilkan dua orang India memegang tulisan death to all jews.

Tidak hanya di video tersebut PewDiePie dianggap rasis. Setidaknya ada sembilan video yang mengandung paham anti-yahudi, di mana tiga di antaranya telah dihapus dari YouTube.

Akibat dari perbuatannya ini, Disney memutus kontrak dengan PewDiePie. Tak lama kemudian, YouTube juga memutus kontrak dengan PewDiePie.

Meskipun mendapatkan pembelaan dari pendukungnya, termasuk teman yahudinya yang bernama Ethan Klein, PewDiePie akhirnya mengungkapkan permohonan maafnya.

Pada bulan September 2017, PewDiePie lagi-lagi mendapatkan kecaman karena kata yang ia ucapkan ketika melakukan live-streaming bermain PUBG.

Ia mengucapkan kata nigger untuk melampiaskan kekesalannya kepada pemain lain ketika bermain.

Tidak ingin berlarut-larut, PewDiePie segera meminta maaf dan mengatakan ia hanya terbawa emosi sewaktu mengatakan hal tersebut.

PewDiePie seolah tak bisa lepas dari kontroversi. Ia pernah menggunakan foto penyanyi Demi Lovato untuk merepresentasikan orang yang ketagihan alkohol.

Hal ini membuat ia dikecam karena pada saat yang sama, Lovato sedang menjalani perawatan setelah hampir mati karena overdosis. Sekali lagi, ia meminta maaf atas perbuatannya.

Masih banyak lagi kasus kontroversi yang dibuat oleh youtuber yang satu ini. Walaupun begitu, kita tidak boleh menutup mata atas karya-karyanya yang tidak kontroversial.

Jumlah subscriber yang dimilikinya menunjukkan bahwa ia mampu membuat konten yang disukai oleh orang-orang.

Bahkan, pendukung loyalnya rela melakukan banyak hal agar gelar raja YouTube tetap dipegang olehnya, meskipun kini PewDiePie meminta kampanye Subscribe to PewDiePie dihentikan.

Akhir Kata

Ketika artikel ini ditulis, T-Series berhasil mengungguli PewDiePie dengan selisih angka sekitar satu setengah juta.

Sebenarnya hal ini sangat wajar, mengingat T-Series adalah sebuah indsutri hiburan besar yang telah berusia puluhan tahun, sedangkan PewDiePie adalah seorang pemuda dari Swedia.

Walaupun kalah jumlah subscriber, setidaknya PewDiePie berhasil menunjukkan kepada kita betapa besar hal yang bisa dilakukan oleh satu orang, bahkan sebanding dengan korporat raksasa.

Baca juga artikel seputar Youtube atau artikel menarik lainnya dari Fanandi Ratriansyah

ARTIKEL TERKAIT
Youtuber Sultan Ini Bagi Uang Secara Cuma Cuma Banner 042b0
Youtuber Sultan Ini Bagi Uang Cuma-Cuma, Sampai Habis 14 Miliar!
Cara Mendapatkan Uang Dari Youtube Dengan Android F841f
15 Cara Mudah Mendapatkan Uang dari YouTube | Bisa Tanpa Upload Video!
Game Paling Banyak Ditonton Youtube Banner Da782
10 Game Paling Banyak Ditonton di Youtube | No. 1 Bukan PUBG
Cara Download Lagu Dari Youtube 5190b
Cara Download Lagu MP3 dari YouTube di Android dan PC, Gratis!
Youtube Gaming Resmi Ditutup Banner 77b03
Gaming Sudah Ga Laku? Aplikasi Youtube Gaming Resmi Ditutup!
Youtuber Paling Dibenci 67ffb
5 Youtuber Indonesia yang Paling Banyak Punya Haters, No.3 Favorit Semua Cowok?
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal