J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Ingin Jadi Ahli IT Sukses? Ini Macam-Macam Sertifikat Profesional Yang Wajib Kamu Miliki

Ingin Jadi Ahli IT Sukses? Ini Macam-Macam Sertifikat Profesional Yang Wajib Kamu Miliki

Jumat, 9 Jun 2017, 14:00 WIB
Kali ini Jaka akan membahas beberapa sertifikasi bidang IT yang wajib kalian miliki jika ingin menjadi seorang ahli IT yang sukses.

Bidang Teknologi Informasi merupakan salah satu bidang ilmu yang sangat berkembang saat ini. Alasan di balik pesatnya perkembangan bidang teknologi informasi ini adalah karena bidang yang satu ini dapat dikombinasikan dengan berbagai bidang lain untuk memudahkan pekerjaan manusia.

Dengan pesatnya perkembangan bidang teknologi informasi, banyak sekali orang yang berbondong-bondong mempelajari bidang ini di bangku kuliah maupun secara otodidak dengan harapan bisa menjadi seorang ahli IT yang sukses. Namun, untuk sukses di bidang yang melibatkan lebih banyak logika, analisis dan praktik ini ternyata tidak hanya sekedar memerlukan kemampuan tapi juga membutuhkan pengakuan yang dibuktikan dengan sertifikat keahlian. Berkaitan dengan hal tersebut, kali ini Jaka akan membahas beberapa sertifikasi bidang IT yang wajib kalian miliki jika ingin menjadi seorang ahli IT yang sukses.

BACA JUGA
  • Mau Jadi Master Jaringan? Kamu Wajib Dapatkan 3 Sertifikat Ini!
  • Cara Mudah Membuat Sertifikat Facebook University
  • Inilah 5 Programmer Wanita Cantik Terkenal di Seluruh Dunia

Ingin Jadi Ahli IT Sukses? Ini Macam-Macam Sertifikat Profesional yang Wajib Kamu Miliki

1. CompTIA

E321a8a80dd582e74a14a12503b48331
Foto: CompTIA

Sertifikasi CompTIA merupakan jenis sertifikasi yang diperuntukkan untuk mereka yang ingin mengawali karier dan juga mereka yang sudah berkarier di bidang IT. Sertifikasi CompTIA ini sendiri terdiri atas 3 jenis sertifikasi yaitu:

  • CompTIA A+ untuk kalian yang ingin mendapatkan pengakuan di bidang hardware dengan sejumlah pengetahuan seperti troubleshooting, perbaikan serta maintenance, memahami lebih dalam tentang konsep sistem operasi, jaringan komputer, dan keamanan komputer. Sertifikasi yang satu ini sangat cocok untuk mereka yang ingin menjadi seorang IT Support.

  • CompTIA Network+ untuk kalian yang ingin mendapatkan pengakuan di bidang jaringan komputer, mulai dari konsep infrastruktur jaringan, maintenance, dan manejemen serta troubleshooting permasalahan jaringan komputer.

  • CompTIA Security+ untuk mereka yang ingin mendapatkan pengakuan di bidang keamanan sistem komputer.

2. Cisco

4a66f2111643f7ab7339db4e7d10d5de
Foto: benchmarklearning.com

Sertifikasi Cisco merupakan jenis sertifikasi yang khusus diperuntukkan bagi mereka yang ingin menjadi seorang ahli jaringan komputer dengan menggunakan teknologi Cisco. Sertifikasi ini sudah memiliki reputasi yang sangat besar selama bertahun-tahun yang mana terbagi atas 5 tingkatan:

  • Entry Level untuk para pemula di bidang jaringan komputer.

  • Associate Level untuk mereka yang ingin mendapatkan pengakuan karena kemahiran di bidang jaringan komputer seperti teknik instalasi, konfigurasi, pengoperasian dan troubleshooting jaringan.

  • Professional Level merupakan tingkatan lanjut yang diperuntukkan bagi mereka yang ingin mendapatkan pengakuan terkait pengetahuan aspek jaringan komputer di yang lebih tinggi lagi dan umumnya mereka yang sudah berada pada tingkat ini sudah bisa dikatakan sebagai ahli jaringan komputer.

  • Expert Level merupakan tingkatan untuk mereka yang ingin mendapatkan pengakuan terkait pengetahuan mereka seputar jaringan komputer secara mendalam dan sertifikasi pada tingkat ini diakui secara internasional.

  • Architect Level merupakan tingkatan paling tinggi yang diperuntukkan bagi mereka yang ingin mendapatkan pengakuan dan menjadi seorang arsitek jaringan komputer dengan kemampuan memahami jaringan komputer pada tingkatan yang sangat kompleks (Global).

3. Oracle

7653d3ed10e8c8994ebf4ed70799a0e2
Foto: quora.com

Sertifikasi Oracle merupakan sertifikasi yang diperuntukkan bagi mereka yang ingin menguasai penggunaan dan pemanfaatan teknologi Oracle. Sertifikasi ini sendiri terbagi atas tiga jenis yaitu:

  • Certified Associate untuk mereka yang ingin mendapatkan pengakuan terkait pemahaman dasar seputar administrasi database dan pengembangan aplikasi menggunakan produk Oracle.

  • Certified Professional untuk mereka yang ingin mendapatkan pengakuan terkait penguasaan teknologi Orcle ke tingkat yang lebih tinggi lagi terutama dalam hal administrasi database dan web serta pengembangan aplikasi.

  • Certified Master merupakan tingkatan tertinggi yang diperuntukkan bagi mereka yang kemampuannya dalam menggunakan dan mengembangkan produk Oracle sudah diakui.

4. Microsoft

870ca6e650599e7ab0a99f0f64aaac0b
Foto: microsoft.com

Sertifikasi Microsoft merupakan jenis sertifikasi yang diperuntukkan bagi mereka yang ingin memahami dan menguasai berbagai produk dari Microsoft sebagai penunjang dalam karier di bidang IT. Sertifikasi Microsoft ini sendiri terdiri atas 4 jenis yaitu:

  • Office Specialist (MOS) untuk mereka yang ingin mendapatkan pengakuan kemampuan menggunakan Microsoft Office dalam memenuhi berbagai kebutuhan pekerjaan atau bisa dibilang sertifikasi ini diperuntukkan bagi mereka yang ingin mahir menggunakan office secara mendalam.

  • Technology Associate (MTA) untuk mereka yang ingin mendapatkan pengakuan terkait pemahaman mereka tentang dasar pengembangan teknologi informasi.

  • Certified Solutions Developer (MCSA) untuk mereka yang ingin mendapatkan pengakuan atas kemampuan profesional mereka di bidang IT. Sertifikasi yang satu ini sangat cocok untuk para profesional IT dan juga mahasiswa yang ingin memperdalam pengetahuan IT mereka.

  • Certified Solutions Expert (MCSE) untuk mereka yang kemampuannya sudah tidak diragukan lagi. Mereka yang mendapatkan sertifikat pada tingkat ini umumnya sudah mampu memberikan solusi profesional yang inovatif di bidang IT serta mampu memenuhi tuntutan kerja yang sangat kompleks.

Itulah tadi 4 sertifikasi yang wajib kalian miliki jika ingin sukses di bidang IT, semoga bermanfaat dan selamat belajar. Kalian bisa memilih sertifikasi sesuai dengan minat dan bakat kalian serta pastikan ketika kalian mengambil sertifikasi tersebut, kalian harus serius dalam pembelajarannya. Akhir kata, jangan lupa meninggalkan jejak di kolom komentar serta share ke teman-teman kalian.

ARTIKEL TERKAIT
Banner Honeywellcarrers Bedaprogrammer

Jangan Keliru! Ini Perbedaan antara Hacker, Developer, dan Programmer

Banner Nixtrain Tempat Latihan

Dahsyat! Ini Dia Tempat Para Master Jaringan Berlatih!

Jenis Virus Komputer Banner 43b9d

12 Jenis Virus Komputer Berbahaya 2018|Bisa Kamu Buat!

C7179811e6e337fe4f0b5f27e2d791f2

10 Pekerjaan Programming yang Untuk Jadi Programmer Handal

Banner Synology

Synology Perkenalkan Produk Keamanan Jaringan Tercanggih!

Tags Terkait:

APPS TERKAIT
Capsa Royale Icon
Capsa Royale 3.1.1
Games 88 Entertaiment
Jalantikus Icon
JalanTikus 2.5.2
Apps JalanTikus.com
Babe Baca Berita Indonesia Icon
Babe - Baca Berita 7.6.2
Apps Mainspring
Dress Up Diary Icon
Dress Up Diary 1.3.43
Games Maingames
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal