Kenapa Resolusi Video Itu Lebih Rendah dari Resolusi Foto?

Default

Guys, apakah pernah ada yang menyadari kalau ukuran resolusi video itu tampak lebih rendah dibandingkan foto? Mungkin sebagian dari kamu bertanya-tanya kenapa. Tapi, sudahkah kamu menemukan jawabannya?

Jika belum, tenang Jaka akan memberikan informasi kenapa resolusi video itu lebih rendah dibandingkan resolusi foto. Kamu simak baik-baik di bawah ini ya.

Kenapa Resolusi Video Itu Lebih Rendah dari Resolusi Foto?

Resolusi Video Dan Foto 1

Sumber foto: Foto: Expertreviews

Jika ada sebuah kamera yang memiliki ukuran 22MP dan bisa merekam video 4K, berapa MP yang dibutuhkan untuk perekaman video tersebut? Apabila dikalkulasikan, maka 4K hanya membutuhkan 8MP. Jadi, bagaimana menjelaskannya ya?

Nah, ada sesuatu yang salah di sini. Antara 22MP, 8MP, dan 4K sebenarnya adalah ukuran resolusi dalam sebuah arti yang tepat, yaitu seberaoa banyak detail yang dapat diselesaikan per unit dalam sebuah jarak. Nah, nomor piksel dalam sebuah gambar itu bukanlah faktor penentu kejernihan gambar itu sendiri.

Jadi, Bagaimana Maksudnya?

Resolusi Video Dan Foto 2

Sumber foto: Foto: Wikipedia

4K atau lebih tepatnya 3840 x 2160 itu sebenarnya tidak memberitahu kamu kalau itu sudah terselesaikan dengan baik, dengan kata lain kamu sebenarnya perlu mempertimbangkan dua faktor lainnya dalam menentukan masalah gambar yang jernih, yaitu ukuran layar dan jarak saat kamu melihatnya.

Benar, yang pertama kamu itu harus tahu berapa jumlah pixel per inch atau PPI yang mana itu adalah ukuran yang jauh lebih baik dalam yang namanya resolusi dari layar. Sementara, jarak pandang memungkinkan kamu untuk menerjemahkan nilai tersebut ke pixel per visual degree atau cycles per degree untuk mengukur ketajaman visual.

Nah, penglihatan manusia itu memiliki batas. Batas atas dan bawah itu memiliki kondisinya yang terbaik. Kondisi paling baik itu adalah 60 cycles/degree. Jika layar memberikan lebih dari itu, maka mata normal tidak akan bisa melihat perbedaannya.

Apa itu cycles per degree? Cycles per degree biasa digunakan untuk mengukur seberapa baik kamu dapat melihat rincian sebuah objek secara terpisah tanpa ada blur atau kabur. Manusia itu melihat 30 cycles/degree. Mengerti?

Lalu, Apakah 22MP Itu Berarti Lebih Besar dari 4K?

Resolusi Video Dan Foto 3

Sumber foto: Foto: Unifore

Sekali lagi, hal seperti ini tidak bisa dibedakan secara sederhana. Tapi, jika pertanyaannya itu apakah hasil dari 22MP bisa dibuat lebih besar dari 4K, jawabannya mungkin saja. Itu tergantung dari seberapa besar layar yang kamu pakai dan kamu pandangi.

22MP itu hanyalah hitungan jumlah individu piksel pada sebuah perangkat pembuat foto, misalnya sensor CMOS dalam kamera. Intinya, hasil dari 4K itu masih terlihat lebih baik dibandingkan dengan ukuran kamera dengan jumlah 22MP.

Itu dia pembahasan kenapa resolusi video lebih rendah dari foto. Memang sulit memahami hal ini, karena tidak bisa dijelaskan secara sederhana. Pastikan juga kamu membaca artikel terkait Foto atau tulisan menarik lain dari Jofinno Herian.

Tags Terkait: videofoto
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal