J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • HOME
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
 

              10 Situs Berguna yang Harus Diketahui Setiap Freelance Writer

              10 Situs Berguna yang Harus Diketahui Setiap Freelance Writer

              00
              Kamis, 1 Jun 2017, 17:00 WIB
              Kamu seorang freelance writer, blogger, ataupun jurnalis? Berikut adalah 10 situs yang berguna untuk menunjang kamu dalam menulis.

              Di era digital saat ini, mulai bermunculan profesi baru yang mungkin tidak kita duga sebelumnya. Salah satunya adalah freelance writer atau penulis lepas.

              Menjadi freelance tentunya punya kelebihan dan tantangan tersendiri. Enaknya waktu kerjanya fleksibel dan tidak perlu macet-macetan untuk berangkat dan pulang kerja.

              Namun, modal utama menjadi freelance tidak cuma modal nekat. Selain kamu harus bisa kreatif dan inovatif, skill yang mumpuni dalam menulis mutlak harus kamu miliki.

              BACA JUGA
              • Mau Ngelamar Kerja? Yuk, Buat Creative CV Dengan 4 Situs Ini!
              • 7 Situs Download Stok Video Gratis Berkualitas Tinggi, YouTuber Wajib Tahu!
              • Berikut Situs yang Buat Kamu Jago Ngetik 10 Jari!

              Tool Berguna yang Harus Diketahui Setiap Freelance Writer

              Freelance Writer

              Sumber foto: Foto: Wonderful-world

              Seorang freelance writer harus punya modal seperti pengetahuan tentang SEO, pencarian ide baru, mencari keyword dan penerapannya, serta masih banyak lagi untuk menghasilkan artikel yang berkualitas dan mampu menjual.

              Buat kamu seorang freelance writer, blogger, atau pun jurnalis, Jaka kasih tahu nih rahasia menjadi penulis 'kondang'. Berikut adalah 10 situs berguna yang wajib kamu buka supaya bisa membuat artikel yang berkualitas, menarik, informatif, unik, dan menghibur.

              1. Hemmingway

              Hemmingway

              Menulis bukan hanya sekedar memamerkan kosakata kamu yang luas. Tugas kamu adalah untuk membuat artikel dapat dibaca dan mudah dimengerti.

              Hemmingway akan membantu kita untuk memeriksa tugas itu. Hemmingway akan menyoroti kalimat yang kompleks atau kurang dimengerti.

              2. Ahrefs Site Explorer

              Ahrefs Site Explorer

              Ahrefs adalah tool marketing populer yang membantu kamu meneliti backlink, lalu lintas organik, dan keyword. Ahrefs juga menghasilkan laporan dan membandingkan kamu dengan konten pesaing di Google ataupun media sosial.

              Data tersebut tentunya sangat berguna bagi penulis dalam mencari ide-ide untuk membuat artikel dalam mengembangkan blog atau situs baru. Kamu bisa mencoba secara gratis selama 2 minggu. Jika cocok, kamu bisa mempertimbangkan untuk berlangganan.

              3. Coschedule Headline-analyze

              Coschedule Headline Analyze

              Coschedule adalah alat untuk menganalisis skor dari judul yang kamu buat. Coschedule akan membedakan kata-kata yang dianggap umum, jarang, kuat, dan emosional.

              Coschedule juga memperlihatkan bagaimana judul kamu itu terlihat di mesin pencari Google. Yang membuatnya keren adalah Coschedule juga memberikan kamu beberapa tips untuk membuat judul yang bagus.

              4. Canva

              Canva

              Gambar pada artikel itu juga merupakan faktor penting. Canva memastikan kamu memaksimalkan dengan baik. Alat ini memungkin kamu membuat gambar atau banner untuk artikel, infografik, bahkan gambar untuk di-posting ke media sosial.

              Kamu dapat menambahkan teks pada gambar, membuat gambar dengan template tertentu atau menyesuaikan sesuai dengan kebutuhan kamu. Canva adalah editor online yang mudah dan powerful.

              5. Copyscape

              Copyscape

              Plagiarisme alias "copy paste" adalah masalah umum dalam bisnis menulis. Nah, situs Copyscape ini akan membantu kamu mengecek apakah sebuah artikel itu asli atau tidak.

              Hal ini tentunya sangat berguna, jika kamu ingin mem-posting dari blog kamu atau kamu membayar orang untuk menulis buat kamu.

              6. TweetDis

              Tweetdis

              Dengan tool TweetDis ini kamu dapat menambahkan kotak teks dengan desain menarik dalam artikel kamu atau menyorot teks tertentu untuk mendorong orang melakukan tweet.

              Dengan ini tulisan kamu akan dibagikan lebih banyak ke Twitter. Desain kotaknya juga dapat kamu sesuaikan dengan template blog kamu.

              7. WordCounter

              Wordcounter

              WordCounter adalah situs untuk mengetahui jumlah kata, karakter, kalimat, paragraf, level membaca, waktu baca, dan waktu bicara.

              Dengan WordCounter, kamu dapat mengetahui kata-kata yang sering kamu ulang. Sehingga kamu dapat menggantinya dengan padanan kata lainnya.

              8. Focus Booster

              Focus Booster

              Masalah kurang konsentrasi sering hinggap pada seorang freelance writer. Nah, kamu dapat memaksimalkan waktu kamu secara sederhana dengan teknik Pomodoro.

              Situs Focus Booster membantu kamu untuk mempraktikkan teknik ini. Dengan begitu, semua deadline kamu bisa selesai tepat waktu.

              9. TextExpander

              Textexpander

              Selain menguasai mengetik dengan 10 jari untuk menulis artikel dengan cepat, kamu juga butuh teknik tambahan lain untuk meningkatkan produktivitas.

              Nah, salah satunya adalah dengan memanfaatkan TextExpander. Tool ini keren banget, jadi kamu bisa bikin kamus sendiri. Misalnya kamu atur menulis "terima kasih" dengan hanya menulis "tk". Jika dipelajari lebih lanjut, produktivitas kamu pasti bisa meningkat.

              10. Feedly

              Feedly

              Sebagai seorang penulis, tentunya kita butuh ide segar dan juga harus selalu up-to-date. Kamu bisa menggunakan Feedly untuk berlangganan berita terbaru.

              Kamu dapat mencari situs dengan topik tertentu dan mengumpulkan semua berita dari berbagai situs menjadi satu tempat. Feedly tersedia versi web dan aplikasi Android.

              Itulah 10 situs yang sangat bermanfaat untuk kamu para 'kuli tinta', khususnya freelance writer. Penting untuk memaksimalkan setiap tool tersebut, jadi pelajari dengan serius untuk merasakan manfaatnya.

              Jadi, bagaimana pendapat kamu mengenai sederet situs di atas dan soal pekerjaan freelance? Apakah kamu juga tertarik? Share lewat kolom di bawah ini ya!

              Banner foto: Blog.shamsherkhan.com

              APPS TERKAIT
              Y Music 728c0
              YMusic - YouTube Music Player & Downloader 3.1.3
              Apps Garent Games

              Keluar dari JalanTikus

              Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

              Ya
              Batal