Sudah Tahu Siapa Pengisi Suara Google? Ternyata Artis Hollywood!

Default

Bagi kamu yang terbiasa menggunakan Google Assistant di smartphone maupun Google Home, pasti kamu sudah tidak asing dengan suara yang menjawab pertanyaan atau perintahmu. Tapi, pernahkah kamu penasaran siapa pengisi suara Google?

Sampai saat ini pun masih banyak yang berusaha mencari tahu, khususnya sosok di balik pengisi suara Google wanita yang menjadi default dari Google Assistant.

Fitur yang dirilis sejak 2016 ini dianggap sebagai asisten paling canggih dan dinamis di antara fitur serupa dari kompetitor. Oleh karena itu, banyak orang mempertimbangkan membeli Google Home dibanding Amazon Echo atau Apple HomePod.

Kerennya lagi, ternyata Google Assistant diisi suara oleh tokoh terkenal Hollywood, lho. Daripada kamu penasaran siapa pengisi suara Google, simak penjelasannya di bawah ini.

Misteri Pengisi Suara Google Assistant Akhirnya Terungkap

Meskipun pendiri Google sudah tidak lagi menjabat di sana, namun raksasa teknologi ini masih terus mengembangkan inovasi yang dapat memudahkan para penggunanya, salah satunya melalui Google Assistant.

Kemampuannya pun bermacam-macam, seperti memberikan informasi soal cuaca, mengarahkan jalan, mencari restoran terdekat, menjalankan timer, membuat janji temu, membacakan notifikasi, hingga memainkan game.

Terlepas dari fungsinya yang begitu beragam, masih banyak yang penasaran dengan pengisi suara Google Assistant. Apakah kamu juga termasuk salah satunya?

Tenang saja, kamu bisa menemukan jawabannya di bawah. Tapi sebelumnya, yuk, kenali lebih lanjut mengenai fitur Google Assistant terlebih dahulu.

Apa Itu Google Assistant?

Siapa Pengisi Suara Google 08c31
Sumber foto: The Indian Wire

Google Assistant adalah asisten virtual berbasis artificial intelligence (AI) yang dikembangkan oleh Google dan tersedia secara luas untuk smartphone dan perangkat smart home.

Berbeda dengan fitur pendahulunya yang bernama Google Now, kini pengguna dapat melakukan percakapan dua arah dengan Google Assistant, sehingga terasa lebih natural.

Selain itu, dengan adanya fitur baru berupa Continued Conversation, pengguna tidak perlu mengucapkan "OK Google" atau "Hey Google" lagi setiap kali menanyakan atau memberikan perintah baru dalam percakapan yang sedang berlangsung.

Mudahnya cara mengaktifkan Google Assistant di HP dan Google Home membuat banyak orang menggemari fitur ini, bahkan tidak jarang mengajaknya berbincang.

Nah, kamu semakin penasaran, kan, siapakah pengisi suara Google yang selama ini kamu ajak bicara? Kalau begitu, langsung saja ketahui jawabannya di bawah ini.

Siapa Pengisi Suara Google Assistant?

Siapa Pengisi Suara Google Translate B7972
Sumber foto: The Verge

Pada perhelatan Google I/O 2018 di Mountain View, California, Sundar Pichai selaku CEO Google memperkenalkan enam suara baru untuk Google Assistant. Artinya, saat ini tersedia delapan suara, yaitu empat suara pria dan empat suara wanita.

Tapi, bukan hanya enam suara tersebut yang diperkenalkan kepada publik. Terungkap bahwa penyanyi, aktor, dan produser John Legend turut mengisi suara untuk Google Assistant Amerika Serikat sebagai voice cameo dalam waktu terbatas.

Selain itu, suaranya hanya akan merespons beberapa perintah dasar, seperti mengucapkan "Hai", membacakan berita cuaca, atau menjawab pertanyaan "Siapa Chrissy Teigen?".

Penggunaan suara John Legend sebagai asisten virtual Google didukung oleh teknologi bernama WaveNet dari perusahaan DeepMind yang telah diakuisisi Google pada 2014.

Teknologi sintesis suara ini mampu menyimulasikan satu kosakata penuh dari sample suara Legend, sehingga ia tidak perlu menghabiskan banyak waktu di studio untuk melakukan rekaman suara Google Assistant. Oleh karena itu, Google kembali mengajak artis Hollywood lain sebagai voice cameo.

Siapa Pengisi Suara Google Assistant Indonesia 350d0
Sumber foto: The Verge

Pada 10 Oktober 2019, Issa Rae resmi diperkenalkan sebagai pengisi suara Google Assistant yang baru, tentu sifatnya sementara seperti John Legend. Kalau kamu belum tahu siapa pengisi suara Google Assistant yang satu ini, ia adalah seorang aktris, penulis, dan produser.

Sayangnya, suara Rae juga hanya tersedia untuk Google Assistant Amerika Serikat. Ia bisa merespons beberapa pertanyaan dan perintah, seperti "Apakah aku butuh payung hari ini?", "Bagaimana penampilanku?", atau "Nyanyikan sebuah lagu".

Sama seperti Legend, suara Issa Rae bisa didengarkan pada semua perangkat yang memiliki fitur Google Assistant, termasuk Google Home, Google Nest Hub Max, HP Android terbaru, dan iPhone.

Cara Mengubah Suara Google Assistant

Google Assistant Cdd86
Sumber foto: Android Central

Setelah kamu mengetahui siapa pengisi suara Google Assistant, pasti kamu jadi tertarik untuk menggunakan suara mereka, kan? Sayangnya, suara John Legend tidak lagi ada di Google Assistant sejak Maret 2020.

Sebelumnya, suara penyanyi All of Me ini akan terdengar ketika kamu mengatakan "Hey, Google, talk like a Legend ", sementara suara Issa Rae bisa diaktifkan dengan "Hey, Google, talk like Issa".

Tapi, jangan khawatir. Kamu tetap bisa mengubah suara Google Assistant berdasarkan delapan pilihan yang ada. Cara mengganti suara Google Assistant juga sangat mudah, kok.

Namun, hingga saat ini belum ada artis Indonesia yang menjadi pengisi suara Google Assistant Indonesia. Kalau ada, pasti seru juga. Kira-kira, siapa artis yang cocok sebagai pengisi suara Google Indonesia?

Akhir Kata

Itu dia jawaban atas pertanyaan siapa pengisi suara Google, khususnya Google Assistant, yang banyak diajukan oleh orang-orang. Ternyata, sosoknya sudah kita kenal selama ini, ya.

Sayangnya, suara mereka hanya tersedia untuk pengguna di Amerika Serikat. Tapi setidaknya kamu jadi tidak penasaran lagi, kan, dengan pengisi suara Google Assistant?

Baca juga artikel seputar Out Of Tech atau artikel menarik lainnya dari Sheila Aisya Firdausy.

ARTIKEL TERKAIT
10 Alasan Kenapa Google Inbox Jauh Lebih Baik Dari Gmail
10 Alasan Kenapa Google Inbox JAUH Lebih Baik dari Gmail
Aplikasi Lokal Populer E4e26
10 Aplikasi Android Lokal Karya Anak Bangsa Paling Populer di Google Play Store
Student Mobile 2657187b F3416
10 Aplikasi Paling Berguna Untuk Pelajar Menurut Google Play Store
Get Pixels Google Assistant Working Other Android Devices1280x600
5 Fungsi Rahasia Google Assistant Ini Pasti Belum Kamu Ketahui
Cara Mematikan Google Assistant 2ef41
Cara Mematikan Google Assistant | Lengkap Dengan Mematikan Pop-Up
D6f61c02273ff35969ed70ab77139147
Cara Jitu Pakai Google Assistant Di Semua HP Android Tanpa Root
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal