J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • HOME
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
 

              Apakah Android yang Menggunakan OTG Tetap AMAN Dari Virus?

              Apakah Android yang Menggunakan OTG Tetap AMAN Dari Virus?

              00
              Rabu, 14 Okt 2015, 09:00 WIB
              Hingga saat ini masih dipermasalahkan apakah virus tersebut hanya bekerja di salah satu OS yaitu Windows atau Android karena melihat OTG ini menyediakan akses untuk perpindahan data antara dua sistem operasi tersebut.

              OTG merupakan singkatan dari On The Go, dimana seperti namanya memang cukup colok lalu pengguna bisa mengakses isi dari USB OTG ini langsung melalui smartphone Android miliknya. Tentu saja smartphone Android tersebut harus sudah memiliki fitur dukungan OTG di dalam sistemnya. Banyak yang bertanya mengenai tingkat keamanan menggunakan OTG, mulai dari masalah malware, virus, dan semacamnya. Menarik untuk dibahas tentunya, apakah pengguna Android yang sering menggunakan OTG rentan terinfeski virus?

              smartphone-android-otg-virus

              Cara kerja OTG

              OTG berbeda dengan kartu memori atau memory card dimana fungsi dari OTG adalah sebagai media untuk perpindahan data atau penyimpanan file dan data yang sifatnya sementara. OTG biasanya digunakan oleh perangkat Android yang tidak memiliki slot memori eksternal sehingga seringkali membutuhkan tempat penyimpanan untuk mengatasi masalah kapasitas memori internal yang semakin penuh.

              Apakah OTG aman dari Virus?

              Hingga saat ini masih dipermasalahkan apakah virus tersebut hanya bekerja di salah satu OS yaitu Windows atau Android karena melihat OTG ini menyediakan akses untuk perpindahan data antara dua sistem operasi tersebut. Hal ini dikarenakan virus, malware, dan semacamnya memiliki tempat menginfeksi yang berbeda apalagi ini untuk dua sistem operasi yang berbeda di platform berbeda juga.

              Tetapi OTG rentan mengandung virus ketika melakukan perpindahan data dari PC ke Android atau sebaliknya dan di dalam file tersebut ada virus yang dibawa. Misalnya download file di PC yang tidak disadari ternyata mengandung virus Android lalu menggunakan OTG memindahkan ke Android, sama juga proses sebaliknya. Barulah OTG menjadi sebuah tempat perpindahan virus tersebut ke OS yang tepat.

              BACA JUGA
              • USB OTG, Pengganti Memori Eksternal dengan Harga Murah
              • Cara Akses File USB Flashdisk di Android

              Kesimpulannya adalah setiap virus memiliki tempat infeksinya sendiri yaitu sistem operasi. jika OTG tersebut mengandung virus PC, maka tidak akan ada dampaknya ke smartphone Android milikmu. Tetapi jika ingin lebih aman lagi, kamu bisa mengaktifkan enkripsi di bagian penyimpanan untuk membuat diri kamu lebih nyaman karena merasa OTG tersebut aman dari virus.

              APPS TERKAIT
              avast! Mobile Security and Antivirus
              Apps Avast Software
              AVG Antivirus Security - FREE for Android
              Apps AVG Technologies
              Lookout Security & Antivirus
              Apps Lookout
              Kaspersky Internet Security 11.8.4.625
              Apps Kaspersky
              Komentar
              BERIKAN KOMENTAR
              Langganan Artikel
              Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!

              Keluar dari JalanTikus

              Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

              Ya
              Batal