J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • HOME
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
 

              Spesifikasi Lengkap Mobil Esemka Buatan Indonesia, Mirip Mobil China?

              Spesifikasi Lengkap Mobil Esemka Buatan Indonesia, Mirip Mobil China?

              00
              Selasa, 10 Sep 2019, 13:00 WIB
              Setelah sekian lama menanti, akhirnya mobil Esemka resmi diluncurkan! Akan tetapi, kok mirip sama mobil buatan China, ya?

              Buat kamu yang sudah lama menantikan kehadiran mobil buatan dalam negeri, ada kabar baik untuk kamu. Mobil Esemka akhirnya resmi diluncurkan!

              Pada hari Jumat (6/9) kemarin, Presiden Joko Widodo secara resmi meresmikan mobil Esemka Bima dan pabrik PT. Solo Manufaktur Kreasi (PT. SMK) di Boyolali, Jawa Tengah.

              Di tengah hingar-bingar kemunculan mobil, banyak pendapat yang menyatakan bahwa mobil ini sangat mirip dengan mobil buatan China! Benarkah?

              Spesifikasi Mobil Esemka

              Ah, mobil Esemka. Banyak pihak yang menuding mobil ini hanya dijadikan sebagai bahan kampanye, karena isunya hanya mencuat menjelang Pemilu.

              Produk yang digembar-gemborkan sejak tahun 2012 ini pada akhirnya diresmikan, meskipun bukan sebagai mobil nasional karena buatan swasta.

              Salah satu alasan mengapa mobil ini butuh perjalanan panjang adalah persyaratan-persyaratan yang harus dipenuhi, seperti Sertifikasi Uji Tipe (SUT).

              Ada juga pengujian kendaraan yang dilakukan oleh Balai Pengujian Laik Jalan dan Sertifikasi Kendaraan Bermotor (BPLJSKB) dari Kementrian Perhubungan.

              Lantas, seperti apa spesifikasi yang dimiliki oleh mobil yang satu ini? Apakah dilengkapi dengan teknologi-teknologi canggih? Dilansir dari berbagai sumber, inilah datanya!

              Spesifikasi Mobil Esemka Bima

              Spesifikasi Mobil Esemka 1 07f49
              Sumber foto: Tempo

              Mobil Esemka Bima merupakan mobil Esemka pertama yang diresmikan oleh presiden kemarin. Mobil ini berjenis pikap dan akan bersaing dengan Suzuki Carry dan Daihatsu Gran Max.

              Mobil ini memiliki dimensi panjang 4.560 mm, lebar 1.645 mm, dan tinggi 1.890 mm. Untuk jarak sumbu rodanya sendiri mencapai 2.900 mm.

              Untuk boksnya sendiri berukuran panjang 2.750 mm, lebar 1.600 mm, dan tinggi 460 mm. Ukuran tersebut sudah termasuk standar mobil boks di Indonesia.

              Berat kotor daro mobil ini mencapai 2.150 kg dengan kapasitas tangki 40 liter. Mobil ini menggunakan ban berukuran 175/65 R14 LT.

              Beralih ke bagian mesin, mobil ini menggunakan unit berkapasitas 1.2L E-Power 14 DOHC uang bertenaga 96.5 tenaga kuda. Varian satunya berdaya 1.3L.

              Mobil ini juga telah dilengkapi dengan AC dan sistem entertainment single DIN. Harganya sendiri diperkirakan berada di kisaran angka 95 sampai 120 juta.

              Spesifikasi Mobil Esemka Garuda 1

              Spesifikasi Mobil Esemka 2 Bc6d8
              Sumber foto: Kompas

              Selain Bima, mobil Esemka lain yang menarik perhatian adalah Esemka Garuda 1. Mobil ini sempat terlihat di awal 2018 lalu. Ketika acara peresmian kemarin, mobil ini juga kembali terlihat di dalam pabrik.

              Tidak banyak spesifikasi yang terungkap dari mobil yang satu ini. Kabarnya, mobil dengan mesin 2.0L ini akan dilengkapi dengan kaca antipeluru.

              Selain itu, bagian dalam mobil ini terlihat ada pembatas antara kursi baris pertama dan kedua. Pada pembatas tersebut, tersedia dua layar hiburan untuk menemani penumpang selama perjalanan.

              Mobil ini diprediksi akan menjadi penantang serius mobil-mobil SUV lainnya seperti Toyota Fortuner, Mitsubishi Pajero Sport, hingga Nissan Terra.

              Mirip dengan Mobil China?

              Spesifikasi Mobil Esemka 3 807de
              Sumber foto: OtoDriver

              Sayangnya, banyak yang menganggap mobil-mobil ini hanya rebadge dari pabrikan China. Contohnya, Esemka Bima terlihat mirip dengan Changan Star Truck.

              Jika dilihat secara sekilas, memang banyak sekali kemiripan antara kedua mobil ini. Bagian yang berbeda hanya grill depan, lampu utama, hingga bentuk bumpernya.

              Dimensi dari Changan Star Truck 100 mm lebih panjang. Untuk lebar bodi, Esemka Bima lebih lebar sekitar 25 mm. Kedua mobil ini memiliki tinggi yang sama persis.

              Bahkan, kedua mobil menggunakan unit mesin yang identik. Perbedaannya hanya terdapat pada bagian torsi, di mana Esemka menggunakan 119 Nm dan Changan Star Truck menggunakan 112 Nm.

              Kemiripan tersebut membuat tudingan rebadge pun mencuat. Hingga saat ini, belum ada jawaban apapun dari pihak PT. SMK.

              Hal seperti ini bukan muncul pertama kali. Ketika Esemka Garuda 1 terlihat penampakannya di jalan raya, ada yang menuding bahwa mobil tersebut terlalu mirip dengan mobil Foday Landfort asal China.

              Kedua produk tersebut memilki banyak kesamaan di bagian eksterior, mulai desain pintu belakang, rear upper spoiler, hingga reflektor.

              Esemka Garuda 1 yang terlihat ketika peresmian mobil ini juga masih terlihat mirip dengan Foday Landfort, hanya berbeda pada emblem dan detail-detail kecil.

              Meskipun begitu, PT. SMK mengklaim bahwa mobil-mobil yang diproduksi di pabriknya memiliki kandungan komponen lokal hingga 60 persen.

              Akhir Kata

              Indonesia sejatinya sempat memiliki mobil nasional pada era Presiden Soeharto dengan mobil Timornya. Sayang, ketika beliau lengser, mobil tersebut juga ikut lengser.

              Esemka memang bukan mobil nasional. Akan tetapi, sudah sepatutnya kita mengapresiasi kehadirannya jika memang benar mobil tersebut buatan lokal, bukan negara lain.

              Baca juga artikel seputar Mobil atau artikel menarik lainnya dari Fanandi Ratriansyah.

              Keluar dari JalanTikus

              Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

              Ya
              Batal