10 Situs File Sharing Terbaik untuk Mengirim File Ukuran Besar

17 October 2016

Pernahkah kamu mengalami kesulitan saat harus mengirim file dalam ukuran besar melalui email? Sedangkan lampiran file pada email memiliki batas maksimal 25MB saja. Nah, salah satu solusinya adalah kamu bisa meng-upload file kamu ke situs file sharing.

Sekarang ini, kebutuhan mengirim file dengan ukuran besar memang semakin meningkat. Dilansir dari Fossbytes, upload file ke layanan cloud storage memang bisa menjadi alternatif yang praktis, tentunya kamu harus menjaga keamanan privasi file tersebut. Maka dari itu, Jaka sudah rangkum 10 situs file sharing gratis terbaik untuk mengirim file dalam ukuran besar secara online.

1. ShareByLink

ShareByLink

ShareByLink adalah salah satu situs file sharing dan upload file terbaik untuk mengirim file dalam ukuran besar, gratis, tidak perlu registrasi, dan tidak repot. Kamu bisa langsung upload file melalui web atau melalui aplikasi yang tersedia untuk Windows, MacOS, dan Linux.

Menariknya, ketika kamu melakukan upload, kamu akan mendapatkan sebuah link yang dapat dibagikan langsung. Artinya, kamu tidak harus menunggu sampai upload selesai untuk mengirim link tersebut. Oh iya, link tersebut berlaku selama 30 hari.

2. Droplr

Droplr

Droplr adalah situs file sharing populer yang membuat aktivitas mengirim file ukuran besar menjadi lebih mudah. Droplr mendukung semua jenis file, tetapi paling cocok untuk berbagi file gambar karena memiliki kemampuan untuk menambah keterangan pada foto.

Kamu bisa login menggunakan akun Google, setelah itu bisa berbagi file sangat mudah, tinggal drag and drop saja. Versi gratis dari Droplr memiliki satu kelemahan utama, yakni link dari file tersebut hanya bertahan satu minggu. Dalam versi premiumnya, kamu akan mendapatkan lebih banyak fitur tambahan seperti proteksi password, fitur self-destruct, dan URL tersembunyi.

3. PlusTransfer

PlusTransfer

Situs file sharing terbaik selanjutnya untuk mengirim file dalam ukuran besar adalah PlusTransfer. Penggunaannya pun lebih mudah dan sederhana, tidak memerlukan registrasi atau membuat akun. Kamu juga tidak perlu melakukan instalasi perangkat lunak. Kamu hanya perlu membuka uploader secara online, klik tombol+ besar, pilih file, lalu masukkan alamat email, dan tekan kirim.

Layanan ini 100% gratis dan memungkinkan kamu mengupload file hingga ukuran 5GB secara gratis. Ya, PlusTransfer benar-benar menawarkan metode yang paling sederhana untuk berbagi file besar dan kamu tidak memerlukan pengetahuan teknis.

4. SendThisFile

SendThisFile

Kelebihan situs file sharing SendThisFile adalah fitur keamanannya, yang memungkinkan kamu mengirim dan menerima file besar dengan aman. Selain itu, SendThisFile juga kaya fitur dan bisa berlangganan dengan biaya murah untuk mendapatkan semua fitur yang ada.

Baik untuk individu atau bisnis, kamu dapat dengan aman dan mudah mengirim file dari berbagai ukuran, di mana saja di seluruh dunia. Untuk berbagi file aman, SendThisFile menggunakan enkripsi 128-bit. Kamu dapat berlangganan untuk mendapatkan 500GB penyimpanan online dan akses file 14 hari. Untuk versi gratisnya, dibatasi hanya sampai 2GB.

5. Dropcanvas

Dropcanvas

Dropcanvas adalah website file sharing online yang cukup populer untk berbagi banyak file dengan orang lain. Tampilan antarmukanya sederhana dan interaktif sehingga membuat segalanya mudah. Kamu cukup melakukan drap and drop file untuk share, kamu juga dapat melihat preview dari file yang telah kamu unggah.

Dropcanvas memungkinkan kamu untuk berbagi file data hingga batas maksimal 5GB dengan waktu penyimpanan 14 hari untuk versi gratisnya. Ada juga versi berbayarnya, di mana Dropcanvas menyediakan ruang simpan hingga 100GB dengan waktu penyimpanan tidak terbatas.

6. GE.TT

Ge.tt

Kelebihan GE.TT adalah memungkinkan kamu mengupload beberapa file secara bersamaan, kamu cukup drag and drop. Terdapat pilihan untuk berbagi file secara langsung di Facebook dan media sosial lainnya. File yang di-upload akan dihapus secara otomatis dalam 30 hari.

Dengan mendaftar, kamu mendapatkan ruang penyimpanan gratis sebesar 2GB. Jika kurang, kamu bisa memutuskan untuk berlangganan dengan upgrade ke akun premium untuk mendapatkan lebih banyak fitur dan ruang penyimpanan.

7. Snaggy

Snaggy

Snaggy pada dasarnya adalah alat untuk berbagi foto. Untuk berbagi file online dan screenshot secara sederhanan tanpa melakukan instalasi atau download software. Dengan menekan beberapa tombol, kamu dapat menyalin gambar ke clipboard dan langsung paste pada antarmuka web. Kamu dapat langsung mengedit screenshot tersebut sebelum membaginya.

8. Files2U

Files2U

Sama seperti aplikasi di atas, Files2U adalah salah satu website file sharing gratis terbaik untuk mengirim file besar. Untuk menggunakan layanan ini, kamu tidak perlu mendaftar. Cukup masukkan beberapa alamat, nama kamu, pilih file, dan tekan tombol upload. Files2U akan mengirimkan nomor pin untuk penerima yang dapat digunakan untuk membuka file. Jadi, dipastikan file tersebut aman.

9. Wikisend

Wikisend

Selanjutnya adalah Wikisend yakni layanan sharing file gratis yang dapat memecahkan kebutuhan online kamu. Uploader web ini memiliki antarmuka sederhana yang memungkinkan ukuran file maksimal 100MB. Harap dicatat bahwa file dengan life time 1-7 hari, mendapatkan dukungan kecepatan penuh. Kamu juga diperbolehkan untuk mengatur password untuk melindungi file.

10. File Dropper

File Dropper

File Dropper adalah salah satu alternatif situs file sharing yang memiliki tampilan sederhana. Antarmuka dari web uploader ini terbilang bersih, dan hanya meminta kamu untuk memilih file serta pekerjaan yang dilakukan. Kamu dapat meng-upload file hingga ukuran 5GB dan langsung menyajikan link untuk dapat dibagikan. File tersebut pun akan bertahan hingga 30 hari. Setelah upload selesai, kamu akan mendapatkan kode embed untuk berbagi di website dan forum. Masih kurang, tinggal upgrade ke premium untuk mendapatkan akses hingga 250GB.

10 website file sharing untuk mengirim file ukuran besar di atas, tentunya memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing. Tercatat ShareByLink adalah yang paling lengkap karena gratis dan tersedia dalam aplikasi desktop maupun uploader web. Tapi, bagian yang menariknya adalah karena kode sumber open source, dan kamu bisa menggunakan server sendiri untuk meningkatkan pengaturan keamanan.

SUKA
0%
LUCU
0%
KAGET
0%
ANEH
0%
TAKJUB
0%
SEDIH
0%
MARAH
0%
TAKUT
0%

Tentang Penulis

Profile Picture
REPUTASI
KONTRIBUSI

Komentar