Tanpa Instal! 5 Sistem Operasi Berbasis Cloud Ini Bisa Kamu Pakai Di Browser

21 March 2017

Windows, Mac OS, dan Linux, jika berbicara seputar sistem operasi desktop, ketiga nama tersebut memang tak pernah absen. Tapi dengan semakin cepatnya akses internet yang tersedia, cloud based operating system pun semakin jamak ditemui.

Chrome adalah salah satu pionir dalam industri ini. Dengan basis aplikasi yang begitu besar dan dukungan dari berbagai vendor laptop, Chrome OS pun menjadi salah satu cloud operating system yang cukup populer. Namun, Chrome OS ternyata bukanlah satu-satunya pemain di industri cloud OS ini. Inilah sistem operasi berbasis cloud yang bisa kamu gunakan di browsermu.

Tanpa Instal! 5 Sistem Operasi Berbasis Cloud Ini Bisa Kamu Pakai di Browser

1. ZeroPC

ZeroPC

Cloud OS yang satu ini memiliki konsep yang mirip seperti cloud OS besutan Google. Untuk menggunakannya, kamu hanya memerlukan browser saja. Aplikasi berbasis cloud yang tersedia juga cukup beragam seperti Dropbox, Google Drive, Evernote, Flickr, Facebook, dan masih banyak lagi. ZeroPC juga menyediakan free storage sebesar 100 GB untuk penggunanya. Selain tersedia dalam versi web, ZeroPC juga tersedia untuk platform Android dan iOS.

2. CloudMe

CloudMe

CloudMe OS merupakan platform yang menawarkan lingkungan kerja yang dapat diakses cukup dengan browser, sama seperti cloud operating sistem pada umumnya. CloudMe juga menawarkan layanan gratis untuk pengguna personal dan layanan berbayar untuk bisnis. Beberapa fitur yang disediakan oleh CloudMe di antaranya adalah file sharing, streaming musik, dan penyimpanan foto.

3. EyeOS

EyeOS

Bisa dibilang EyeOS adalah cloud operating system yang didesain untuk para profesional. Desktop environment cloud OS yang satu ini juga terlihat menarik dan modern menggunakan teknologi yang disebut dengan virtual web desktop. Kamu bahkan bisa menemukan berbagai aplikasi yang biasa kamu gunakan di Windows desktop maupun Linux desktop. Sama seperti cloud OS pada umumnya, EyeOS juga dapat diakses menggunakan browser.

Inilah 8 Aplikasi Cloud Storage GRATIS Terbaik
Inilah 8 Aplikasi Cloud Storage GRATIS Terbaik
Inilah 8 Aplikasi Cloud Storage GRATIS Terbaik
Baca

4. Chrome OS

Chrome OS

Dibandingkan dengan cloud OS lain, Chrome OS adalah salah satu cloud OS yang paling banyak digunakan pengguna saat ini. Cloud OS yang satu ini memang secara khusus tersedia untuk Chromebook. Akan tetapi, sejatinya OS yang satu ini juga tersedia dalam bentuk lain yakni dalam balutan Chrome Browser.

Desktop environment yang disajikan pada Chrome Browser memang lebih minimalis dibandingkan dengan yang ada pada Chromebook. Kamu hanya akan melihat ikon-ikon aplikasi yang terinstal di dalam peramban ini saja. Aplikasi yang tersedia untuk cloud OS besutan Google ini juga semakin banyak. Bahkan, kamu bisa menemukan berbagai aplikasi menarik di Chrome Web Store.

5. Windows 10 Cloud

Windows 10 Cloud

Cloud OS yang satu ini sebenarnya belum resmi dirilis. Akan tetapi, beberapa bocoran telah tersebar di dunia maya. Dalam bocoran yang beredar juga terlihat bahwa Windows 10 cloud ini memiliki antarmuka yang mirip seperti Windows 10 versi desktop. Karena sistem operasi ini mengusung konsep cloud, data-data dan aktivitas yang dilakukan dalam OS ini juga akan terintegrasi dengan cloud. Ini berarti sangat mungkin bagi pengguna untuk mengakses data-data mereka dari perangkat lain.

Nah, itulah 5 sistem operasi berbasis cloud yang bisa kamu gunakan di browsermu. Kamu punya alternatif sistem operasi berbasis cloud lainnya? Ayo, share di kolom komentar di bawah ini ya!

SUKA
0%
LUCU
0%
KAGET
0%
ANEH
0%
TAKJUB
0%
SEDIH
0%
MARAH
0%
TAKUT
0%

Tentang Penulis

Profile Picture
REPUTASI
KONTRIBUSI

Komentar