• NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

7 Situs Jadul yang Masih Aktif Sampai Sekarang, Penggunanya Masih Banyak?

7 Situs Jadul yang Masih Aktif Sampai Sekarang, Penggunanya Masih Banyak?

00
Selasa, 28 Jan 2020, 14:00 WIB
Penasaran dengan bagaimana 'wajah' internet jaman dahulu? Kalian bisa lihat langsung di 7 situs jaman bahela yang masih aktif sampai sekarang, geng!

Geng, apakah kalian masih ingat dengan tren 10-year challenge yang sempat booming di dunia media sosial awal tahun 2019?

Pasti banyak deh dari kalian yang ngakak sendiri melihat perubahan kalian di 10 tahun terakhir. Jaka sendiri juga kaget dengan lingkar pinggang Jaka yang sangat membengkak, geng.

Tapi kalau kalian ingin melihat yang lebih ekstrim lagi, mungkin kalian tertarik untuk melihat beberapa situs jaman bahela yang sampai sekarang masih aktif?

7 Situs Jaman Bahela yang Masih Aktif Sampai Sekarang

Teknologi memang bisa dibilang adalah dunia yang bergerak sangat cepat. Jaka saja melihat HP Jaka yang dari tahun 2014 terasa seperti melihat barang antik.

Kalau ada dari kalian yang ingat bagaimana tampilan media sosial Facebook di tahun 2008 dan membandingkannya dengan yang ada sekarang pasti beda jauh banget, kan?

Uniknya, ternyata ada beberapa situs dari tahun 90-an yang sampai sekarang masih aktif dan menggunakan tampilan yang kurang lebih sama loh, geng!

Nah, di kesempatan ini Jaka mau membahas beberapa situs tersebut di daftar 7 situs jaman bahela yang masih aktif sampai sekarang!

1. Vortex Techonology (1986)

Vortex Technology 5058a

Kalian memang nggak salah baca, geng! Menurut situs Cambus, situs Vortex.com adalah situs ke-39 tertua dengan domain .com dalam sejarah internet.

Berdasarkan adanya link ke Twitter, situs Vortex.com sepertinya sudah diupdate di 10 tahun terakhir tapi sepertinya mereka sengaja menggunakan tampilan yang sama.

Hasilnya kita jadi bisa melihat seperti apa tampilan internet di tahun 1986 yang kelihatan sangat dasar banget dengan background putih saja, geng.

2. Welcome to Netscape (1994)

Netscape 67d57

Jauh sebelum browser Google Chrome mendominasi pasaran, browser Netscape merajai internet di pertengahan tahun 90-an.

Selayaknya aplikasi browser lain, nenek moyangnya Mozilla Firefox yang satu ini memiliki homepage mereka sendiri yang sampai sekarang masih aktif, geng!

Saking antiknya, halaman Welcome to Netscape bahkan menyediakan penjelasan dan tutorial pendek untuk konsep hyperlink loh!

3. Internet Explorer is Evil (1996)

IE Is Evil 1bbb5

Salah satu alasan utama dari kemunduran Netscape adalah browser Internet Explorer (IE) yang sudah di-bundle dengan sistem operasi Microsoft Windows.

Dikarenakan kepopuleran dari Microsoft Windows, browser IE menjadi pilihan utama pengguna dan banyak yang tidak senang dengan taktik Microsoft ini, geng.

Salah satunya adalah programmer Nathan Lineback yang sampai membuat situs berjudul Internet Explorer is Evil! untuk mengungkapkan kekesalannya.

Situs tersebut penuh dengan alasan dan bukti kebusukan Microsoft serta alasan konyol lainnya kenapa IE itu buruk untuk pengguna dan dunia secara umum, geng!

4. Space Jam (1996)

Space Jam C9627

Dari tahun 90-an, internet memang sudah banyak digunakan untuk wadah promosi film dan uniknya, ada beberapa situs tersebut yang sampai sekarang masih aktif.

Salah satunya adalah situs Space Jam, film unik yang mempertemukan atlit Michael Jordan dengan karakter kartun Looney Tunes seperti Bugs Bunny, geng.

Untuk mempromosikan film tersebut, situs Space Jam memiliki pengenalan terhadap karakter film, sinopsis cerita dari film, dan berita terbaru tentang Space Jam.

Di tahun 1996, situs seperti ini terhitung mutakhir tapi kalau melihatnya sekarang Jaka jamin pasti kalian senyum-senyum sendiri karena jadul banget, geng!

5. The Lost World: Jurassic Park (1997)

InGen 9c287

Situs Space Jam bukan satu-satunya situs film yang muncul di sini karena situs The Lost World: Jurassic Park juga masih bisa diakses sampai sekarang, geng.

Uniknya, film dinosaurus ini menggunakan taktik viral marketing di mana situs ini seakan-akan dibuat sebagai situs resmi perusahaan bernama InGen.

Tapi perusahaan tersebut sebenarnya adalah perusahaan fiktif yang di seri Jurassic Park berhasil membangkitkan kembali dinosaurus, geng.

6. San Francisco FogCam (1994)

FogCam 0eefc

Sekarang, konsep webcam sudah sangat awam berkat budaya livestreaming dan penggunaan CCTV yang sekarang sudah banyak banget.

Tapi di tahun 90-an, konsep webcam itu masih asing dan situs San Francisco Fog Cam bisa dibilang adalah salah satu pelopor tren webcam, geng!

Dimulai sebagai proyek mahasiswa San Francisco State University, situs ini memperlihatkan pemandangan di sekitar kampus dan sudah berjalan dari tahun 1994.

Situs ini adalah webcam tertua yang masih aktif dan ketika dikabarkan akan ditutup di pertengahan 2019, banyak media yang menyayangkan kejadian tersebut.

Untungnya, San Francisco State University setuju untuk terus mendukung situs ini dan sekarang kita masih bisa menikmati peninggalan tahun 90-an ini, geng!

7. Situs Kasus O.J. Simpson (1997)

OJ Simpson B5211

Nama ini mungkin terdengar asing di telinga kita tapi mantan atlit O.J. Simpson adalah sosok yang sangat populer di Amerika di akhir tahun 90-an.

Kepopuleran ini bukan karena hal baik karena dia disorot di publik setelah menjadi tersangka kasus pembunuhan mantan istrinya, geng!

Mungkin bisa dibilang dia mirip dengan sosok Jessica Wongso yang dituduh membunuh temannya, Mirna, dengan sianida di kasus yang meledak di tahun 2016.

Nah, untuk mengupas tuntas kasus ini, media CNN di Amerika sampai membuat situs tersendiri yang sampai sekarang masih bisa diakses.

Selain dari situs tersebut, kamu juga bisa mempelajari kasus ini melalui serial televisi The People v. O.J. Simpson yang mengadaptasi kasus ini, geng!

Akhir Kata

Itulah, geng, daftar 7 situs jaman bahela yang masih aktif sampai sekarang. Masa lalu memang sering menyakitkan tapi bisa jadi bahan guyonan juga loh.

Ketika iseng mengunjungi situs-situs di atas, Jaka merasa geli sendiri melihat teknologi jaman dulu yang agak menyedihkan.

Bagaimana menurut kalian tentang situs antik di atas? Apakah berhasil menggelitik perut kalian? Share di kolom komentar ya!

Baca juga artikel seputar Teknologi atau artikel menarik lainnya dari Fikri Harish

ARTIKEL TERKAIT
7 Film Terkenal Yang Ternyata Mencuri Idenya Dari Film Lain Star Wars Cuma Plagiat Bb84c

7 Film Terkenal yang Ternyata Mencuri Ide Film Lain, Lion King Cuma Plagiat?

7 Game Plagiat Yang Lebih Sukses Dari Versi Aslinya Memangnya Gak Malu 17473

7 Game Plagiat yang Lebih Sukses dari Versi Aslinya, Memangnya Gak Malu?

Anime Dinantikan 2020 Banner 0d538

7 Anime yang Paling Dinantikan Tahun 2020, Ada Attack on Titan The Final Season!

Banner 74559

10 Anime Terbaik Selama 10 Tahun Terakhir, No. 9 Semua Orang Pasti Nonton!

Anime Terbaik Sepanjang Masa Banner 0ecef

10 Anime Terbaik Sepanjang Masa, Wajib Banget Nonton!

Banner1 D7b99

7 Hal Konyol yang Selalu Muncul di Anime, Aneh Tapi Bikin Lucu!

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal