J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

7 Adegan dalam Film Terkenal Ini Dikira CGI, Padahal Asli!

7 Adegan dalam Film Terkenal Ini Dikira CGI, Padahal Asli!

Minggu, 27 Sep 2020, 17:30 WIB
Nggak semua adegan keren nan ajaib di film dibuat menggunakan CGI, geng. Nyatanya, film-film ini menggunakan kreativitas penuh lho dalam membuatnya!

Computer-Generated Imagery atau CGI udah lama banget menjadi bagian penting dari pembuatan film, terutama film fantasi atau action, yang notabene membutuhkan efek lebih banyak dari genre film lainnya.

Nggak jarang, banyak film yang seolah bergantung dengan CGI untuk memberi efek fantastis dalam adegan-adegannya, geng.

Akhirnya, trik-trik kreatif dalam efek praktis yang biasanya dibuat oleh tim produksi mulai ditinggalkan. Wajar saja, karena membuat efek dengan CGI jauh lebih mudah dan cepat ketimbang efek praktis.

Tetapi, masih banyak lho film-film yang nggak menggunakan CGI dan berhasil membuat efek yang keren. Masa, sih? Yuk, cari tahu 10 di antaranya!

Adegan Film yang Dikira Menggunakan CGI

Akibat maraknya penggunaan CGI dalam adegan-adegan film, penonton jadi jarang bisa membedakan adegan yang dibuat dengan CGI dengan yang menggunakan efek praktis alias membuatnya secara real, geng.

Sayangnya, beberapa adegan dalam film berikut ini juga sempat 'tertuduh' menggunakan CGI, padahal enggak sama sekali, lho!

Nah, biar kalian tahu film apa aja itu, ini dia 10 adegan dalam film yang dikira menggunakan CGI!

1. Meledaknya Gedung Putih - Independence Day (1996)

Dalam film yang bercerita tentang sekelompok manusia yang selamat di gurun Nevada setelah terjadinya alien invasi ini, ada satu scene di mana Gedung Putih meledak setelah dibidik oleh seberkas sinar yang ditembakkan.

Walaupun scene penghancuran dunia yang ada di segmen sebelumnya memang dibuat menggunakan komputer, terkhusus bagian ini, seluruhnya dilakukan dengan efek praktis.

Para kru efek khusus membuat sebuah replika Gedung Putih yang sangat detail, lalu bahan peledak kecil ditempatkan dengan hati-hati di dalam replika tersebut. Ledakannya sendiri direkam dengan mode slow-motion, geng.

See, nggak kalah kan, dengan hasil efek komputer.

2. Menangkap baki - Spider-Man (2002)

Film Spider-Man yang pertama kali diproduksi ini memang menunjukkan betapa culunnya karakter Peter Parker yang diperankan oleh Tobey Maguire, setuju?

Tetapi, ada salah satu scene yang bikin Peter terlihat kece. Inget gak, adegan di kafetaria sekolah, dimana Mary Jane lewat dan kepeleset, dan baki makanannya terlempar ke udara?

Dengan sigap, Peter segera menangkap MJ dan juga menangkap baki makanan yang terlempar itu beserta menu makan siangnya. Kelihatan banget deh kalo itu CGI, ya kan?

Tapi kamu salah, geng! Adegan ini dibuat dengan praktek beneran, lho. Rahasianya adalah lem khusus yang digunakan supaya barang-barangnya tetap di posisinya, geng.

Untuk mendapat hasil yang memuaskan, denger-denger Tobey butuh 156 kali take sampe doi bener-bener bisa melakukan adegan ini dengan sempurna, geng!

3. Membuat Will Ferrel jadi besar - Elf (2003)

Bukan sulap bukan sihir apalagi CGI, segmen dimana kamu melihat Buddy Hobbs - karakter yang diperankan Will Ferrel - menjadi besar banget dibandingkan dengan anak-anak kecil sebenarnya dibuat secara manual dengan teknik perspektif, geng.

Kamu pasti pernah kan, mengunjungi museum dengan setting yang bisa bikin kamu terlihat lebih besar daripada temanmu di foto? Nah, itu dia rahasianya!

Sebelumnya, teknik ini juga sudah pernah digunakan oleh kru The Lord of the Rings untuk membuat Frodo dan Hobbit lainnya terlihat jauh lebih pendek dari Gandalf, geng.

4. Menangkap Lau di Hong Kong - The Dark Night (2008)

Kalau kamu pikir adegan-adegan dalam film ini dibuat dengan banyak efek CGI, ternyata kamu salah, geng.

Banyak action scene dalam The Dark Night yang dibuat secara praktek, mulai dari truk besar yang dikendarai Joker terbalik, Tumbler dan Batpods yang ternyata benar-benar bisa dikendarai, hingga ledakan yang membunuh Rachel dan menghancurkan rumah sakit.

Tetapi, salah satu momen yang sering dikira hasil editan komputer adalah saat Batman berdiri di gedung tertinggi di wilayah tersebut, IFC 2, dan melompat di malam hari untuk menangkap Lau.

Memang keliatannya seperti efek CGI, tetapi adegan ini benar-benar di ambil di lokasi sebenarnya dengan Christian Bale yang sebenarnya!

5. Lorong yang berputar - Inception (2010)

Film yang dibintangi oleh aktor kenamaan seperti Ken Watanabe, Joseph Gordon-Levitt, dan Leonardo DiCaprio ini memang dikemas dengan apik oleh sang sutradara, Christopher Nolan.

Nggak mau mengambil jalan pintas, Nolan membuat scene pertengkaran Arthur dan Mr. Saito di lorong yang berputar tanpa sama sekali menggunakan efek CGI.

Demi adegan tersebut, kru efek film sampai-sampai menciptakan set lorong berputar raksasa, geng. Setelah itu, Levitt pun diberi pelatihan menyeluruh untuk berlari dan mempelajari setiap sudut dari set itu.

Bukan kaleng-kaleng memang Christopher Nolan ini.

6. Roti instan buatan Rey - Star Wars : The Force Awakens (2015)

Bukan rahasia lagi kalau rentetan film Star Wars membutuhkan banyak efek komputer untuk menghasilkan tampilan visual yang luar biasa bagi penontonnya.

Tetapi, ada satu hal yang luput nih geng, dari penglihatan penonton. Ada satu scene ajaib yang ternyata tidak menggunakan CGI, lho!

Yup, itu adalah roti instan yang dibuat oleh Rey. Diperlihatkan, roti itu bisa berubah dari bentuk bubuk menjadi roti sungguhan hanya dengan dicampurkan dengan air, geng.

Bukan hasil efek komputer, roti instan ini sengaja dikembangkan selama 3 bulan oleh tim efek khusus film untuk menyempurnakan formulanya, geng.

Konon katanya sih, rasanya benar-benar nggak enak. Kamu mau coba?

7. Menyelam ke Bathtub - Mary Poppins Returns (2018)

Film yang merupakan sekuel dari film klasik tahun 1964 berjudul Mary Poppins ini mengisahkan tentang Mary si pengasuh ajaib favorit anak-anak yang kembali bertemu dengan Jane dan Michael, anak-anak yang biasa ia asuh.

Nah, salah satu scene yang membuat penonton terkagum adalah saat ia akan memandikan tiga orang anak. Menjanjikan petualangan bawah air kepada anak-anak tersebut, Mary dan ketiga anak kecil yang diasuhnya menyelam ke bak mandi dan menemukan dunia ajaib di dalam bathtub tersebut.

Namun, momen saat Mary dan anak-anak itu menyelam bukanlah hasil efek CGI lho, geng. Nyatanya, kru film berhasil mengatur slide dibawah set tempat Mary dan anak-anak menyelam agar bisa meluncur dengan aman ke bawah.

Hmmm, asik banget ya, syuting sambil main air!

Akhir Kata

Ternyata masih banyak ya geng, film-film yang mau repot-repot syuting beneran demi menciptakan efek visual yang keren banget. Padahal kan, gampang saja jika sutradara menginginkan itu semua dilakukan dengan efek komputer.

Tapi tentunya melakukan sesuatu dengan kerja keras memberikan kepuasan dan seni tersendiri, geng. Setuju, nggak?

Wah, jangan-jangan setelah ini, kamu akan mulai menebak-nebak scene yang sebenarnya nggak pake CGI setiap kali kamu nonton film, hehe.

Baca juga artikel seputar Film atau artikel menarik lainnya dari Ayu Kusumaning Dewi.

ARTIKEL TERKAIT
Klise Film Horror Yang Bodoh Main Img 0bd47

10 Adegan Gak Masuk Akal yang Selalu Ada di Film Horor, Klise Abis!

Playboy The Mansion 5 Cf7e6

10 Game dengan Adegan 18+ Paling Hot, Yakin Tutup Mata?

29 Film Action Terbaik Sepanjang Masa Penuh Adegan Mendebarkan Bb449

29 Film Action Terbaik Sepanjang Masa | Penuh Adegan Mendebarkan!

Film Disney Banner D49f3

5 Adegan Film Disney yang Dianggap Terlalu Dewasa, Kok Lulus Sensor?

Dceu Adegan Terbaik A6894

10 Adegan Action Film DC Paling Seru, Gak Bakal Ada di MCU!

Film Horor Dilarang Tayang Banner 3477e

10 Film Horor yang Dilarang Tayang, Adegannya Terlalu Sadis dan Menjijikkan!

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
7 Film Petualangan dengan Efek CGI Terburuk | Maksa Banget Efeknya!

7 Film Petualangan dengan Efek CGI Terburuk | Maksa Banget Efeknya!

7 Adegan CGI Terburuk di Film Action, Mirip Sinetron Naga Terbang!

7 Adegan CGI Terburuk di Film Action, Mirip Sinetron Naga Terbang!

7 Adegan Film yang Paling Sulit Dibuat, Sampai Bikin Aktornya Pingsan?

7 Adegan Film yang Paling Sulit Dibuat, Sampai Bikin Aktornya Pingsan?

7 Efek CGI Super Mahal denga Kualitas Amburadul, Mirip Naga Sinetron

7 Efek CGI Super Mahal denga Kualitas Amburadul, Mirip Naga Sinetron

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal