J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Puting Beliung Besar Muncul di Wonogiri, Ini Kata LAPAN

Kamis, 21 Jan 2021, 20:00 WIB
Angin besar bergulung-gulung muncul di tengah Waduk Gajah Mungkur di Kabupaten Wonogiri. LAPAN pun memberikan penjelasan.

Pada Rabu (20/1) lalu, warga Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah, dihebohkan oleh munculnya puting beliung besar di kawasan Waduk Gajah Mungkur.

Fenomena alam tersebut terekam oleh warga dan videonya viral beredar di media sosial. Banyak yang tak menyangka bisa muncul puting beliung sebesar itu di Wonogiri.

Dalam video yang beredar, memang terlihat putaran itu terbentuk di tengah waduk. Dari yang awalnya kecil, hingga membesar dan tampak hanya berputar di air saja tanpa masuk ke daratan.

Screenshot 13 57997

Menurut Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), fenomena tersebut bukanlah puting beliung, melainkan water spout.

Water spout adalah tornado yang terkoneksi dengan air dan memiliki skala mikro sehingga hanya bisa terjadi di wilayah perairan, seperti yang tertulis di situs resmi LAPAN.

Menurut peneliti Pusat Sains dan Teknologi Atmosfer (PSTA) LAPAN, Dr. Erma Yulihastin, adanya kondisi anomali cuaca yang cukup ekstrem dapat menyebabkan terbentuknya water spout atau semburan air.

Sebenarnya, water spout merupakan kejadian langka, juga termasuk cuaca ekstrem karena menggambarkan badai super sel pada skala ruang yang mikro.

Perbedaan water spout dengan puting beliung sendiri dapat diidentifikasi dari koneksinya dengan media air yang terdapat di bagian dasarnya.

Puting Beliung Wonogiri E38f9

Lebih jauh, Erma menambahkan bahwa water spout membutuhkan air untuk mendukungnya sehingga sangat sedikit kasus di mana water spout dapat bertahan untuk waktu yang lama, apalagi sampai berpindah ke daratan.

Water spout yang pernah muncul di suatu area berpotensi besar untuk terbentuk lagi di wilayah yang sama. Ini karena dukungan kelembapan atau uap air yang dihasilkan oleh suatu permukaan air umumnya memiliki karakteristik yang khas.

Kejadian di Kabupaten Wonogiri ini ternyata bukanlah yang pertama, karena fenomena alam serupa juga terjadi di Cirebon pada 4 Januari 2021 lalu.

Baca juga artikel seputar Out of Tech atau artikel menarik lainnya dari Ayu Kusumaning Dewi.

ARTIKEL TERKAIT
Aplikasi Bencana Alam
7 Aplikasi yang Wajib Kamu Miliki Saat Terjadi Bencana Alam
Space Photo Banner
16 Foto Langit dan Tata Surya Menakjubkan yang Diambil dari Bumi
3458c2bedb62d5c47d0676f8988c5dda
5 Hal Mengejutkan Ini Akan Terjadi Jika Oksigen di Bumi Meningkat 200%
Teknologi Yang Bisa Cegah Banjir Jakarta Banner A2d62
5 Teknologi yang Bisa Cegah Banjir Jakarta, Perlukah Sampai Ganti Gubernur?
Banner Qlue
Kawasan dan Lokasimu Banjir? Sampaikan Keluhan Kamu di Qlue!
Untitled Design 2021 01 12t175101 638 45784
Asteroid Raksasa dan Tercepat Akan Dekati Bumi di 2021, Apakah Berbahaya?
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!

Tags Terkait:

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal