J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

7 Skandal Kontroversial di Dunia Smartphone Paling Menggemparkan

7 Skandal Kontroversial di Dunia Smartphone Paling Menggemparkan

Rabu, 15 Jan 2020, 14:00 WIB
Nggak cuma politisi dan selebgram yang bisa kena skandal, geng! Di sini Jaka mau share 7 skandal terbesar yang pernah melanda dunia HP.

Kita hidup nggak pernah bisa lepas dari skandal, geng. Saat ini, banyak yang sedang membicarakan skandal prostitusi yang melanda maskapai penerbangan di Indonesia.

Nggak di dunia film atau di dunia game, pasti ada aja skandal atau kontroversi yang langsung menjadi buah bibir netizen.

Sebagai penikmat dunia teknologi, Jaka juga sangat mengetahui hal ini karena banyak banget skandal yang telah melanda dunia HP di beberapa tahun terakhir, geng!

7 Skandal Terbesar yang Pernah Melanda Dunia HP

Sekarang, brand HP ternama yang mengeluarkan produk bermasalah itu sudah menjadi hal biasa, apalagi di dunia teknologi yang sarat inovasi.

Di tengah keinginan mereka untuk selalu menjadi yang terdepan, nggak jarang mereka melakukan kesalahan bodoh di produk mereka yang akhirnya menjadi skandal, geng!

Di kesempatan ini, Jaka ingin menyorot skandal tersebut di daftar 7 skandal terbesar yang pernah melanda dunia HP!

1. Skandal Baterai Samsung Galaxy Note 7

Galaxy Note 7 A5010

Di dunia HP, tidak ada kasus skandal yang lebih besar dari kasus yang melanda produk HP flagship Samsung Galaxy Note 7.

Beberapa minggu setelah HP ini dirilis di bulan Agustus 2016, muncul banyak laporan dari pengguna tentang HP Samsung Galaxy Note 7 yang terbakar.

Samsung akhirnya menghentikan penjualan HP ini setelah mereka menemukan adanya cacat produksi pada baterai yang menyebabkan munculnya panas berlebihan.

Bodohnya, setelah Samsung kembali menjual HP ini dengan pemasok baterai yang berbeda, masalah ini malah muncul kembali, geng!

Dikutip dari Androidauthority, Samsung terpaksa menghentikan penjualan HP ini secara total dan menyebabkan kerugian sebesar 17 miliar dolar Amerika atau sekitar Rp232 triliun.

2. Skandal Overheating di Chipset Snapdragon 810

SD 810 F1def

Bukan cuma brand HP saja yang bisa terkenal skandal karena Qualcomm, perusahaan dibalik chipset Snapdragon, juga pernah terkena skandal di tahun 2015, geng!

Di tahun tersebut, Qualcomm mengeluarkan Snapdragon 810 yang banyak digunakan di flagship Android yang keluar di tahun yang sama.

Masalahnya, banyak pengguna yang menyatakan kalau HP yang menggunakan chipset tersebut cepat panas yang juga mengurangi performa HP secara keseluruhan.

Qualcomm sendiri dengan senantiasa menepis rumor ini tapi Sony mengakui kalau HP flagship mereka, Sony Xperia Z3+, adalah korban dari skandal ini, geng.

3. Skandal Manipulasi Skor Benchmark dari OnePlus 5

OnePlus 5 70115

Sampai sekarang, skor benchmark masih menjadi tolak ukur performa di dunia HP dan OnePlus pernah ketangkap basah memanipulasi skor benchmark mereka, geng!

Di situs 2015, situs XDA Developers menuduh OnePlus menggunakan mode spesial di HP flagship OnePlus 5 untuk 'mencurangi' skor yang didapat HP tersebut.

Ditemukan bahwa ketika HP tersebut mendeteksi adanya aplikasi benchmark yang sedang berjalan, OnePlus 5 akan langsung mengoptimasi performa HP.

Masalahnya, mode spesial ini sama sekali tidak bisa digunakan sehari-hari yang membuat skor benchmark OnePlus 5 itu sebuah kebohongan massal, geng!

4. Huawei Menggunakan Hasil Foto dari Kamera DSLR

Huawei Nova 3 0f40b

Teknologi kamera HP memang sekarang sudah sangat ashiapp tapi kualitasnya masih kalah jauh dibandingkan kamera DSLR dan Huawei juga memiliki pikiran sama, geng!

Dalam mempromosikan HP kelas menengah Huawei Nova 3 keluaran 2018, brand China yang satu ini ketangkap basah memalsukan foto yang diambil menggunakan HP tersebut.

Alih-alih diambil menggunakan kamera HP Huawei Nova 3, Huawei malah menggunakan kamera DSLR yang tentunya memiliki kualitas jauh di atas.

Bodohnya, Huawei juga pernah terlibat skandal yang sama saat mempromosikan HP flagship Huawei P9 di tahun 2016, geng.

5. Skandal Samsung Galaxy Fold yang Rapuh

Galaxy Fold 29155

Ketika pertama kali ditunjukkan di awal 2019, HP foldable Samsung Galaxy Fold dijanjikan sebagai produk yang revolusioner yang akan dirilis di April 2019.

Sayangnya, kenyataan berkata beda dan banyak situs review yang mengeluhkan kalau layar HP Samsung Galaxy Fold yang mereka gunakan rusak dalam satu hari saja, geng!

Akhirnya, Samsung terpaksa memundurkan perilisan HP ini ke September 2019 selama mereka memperbaiki masalah ini.

Sayangnya, meskipun revisi Samsung Galaxy Fold tersebut jauh lebih tangguh, masih banyak masalah yang muncul pada HP foldable tersebut.

6. Skandal iPhone 6 Plus yang Gampang Bengkok

IPhone 6 Bendgate 49d72

Produk Apple iPhone sudah memiliki reputasi sebagai produk berkualitas tinggi dengan harga yang sama tinggi tapi reputasi ini hancur di seri iPhone 6, geng!

Di tahun 2014, muncul video dari Unbox Therapy yang menunjukkan HP iPhone 6 Plus yang berhasil dibengkokkan dengan mudah menggunakan tangan kosong saja.

Akhirnya muncul laporan dari pengguna yang mengeluhkan HP iPhone 6 yang mereka gunakan mendapat masalah yang sama.

Masalah ini akhirnya mendapat julukan Bendgate dan Apple sampai dituntut oleh pengguna mereka atas masalah ini, geng!

7. Skandal Throttling iPhone

IPhone Throttling 198f4

Apakah kalian merasa bahwa iPhone lawas yang kalian gunakan terasa lambat setelah menerima update dari Apple? Ternyata kalian nggak hanya sekedar paranoid loh.

Untuk menjaga agar iPhone versi lawas tetap bisa berfungsi normal meskipun dengan baterai yang sudah terdegradasi, iPhone menggunakan teknologi throttling.

Pada dasarnya, Apple membatasi performa chipset yang ada di HP kamu melalui update agar HP kamu tidak mati secara tiba-tiba dalam penggunaan berat, geng!

Masalah ini sempat menjadi skandal dan Apple didenda sebanyak 10 juta Euro atau sekitar Rp152 miliar atas aksi throttling mereka.

Akhir Kata

Itulah, geng, daftar 7 skandal terbesar yang pernah melanda dunia HP. Bahkan brand HP besar juga nggak bisa lepas dari skandal seperti ini loh.

Harga sudah nggak bisa lagi dijadikan sebagai penanda kualitas jadi kalian jangan malu-malu mencari alternatif brand HP China yang harganya murah, geng!

Apa kalian pernah menjadi korban skandal di atas? Atau ada skandal lain yang ingin kalian usulkan? Share di kolom komentar ya!

Baca juga artikel seputar Smartphone atau artikel menarik lainnya dari Fikri Harish

ARTIKEL TERKAIT
Banner D35d8

Bocoran Info Samsung Galaxy S11, Bakal Pakai Nama Samsung Galaxy S20?

Gadget Paling Aneh Di Ces 2020 Bdd2b

8 Gadget Paling Aneh dan Unik di CES 2020, Ada Laptop Mirip Samsung Galaxy Fold!

Banner 004fa

7 Brand Laptop yang Menghilang dari Pasaran, Banyak yang Bangkrut?

Waduh Ternyata Cara Kamu Ngecas Hp Selama Ini Salah 581f8

Waduh! Ternyata Cara Kamu Ngecas HP Selama Ini Salah Total

Banner F1b54

Daftar Lengkap HP yang Tidak Bisa Menggunakan WhatsApp Lagi, HP Kamu Termasuk?

Hp Anti Air D23ec

13 HP Anti Air Tahan Banting Murah dan Terbaik dari Berbagai Merek

Tags Terkait:

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal