J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • HOME
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
 

              PENTING! Inilah Spesifikasi yang Harus Kamu Ketahui Ketika Beli Smartphone Baru

              PENTING! Inilah Spesifikasi yang Harus Kamu Ketahui Ketika Beli Smartphone Baru

              00
              Rabu, 3 Agt 2016, 14:00 WIB
              Dalam perkembangan smartphone ada beberapa nilai dari spesifikasi yang berubah. Sebut saja, ukuran megapiksel dalam kamera dan jumlah core dalam prosesor bukanlah segalanya. Selengkapnya, inilah spesifikasi smartphone berkualitas.

              Ketika tiba saatnya untuk membeli smartphone baru, tentunya ada beberapa faktor yang harus benar-benar kamu perhatikan. Seperti mengetahui kebutuhan kamu ke arah mana, apakah untuk fotografi, bermain game, mementingkan desain, atau lainnya. Selain itu, spesifikasi juga menjadi acuan paling penting ketika hendak membeli smartphone baru.

              Kita pun membandingkan beberapa smartphone incaran kita satu sama lain, namun dalam perkembangan smartphone ada beberapa nilai dari spesifikasi yang berubah. Sebut saja, ukuran megapiksel dalam kamera dan jumlah core dalam prosesor bukanlah segalanya. Dilansir dari Wonderhowto, berikut Jaka jelaskan spesifikasi yang benar-benar penting ketika akan membeli smartphone baru.

              BACA JUGA
              • 5 Smartphone Bekas dengan Harga 2 Jutaan yang Masih Berkualitas
              • 9 Tips Beli iPhone Bekas Mulus dan Berkualitas (Update 2019)
              • 11 Tips Memilih dan Membeli Smartphone Android Bekas

              Jangan Tertipu! Inilah Spesifikasi Smartphone Berkualitas yang Sesungguhnya

              1. Perhatikan Kerapatan Piksel

              Perhatikan Kerapatan Piksel

              Bagus tidaknya layar smartphone bukan karena ukurannya, tetapi pada sejauh mana ketajaman layar. Ketajaman layar bisa diketahui apakah piksel dalam layar masih terlihat. Semakin tinggi kerapatan piksel, maka tampilan layar smartphone menjadi semakin tajam.

              Dalam jarak normal, mata telanjang manusia tidak dapat melihat tampilan gambar pada smartphone dengan piksel lebih dari 256 ppi. Sementara dalam jarak pandang dekat mata manusia bisa melihat layar hingga 300 ppi dan dalam jarak sangat dekat sekitar 400 ppi.

              Di sisi lain, semakin besar resolusi maka akan memakan daya yang lebih tinggi. Membuat menjadi boros baterai dan tak tahan lama. Pilihan terbaik adalah kamu bisa mencari smartphone dengan kepadatan layar antara 300 - 500 ppi, untuk mendapatkan keseimbangan performa dan efisiensi baterai.

              2. Semakin RAM Besar, Semakin Baik

              Ram Semakin Besar Lebih Baik

              RAM adalah memori tempat penyimpanan sementara pada saat smartphone dijalankan, menunggu dalam antrean untuk diproses oleh CPU. RAM sangat berpengaruh dan penting untuk kecepatan proses smartphone kita saat melakukan multitasking. Fungsi dari RAM yaitu untuk mempercepat pemrosesan data pada smartphone sehingga kamu dapat beralih antar aplikasi lebih mulus.

              Semakin besar ukuran RAM pada Android, semakin bagus. Namun jika kita melihat jumlah smartphone Android saat ini yang sudah mencapai 6GB, mungkin terlihat sangat lebay. Mengingat sistem operasi mobile iOS besutan Apple, hanya punya RAM 2GB pada iPhone 6S dan iPhone 6S Plus. Namun, soal performa mampu menyaingi smartphone Android dengan RAM 6GB sekalipun.

              Jadi, untuk saat ini jika kamu beli smartphone Android murah. Setidaknya pilih yang minimal punya RAM 2GB. Untuk smartphone Android menengah ke atas, bisa cari smartphone dengan RAM 3GB, 4GB, atau lebih banyak.

              3. Jumlah Minimal Penyimpanan Internal

              Umlah Minimal Penyimpanan Internal

              Berkembangnya sistem operasi dan aplikasi yang semakin canggih, smartphone dengan memori intenal 4GB dan 8GB sudah tidak layak lagi dibeli. Minimal carilah smartphone dengan ruang simpan 16GB. Sebenarnya kapasitas tersebut tergolong kecil saat ini, tetapi kamu bisa menyiasatinya dengan kartu memori.

              Masalahnya adalah tidak semua smartphone punya dukungan kartu memori. Jangan sedih, kamu dapat memanfaatkan layanan cloud storage kok. Jadi, file seperti foto dan dokumen dapat di-upload. Untuk hiburan, streaming musik dan video juga sedang tren saat ini. Jadi, kamu tidak harus menyimpan file secara offline.

              4. Pentingnya Jenis Chipset

              Pentingnya Jenis Chipset

              Secara garis besar, performa smartphone tergantung pada chipset yang digunakan. Namun yang kita tahu jumlah dan kecepatan core biasanya menjadi patokan, padahal faktor lain yang tidak kalah penting. Seperti teknologi pabrikasi yang lebih kecil, mampu mengurangi panas yang mungkin terjadi dan juga arsitektur 64-bit.

              Selanjutnya adalah jumlah core, prosesor multi-core yang jelas lebih baik tetapi berapa banyak core yang kamu butuhkan? Jawaban singkatnya adalah "setidaknya dua core". Prosesor dual-core dengan kecepatan clock yang lebih tinggi biasanya akan mengungguli chipset yang memiliki kecepatan clock lebih rendah, tetapi lebih banyak core.

              Hal ini karena sebagian besar aplikasi diprogram untuk hanya berjalan pada satu core CPU pada satu waktu sehingga lebih cepat kinerja core secara individu maka itu lebih baik. Seperti chipset Apple A9 pada iPhone 6s, yang hanya punya prosesor dual-core 1.84 GHz. Singkatnya adalah core lebih sedikit, tapi lebih powerful justru itu lebih baik. Bahkan Qualcomm akhirnya memutuskan jumlah core menjadi 4 saja di Snapdragon 820 padahal di Snapdragon 810 terdapat 8 core.

              5. Megapiksel Bukanlah Segalanya

              Megapiksel Bukanlah Segalanya

              Dulu ukuran megapiksel adalah acuan untuk menentukan kualitas kamera smartphone, tetapi sekarang itu sudah tidak penting lagi. Sekarang tergantung pada ukuran sensor, piksel, dan bukaan kamera yang lebih lebar. Samsung sendiri memangkas kamera 16 MP pada Galaxy S6 menjadi 12 MP pada Galaxy S7.

              Itulah spesifikasi yang harus kamu ketahui ketika membeli sebuah smartphone baru. Lembaran spesifikasi memang tidak mutlak menentukan bagus atau tidaknya smartphone yang berkualitas. Jadi, apa pendapat kamu?

              APPS TERKAIT
              Commtorresphonetester206jalantikus Icon
              Phone Tester (hardware info) 2.0.6
              Apps Miguel Torres
              Aida64 Icon
              AIDA64 1.45
              Apps Devi
              Comossibussoftwaredeadpixeltest20 Icon
              Dead Pixel Test 2.0
              Apps Ossibus Software
              Antutu Benchmark
              AnTuTu Benchmark
              Apps AnTuTu
              Komentar

              Keluar dari JalanTikus

              Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

              Ya
              Batal